6 Penyebab dan Solusi Tenggorokan Kering saat Bangun Tidur, Salah Satunya Karena Kebiasaan Mangap

Selasa, 18 Mei 2021 | 18:10
Nagita Slavina/Instagram via Tribunnews

Nagita Slavina merupakan salah satu selebriti yang punya kebiasaan tidur mangap yang bisa memicu tenggorokan kering.

HAI-Online.com – Kalian pasti pernah ngerasain yang namanya tenggorokan terasa kering saat bangun tidur. Nah, tenggorokan terasa kering saat bangun tidur biasanya terjadi saat kondisi cuaca sedang dingin.

Meski begitu, ada sejumlah pemicu tenggorokan kering saat bangun tidur lho, sob.

Melansir berbagai sumber, ada beberapa penyebab tenggorokan kering saat bangun tidur sekaligus cara mengatasinya. Yuk simak bareng-bareng!

Baca Juga: Lelahnya Raisa, Tidur Mangap Aja Tetap Cantik!

  1. Dehidrasi
Tenggorokan terasa kering bisa jadi kalian kalian kurang minum. Saat dehidrasi, produksi air liur jadi berkurang.

Air liur sendiri berguna untuk melembabkan mulut dan tenggorokan. Selain bikin produksi air liur berkurang, dehidrasi juga dapat menyebabkan mulut kering, haus, urine berwarna gelap, sampai pusing.

Cara mengatasinya, pastikan kebutuhan cairan tubuh terpenuhi. Kebutuhan cairan bagi setiap orang bisa bervariasi—tergantung jenis kelamin, usia, dan jenis aktivitas tubuh.

Sebagian besar orang membutuhkan minum delapan gelas sehari. Selain minum air putih, kalian bisa mendapatkan sumber cairan dari buah-buahan, sayuran, dan makanan lain.

Saat ada tanda dehidrasi seperti mudah haus dan kelelahan, ada baiknya kalian menghindari kopi, teh, soda, dan minuman berkafein yang dapat membuat kalian sering berkemih.

Baca Juga: Bahaya Berenang di Keramaian Saat Pandemi itu Datang Bukan dari Air Kolamnya tapi Benda Sekitarnya

  1. Tidur dengan mulut terbuka
Jika kalian kerap merasakan mulut dan tenggorokan kering saat bangun tidur, mulailah mengecek kebiasaan tidur kalian.

Bisa jadi penyebabnya karena kalian sering tidur dengan mangap mulut terbuka. Kebiasaan tersebut membuat air liur yang menjaga mulut dan tenggorokan tetap lembap gampang menguap.

Nggak hanya tenggorokan kering, tidur dengan mulut terbuka juga menyebabkan bau mulut, kelelahan di siang hari karena gangguan tidur, mendengkur, dan berhenti napas saat tidur. Terkadang, orang tidur juga dengan mulut terbuka saat pilek, flu, atau hidungnya bermasalah.

Jika masalahnya karena gangguan pernapasan atau hidung mampet, coba legakan pernapasan sebelum tidur.

Kalau penyebabnya gangguan tidur seperti mendengkur dan sleep apnea, kalian perlu mengonsultasikannya dengan dokter.

  1. Asam lambung naik
Penyakit asam lambung atau gastroesophageal reflux disease (GERD) juga bisa jadi penyebab tenggorokan kering saat bangun tidur.

Selain tenggorokan kering, gejala GERD lainnya antara lain timbul rasa sakit di perut sampai ke dada (heartburn), susah menelan, batuk kering, bersendawa cairan asam, sampai suara serak.

Untuk mengatasi tenggorokan kering saat bangun tidur karena penyakit asam lambung, kalian perlu menjalani pengobatan untuk menetralkan dan mengurangi produksi asam lambung.

Selain itu, penderita penyakit asam lambung juga perlu mengatur bantalnya sedikit lebih tinggi saat tidur.

Tujuannya, agar asam lambung nggak kembali mengalir ke kerongkongan dan tenggorokan.

Baca Juga: Kenali 4 Jenis Jerawat yang Muncul di Area Wajah dan Cara Mengatasinya

  1. Radang tenggorokan
Radang tenggorokan adalah infeksi yang utamanya disebabkan oleh bakteri. Penyakit ini membuat tenggorokan kering dan terasa sakit untuk menelan.

Cara mengatasi tenggorokan kering saat bangun tidur karena radang tenggorokan, kalian perlu minum obat antibiotik dari dokter.

Selain minum obat, kalian juga bisa berkumur dengan larutan air hangat dan garam untuk mengurangi rasa nggak nyaman di tenggorokan.

  1. Tonsilitis
Tonsilitis adalah infeksi amandel karena virus maupun bakteri. Jaringan lunak di belakang tenggorokan ini dalam kondisi normal dapat membantu tubuh memerangi infeksi.

Saat amandel meradang dan bengkak, kalian bisa merasakan tenggorokan kering, demam, kelenjar getah bening bengkak, suara serak, bau mulut, sampai sakit kepala.

Cara mengatasi tenggorokan kering saat bangun tidur karena radang amandel yang disebabkan bakteri, kalian perlu minum obat dari dokter. Sedangkan tonsilitis yang disebabkan virus akan membaik dengan sendirinya dalam waktu seminggu hingga 10 hari.

Untuk mengurangi nyeri dan rasa kering di tenggorokan, kalian bisa berkumur dengan larutan air hangat dan setengah sendok teh garam beberapa kali sehari.

Baca Juga: Kenapa Hari Raya Idul Fitri Bergeser Jatuh Pada Tanggal Berbeda Tiap Tahunnya? Ini Alasannya

  1. Mononukleosis
Mononukleosis atau mono adalah penyakit yang disebabkan oleh virus. Penyakit ini menular lewat percikan air liur. Salah satu gejala khas mono adalah tenggorokan yang gatal dan kering.

Cara mengatasi tenggorokan kering saat bangun tidur karena mononukleosis adalah dengan istirahat dan asupan gizi seimbang untuk mendongkrak sistem kekebalan tubuh dalam melawan virus.

Jika timbul rasa nggak nyaman, coba hisap permen pelega pernapasan atau berkumur dengan air hangat beberapa kali sehari. Tenggorokan kering saat bangun tidur bisa jadi gangguan kesehatan yang jamak dialami banyak orang.

Namun, kalian wajib berkonsultasi ke dokter saat tenggorokan kering disertai kesulitan menelan, sesak napas, ruam, sakit dada, kelelahan ekstrem, dan demam tinggi.

Selain itu, tenggorokan kering juga perlu dievaluasi dokter apabila sudah berlangsung selama satu sampai dua minggu.

Dokter bisa mengetahui penyebab tenggorokan kering saat bangun tidur dengan pasti lewat pemeriksaan fisik.

Baca Juga: Waspada dan Kenali 3 Varian Baru Virus Corona yang Telah Masuk ke Indonesia

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "6 Penyebab Tenggorokan Kering saat Bangun Tidur dan Cara Mengatasinya"

Editor : Al Sobry

Sumber : health.kompas.com

Baca Lainnya