Tertarik Belajar Hal Baru? Nih Cobain 7 Bahasa Tersulit di Dunia

Rabu, 31 Maret 2021 | 19:35
Pixahive

Ilustrasi bahasa dunia.

HAI-Online.com – Bahasa adalah salah satu unsur komunikasi antarmanusia dalam berinteraksi satu sama lain.

Bahasa juga menjadi identitas suatu negara yang punya bahasa nasionalnya masing-masing.

Namun nggak menutup kemungkinan bagi orang lain di luar negara tersebut buat mempelajarinya, apalagi di era globalisasi seperti sekarang ini.

Tiap bahasa pun memiliki tingkat kesulitan yang berbeda-beda. Kalian mungkin nggak terlalu kesulitan buat belajar bahasa Inggris karena merupakan bahasa internasional yang biasa kita temui di mana pun.

Namun gimana dengan bahasa negara lainnya? Apakah semudah Bahasa Inggris atau Bahasa Indonesia (yakali!)?

Baca Juga: Melihat ‘Yanar Dag’, Api Abadi yang Menyala selama 4000 Tahun

Nah buat kalian yang suka tantangan, kali ini HAI bakal bagiin daftar tujuh bahasa tersulit di dunia nih, melansir Kompas.com pada Rabu (31/3/2021).

Bahasa Mandarin

Mengutip dari situs Taleninstituut Nederland, bagi para penutur Bahasa Inggris, Mandarin menjadi bahasa tersulit untuk dipelajari dan digunakan. Mulai dari penulisan alfabet hingga pelafalannya, semuanya sulit untuk dilakukan.

Nggak hanya itu, Bahasa Mandarin juga memiliki banyak idiom serta sifatnya yang termasuk bahasa tonal (tiap pelafalan memiliki makna yang berbeda).

Jadi jika melafalkan bahasanya salah sedikit, maknanya sudah berbeda. Butuh kesabaran ekstra untuk mempelajari cara membaca, menulis dan melafalkan Bahasa Mandarin.

Bahasa Arab

Bahasa Arab termasuk dalam bahasa tersulit di dunia. Karena sebagian besar hurufnya ditulis dalam empat bentuk yang berbeda, bergantung pada penempatannya dalam sebuah kata.

Dialek Bahasa Arab juga cenderung berbeda dengan bahasa lainnya. Tata bahasanya dipenuhi dengan kata kerja nggak beraturan dan cara membacanya dari arah kanan ke kiri, semakin mempersulit orang untuk mempelajari Bahasa Arab.

Baca Juga: Benarkah Orang-Orang Berhenti Dengerin Musik Baru di Usia 30-an?

Bahasa Navajo

Bahasa Navajo berasal dari Amerika Utara dan termasuk dalam bahasa tersulit di dunia. Bahasa ini berpusat pada penggunaan kata kerja.

Artinya deskripsi mengenai suatu hal akan dijelaskan lewat kata kerja. Navajo kian sulit untuk dipelajari karena sebagian besar kata sifat dalam Bahasa Inggris nggak memiliki terjemahan langsung ke dalam bahasa ini.

Pelafalannya juga cukup sulit, karena banyak kata yang nggak pernah digunakan dalam Bahasa Inggris.

Bahasa Islandia

Bagi penutur Bahasa Inggris, Bahasa Islandia menjadi salah satu bahasa tersulit di dunia.

Karena bahasa ini telah ada sejak abad ke-9 atau ke-10, dan sangat jarang mengalami perkembangan atau perubahan bahasa.

Dilansir dari Best Life, kata yang digunakan dalam Bahasa Islandia sangatlah panjang, sehingga sangat susah untuk mengartikannya.

Jika salah mendengarkannya, maka artinya bisa jadi juga telah berubah.

Nggak cuma itu, orang Islandia juga sering membuat kata baru untuk obyek baru yang mereka temui. Namun, pembuatan katanya nggak mengacu pada Bahasa Inggris, melainkan langsung dalam Bahasa Islandia.

Baca Juga: Meski Dikenal Cuek, Ini 5 Tanda Kalo Seekor Kucing Udah Suka sama Kita

Bahasa Finlandia

Bahasa Finlandia masuk dalam jajaran bahasa tersulit di dunia. Kata bendanya diklasifikasikan dalam 15 kelompok, berbeda dengan Bahasa Inggris yang hanya membagi kelompok kata bendanya menjadi tiga kelompok.

Cara pelafalannya juga berbeda, antara Bahasa Finlandia klasik atau kuno dengan Bahasa Finlandia Kontemporer, yang memiliki cara pengucapan dan susunan kata yang berbeda.

Bahasa Finlandia termasuk dalam rumpun bahasa Finno-Ugrik (pengelompokan tradisional untuk bahasa), sehingga sekalipun kita menguasai Bahasa Latin atau Jerman, kita tetap nggak bisa menebak arti kata atau kalimat dalam Bahasa Finlandia.

Bahasa Jepang

Jika dibandingkan dengan Mandarin, Bahasa Jepang nggak terlalu sulit. Namun, bahasa ini memiliki tiga sistem penulisan yang berbeda, yakni hiragana, katakana dan kanji.

Ketiga sistem penulisan ini memiliki alfabet serta ribuan karakternya masing-masing. Tiga sistem harus bisa dipelajari dan dikuasai terlebih dahulu sebelum belajar menulis Bahasa Jepang.

Bahasa Hongaria

Bagi penutur Bahasa Inggris, Hongaria disebut sebagai salah satu bahasa tersulit di dunia. Karena memiliki 26 kelompok kata yang berbeda serta sufiks (afiks yang ditambah pada bagian belakang kata dasar) yang berbeda.

Bahasa Hongaria juga termasuk dalam rumpun bahasa kecil, sama seperti Bahasa Finlandia. Pelafalan dan makna dari tiap katanya pun juga berbeda. (*)

Baca Juga: Gimana Jadinya Saat 15 Orang Mengisolasi Diri di Gua Selama 40 Hari?

Artikel ini telah tayang di Kompas.comdengan judul "7 Bahasa Tersulit di Dunia"

Editor : Al Sobry

Sumber : KOMPAS.com

Baca Lainnya