Serem! Ulat Ini Punya Tampang Gothic Bikin Pemangsanya Kabur

Minggu, 11 April 2021 | 18:15
Paddy Davis via Daintree Discovery/Instagram

Ulat jenis ngengat underwing merah muda ini menggunakan penampakan menyeramkan untuk mempertahankan diri dari pemangsa.

HAI-Online.com – Seperti yang udah kita pelajari dalam pelajaran biologi, setiap binatang punya cara mereka masing-masing buat mempertahankan diri dari pemangsa.

Baca Juga: Kerap Dianggap Jahat, Justru Plankton di Laut Ini Penyumbang Oksigen Terbesar di Bumi

Namun apa yang dilakukan ulatjenispink underwingmoth ini keren banget lho, sob.

Secara teoritis, tampilan warna yang tiba-tiba muncul pada binatang—atau spesifiknya dalam hal ini serangga—dapat mengejutkan pemangsa sehingga mereka punya cukup waktu buat melarikan diri.

Namun kayaknya hal itu belum ada apa-apanya jika dibandingkan dengan strategi pertahanan yang digunakan oleh ngengat underwing merah muda saat masih berwujud ulat ini.

Baca Juga: Metal Abis! Saat Mati, Bunga ini Berubah Jadi Mirip Tengkorak Manusia

Saat diganggu, mereka akan melengkungkan punggungnya hingga menyerupai sepasang mata besar seperti tengkorak dengan taring yang nyeremin!

Ngengat underwing merah muda sendiri termasuk jenis serangga yang langka dan penuh teka-teki.

Serangga ini biasa ditemukan dari subtropis New South Wales melalui Queensland dan New Guinea.

Mereka memakan buah yang membusuk dan, meskipun aktif di malam hari, tampaknya nggak terlalu tertarik pada cahaya.

Nama ngengat ini terinspirasi oleh batang merah muda cerah di bawah sayap belakangnya yang tersembunyi, yang menurut beberapa ahli berfungsi sebagai mekanisme pertahanan.

Baca Juga: Meski Dikenal Cuek, Ini 5 Tanda Kalo Seekor Kucing Udah Suka sama Kita

Saat pertama kali menetas, ulat berwarna coklat muda, yang sebenarnya membantu mereka berbaur dengan lebih baik ke sekelilingnya untuk menghindari deteksi predator.

Namun seiring pertumbuhannya, akan muncul dua bintik hitam besar yang dikelilingi oleh garis kuning cerah, yang terlihat aneh, mata raksasa, serta dua baris garis putih yang kelihatan seperti gigi.

Meskipun penampilan ngengat underwing merah muda mungkin kelihatan kayak topeng tengkorak yang menakutkan, yang lebih aneh adalah tanda-tanda itu terletak di bagian belakang ulat.

Jadi saat mereka terlihat melototin kalian dengan mata raksasa dan gigi berjeruji, kepalanya sebenarnya terselip di perutnya.

Ulat ngengat underwing merah muda ini juga terkadang disebut sebagai "Ulat berkepala besar", yang mengacu pada kepala palsu besar yang muncul saat ulat mengadopsi postur pertahanannya.

Peneliti menduga, ilusi ini membantu melindungi ulat yang nggak berdaya dengan membuatnya tampak seperti ancaman, bukan korban. (*)

Baca Juga: Patung Kayu Menyeramkan Berbentuk Manusia Setinggi 5 Meter Ini Diperkirakan Berusia 12 Ribu Tahun, Punya Kesamaan dengan Berhala Zaman Itu

Editor : Al Sobry

Sumber : Oddity Central

Baca Lainnya