5 Film Horror Menyeramkan yang Menceritakan Tentang Sekte Pemuja

Selasa, 06 April 2021 | 18:05
Youtube/ A24

5 Film Horror Menyeramkan yang Menceritakan Tentang Sekte Pemuja

HAI-Online.com - Film bergenre horror memiliki penggemarnya tersediri, bahkan jenisnya juga beragam mulai dari horror psikologi hingga misteri.

Nah, bagaimana dengan horror yang menceritakan tentang sekte pemuja? Tentu horror yang seperti ini memiliki jalan cerita yang nggak biasa.

Baca Juga: Kalahkan Tenet, Godzilla vs Kong Diklaim Jadi Film Sukses dan Paling Laris Saat Pandemi

Bagi kalian yang mau mencoba nonton film horror tentang sekte-sekte pemuja, langsung aja nih dicek 5 film di bawah ini.

1. Rosemary's Baby (1968)

Film ini menceritakan kisah Rosemary (Mia Farrow) dan Guy (John Cassavetes) merupakan pasangan suami istri yang baru pindah ke apartemen baru dan berencana untuk memiliki seorang bayi.

Namun, hal janggal mulai terjadi ketika mereka ternyata dikelilingi oleh tetangga yang aneh. Kemudian, perlahan Rosemary mulai mencurigai mereka dan mencoba mengetahui apa yang sebenarnya terjadi.

Melansir IMDb, film karya Roman Polanski ini berhasil meraih 1 Piala Oscar 1969 pada kategori best supporting actress untuk Ruth Gordon.

Film Rosemary's Baby dipercayai merupakan pencetus film horror bertemakan Satanisme (pemuja setan) dan menjadi inspirasi bagi banyak film horror modern.

Bahkan, Jan Harlan selaku asisten Stanley Kubrick menyatakan bahwa film ini merupakan salah satu film favorit sutradara ternama Stanley Kubrick.

Perlu diapresiasi akting dari Mia Farrow yang begitu sukses memerankan sebagai seorang istri. Salah satu adegan gilanya ketika ia yang sedang mengandung secara spontan mencoba menyeberangi lalu lintas yang padat sesuai arahan dari Roman Polanski sebelumnya.

Baca Juga: Mulai Besok, 85 Sekolah di DKI Jakarta Lakukan Uji Coba Sekolah Tatap Muka Cuma 1 x Seminggu

Beberapa tahun kemudian Roman Polanski sukses dengan berbagai film antara lain Chinatown (1974) dan The Pianist (2002). Pencapaian tertingginya ketika ia mampu meraih kategori best director Piala Oscar 2003 untuk film The Pianist.

2. Midsommar (2019)

Midsommar adalah film yang mengisahkan tentang sepasang kekasih Dani (Florence Pugh) dan Christian (Jack Reynor) bersama temannya pergi ke kampung halaman teman mereka yaitu Pelle (Vilhelm Blomgren) di Eropa. Sesampainya di sana, mereka pun disambut oleh keluarga besar temannya.

Memang pada awalnya tidak ada hal yang aneh, hanya mengunjungi sebuah desa yang penghuninya memakai baju serba putih dengan ramah berinteraksi dengan mereka. Namun, perlahan penghuni desa tersebut menunjukkan gelagat aneh dan mengadakan ritual atau festival yang nggak masuk akal dan membuat nyawa para pemuda tersebut terancam.

Film ini mengandung banyak adegan-adegan kekerasan dan sadisme. Selain itu, film ini juga diketahui dilarang untuk tayang di beberapa negara, bahkan di Indonesia film ini mendapatkan cut yang begitu banyak karena adegan sadis dan di atas umur.

Sutradara Ari Ester ini memang dikenal sebagai sutradara yang menggarap film horror tentang sekte, sebut saja film sebelumnya Hereditary (2018). Meski film ini mengandung unsur Swedia, tapi nyatanya film ini melakukan syuting di Hungaria.

Baca Juga: Kalahkan Tenet, Godzilla vs Kong Diklaim Jadi Film Sukses dan Paling Laris Saat Pandemi

3. Hereditary (2018)

Film horror misteri ini menceritakan tentang Annie (Toni Collette) yang merasa sedih kehilangan ibunya yang meninggal dunia, mengalami kejadian aneh setelahnya. Dia dan kedua anaknya Charlie (Milly Shapiro) dan Peter (Alex Wolff) perlahan mengalami gangguan magis. Meski mengalami kejadian itu, sang suami Steve (Gabriel Byrne) terus berpikiran rasional jika semua itu hanya hal yang normal terjadi.

