Benarkah Erling Haaland Pernah Jadi Santri di Tegalrejo? Ini Kisah Sebenarnya

Minggu, 04 April 2021 | 13:18
rekindra/TikTok

Zidane Maulana, seorang pelajar yang disebut sebagai Haaland remaja.

HAI-Online.com – Sebuah video yang menampilkan seorang remaja laki-laki yang disebut sebagai pemain sepak bola klub Borussia Dortmund, Erling Haaland, mendadak viral di media sosial TikTok dan Twitter.

Video tersebut pertama kali diunggah oleh akun TikTok @rekindra pada 31 Maret 2021.

"Sebelum di dortmund, Halaand anak pesantren?," tulis Rekindra dengan deretan tanda tanya dalam keterangan video yang diunggahnya itu.

Baca Juga: Lady Whistledown Bergosip Regé-Jean Page Tidak Berperan Lagi di Bridgerton Musim Kedua, Alasannya Nggak Jelas

Video tersebut sudah ditonton sebanyak 3,5 juta kali di TikTok, disukai sebanyak 376.100 kali, dan dikomentari 4.383 akun Tiktok.

Selain itu, unggahan video tersebut juga viral di Twitter.

Baca Juga: Ngajak Tukang Nasgor ke Rumah Buat Bikin Nasi Goreng Salmon, Dubes Norwegia Bikin Netizen Indonesia Ngakak: Awas Jangan-jangan Itu Intel Pak

Akun Twitter @akunbermanfaat mengunggah video berdurasi 16 detik tersebut pada 30 Maret 2021 dan hingga hari ini, Sabtu (3/4/2021), unggahannya sudah di-retwit hingga 4.000 kali dan disukai 9.200 kali.

Erling Haaland jadi santri di Tegalrejo?

Dalam video yang berisi sejumlah potongan klip itu, ia merekam sosok remaja laki-laki berambut pirang dan berkulit putih yang sedang bermain catur di depan sebuah warung. Ia menuliskan keterangan "2016 (Madrasah di Tegalrejo)".

Kemudian, remaja yang sama kembali terlihat dan mengucapkan "Assalamualaikum guys", kali ini ia mengenakan kemeja putih bermotif dan peci hitam di kepalanya.

Bagian terakhir video menampilkan sosok Erling Haaland dengan memakai jersey berwarna kuning dan tengah berada di suatu lapangan sepak bola. Di sana ditulis keterangan "2021 (Pemain Borussia Dortmund)".

Dilihat sekilas, keduanya memang nampak sangat mirip sehingge netizen pun penasaran dengan kebenaran hal tersebut.

Berdasarkan penelusuran Kompas.com, diketahui bahwa remaja tersebut bukanlah Erling Haaland saat remaja. Sosok remaja tersebut adalah pelajar yang tinggal di Medan dan bersekolah di SMK Tritech Informatika Medan bernama Zidane Maulana.

Hal itu dikonfirmasi langsung oleh Kepala Sekolah SMK Tritech Informatika Medan Muhammad Herizal Sinambela.

"Benar, Zidane adalah siswa kami di SMK Tritech Informatika Medan," kata Herizal yang kerap disapa Ijal.

Menurut Herizal, Zidane saat ini duduk di bangku kelas XII SMK Tritech Informatika Medan dan mengambil jurusan Multimedia. Ijal menerangkan bahwa Zidane ini merupakan sosok siswa yang pintar dan bergaul seperti anak-anak seusianya.

Baca Juga: Anti Mainstream, Wisudawan Ini Kendarai Truk untuk Datang ke Acara Wisuda, Begini Alasannya

"Zidane ini memang periang anaknya, asyik di mata temannya, cerdas juga di bidangnya," ungkap Ijal.

Diduga mengidap albino

Meskipun memiliki fisik yang nggak seperti siswa kebanyakan, Zidane nggak mengalami masalah dalam pergaulan, khususnya saat di sekolah.

Ya, Zidane memang memiliki kulit yang putih dan rambut pirang, nggak seperti kebanyakan orang Indonesia atau Asia.

Ijal menjelaskan, Zidane adalah seorang anak yang memiliki kelainan genetik, bukan karena faktor keturunan atau gen yang berasal dari ras berbeda.

"Benar, jadi Zidane ini albino," ujar dia. Bukan di Madrasah Tegalrejo Ijal juga mengklarifikasi bahwa video yang beredar di media sosial bukan diambil di Madrasah Tegalrejo pada tahun 2016 seperti yang disebutkan.

Baca Juga: Viral Video Pengemudi Fortuner Acungkan Senjata ke Pengemudi Lain, Diberhentiin Gara-gara Tabrak Motor

Ijal mengatakan, Zidane nggak memiliki latar belakang pendidikan di madrasah sebelum masuk ke SMK Tritech Informatika Medan.

"Sebenarnya ya (video diambil) di SMK Tritech Informatika Medan, namun karena sekolah kami walaupun umum memang menerapkan kegiatan agama yang rutin," terang Ijal.

"Seperti shalat duha sebelum belajar, baca Al Quran sebelum memulai belajar, dan juga ada malam ibadah," lanjut dia.

Terkait ibadah malam, Ijal mengakui bahwa sekolahnya menyediakan fasilitas kamar bagi siswa-siswa yang berasal dari luar kota.

"Sifatnya bukan asrama ya, namun anak-anak kami yang dari luar kota kami siapkan kamar kosnya," jelas Ijal. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Video Viral Erling Haaland Disebut Pernah Jadi Santri di Tegalrejo, Ini Cerita Sebenarnya"

Editor : Al Sobry

Sumber : KOMPAS.com

Baca Lainnya