Sampai pada akhirnya, Annie harus rela kehilangan salah seorang anaknya. Dia merasa bersalah dan merasa dihantui oleh arwah anaknya. Perlahan dia menemukan rahasia jika di belakang semua kejadian yang menimpanya terkait dengan sekte yang diikuti oleh sang ibu.

Film garapan sutradara Ari Ester ini mendapatkan respon yang bagus dari metacritic. Menurut Alex Wolff, film ini aslinya berdurasi 3 jam lebih sebelum melalui proses penyuntingan kembali dan kebanyakan adegan yang di-cut merupakan adegan obrolan keluarga.

Sebelum menerima peran di film ini, Toni mengatakan kepada agennya bahwa dia tidak mau lagi main dalam film berat dan dark, yang ia inginkan hanya film komedi. Tetapi, setelah membaca naskah Hereditary dia menyukainya dan menerima tawaran itu.

Baca Juga: Jangan Kendor, Google Doodle Hari Ini Ingetin Kita buat Tetep Pake Masker

4. Get Out (2017)

Get Out mengisahkan tentang Rose (Allison Williams) yang mengajak kekasihnya Chris (Daniel Kaluuya) mengunjungi rumah orang tuanya untuk pertama kalinya. Pada awalnya tidak mudah untuk membaur dengan keluarga Rose, dikarenakan perbedaan warna kulit di mana Rose berkulit putih dan Chris berkulit hitam.

Kemudian, Chris menemukan ada beberapa pegawai yang bekerja di rumah orang tua Rose yang juga merupakan keturunan Afrika-Amerika. Namun, dia menyadari jika mereka menunjukkan perilaku yang aneh dan tak semestinya.

Sampai lah pada acara pesta di mana rekan dan kerabat orang tua Rose ini membawa orang Arika-Amerika yang seperti dirinya namun perilakunya juga nggak wajar. Di situ, Chris merasa ada kejanggalan dan mencoba untuk keluar pergi dari rumah orang tua Rose.

Film garapan sutradara Jordan Peele ini begitu membuat penontonnya penasaran hingga di menit akhir.

Wajar jika film ini masuk dalam 4 kategori Oscar 2018, meski pada akhirnya hanya memenangkan 1 kategori saja yaitu best original screenplay. Film ini yang membuat nama Daniel Kaluuya melambung karena aktingnya yang luar biasa sebagai Chris. Salah satu film yang patut ditonton.

Baca Juga: Marvel Rilis Trailer Serial Loki, Siap-Siap Bakal Tayang 11 Juni

5. Mother (2017)

Film yang menceritakan sepasang kekasih yang sepanjang film tak disebutkan nama karakternya diperankan oleh Jennifer Lawrence dan Javier Bardem, tiba-tiba saja kedatangan tamu tak diundang. Si suami yang berprofesi sebagai penulis ini diketahui menyimpan kristal yang sakral yang dia letakkan pada sebuah meja dalam kamarnya.

Sang istri yang sedang mengandung semakin lama semakin curiga dengan tingkah suaminya dan banyaknya orang yang tak diundang datang ke rumahnya. Kemudian, suatu ketika dia mendapati rumahnya menjadi acara pesta besar. Sejak saat itu, kejadian mengerikan pada dirinya terjadi dan melibatkan anak yang dikandungnya.

Film ini hampir mirip seperti Rosemary's Baby tetapi sedikit berbeda dari segi cerita. Selain itu, jika diperhatikan tak satu pun nama yang pernah disebutkan dalam film ini dan hanya berdasarkan peran mereka masing-masing di dalam film. Film Mother juga ditayangkan dalam Venice Film Festival dan ada yang menyoraki dan ada juga yang memberikan standing ovation.

Nah itu tadi 5 film bergenre horror menyeramkan yang menceritakan tentang sekte pemuja. Ya kalau masih pada penasaran sama keseluruhan alur cerita filmnya langsung aja coba ditonton dijamin nggak mengecewakan kok. (*)

Baca Juga: Steven Yeun 'Minari' Bakal Main di Film Jordan Peele Berikutnya

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya