Lagi Lapar Berat? Sebaiknya Jangan Konsumsi 10 Makanan Ini Kalo Nggak Mau Muntah-muntah!

Minggu, 28 Maret 2021 | 09:05
tribunnews.com

Ilustrasi buah alpukat

HAI-Online.com- Perut kosong atau pas lagi lapar-laparnya kadang bisa membuat kita "geragasan" makan apa saja yang bisa ditemukan saat kelaparan.
Sanking perlu untuk segera diisinya perut kita, sering orang tidakmemikirkan efek samping dari apa yang mereka santap.
Yang paling banyak terjadi, saat lapar berat kita pilih untuk mengkonsumsi makanan atau camilan berkalori tinggi yang padahal bisa efeknya bisa menyebabkan muntah, mual, diare dan dalam beberapa kasus mengalami keracunan makanan. Kok bisa?
Baca Juga: Berhenti Makan 5 Jenis Makanan dan Minuman Ini Kalo Sedang Stres
Dikutip HAI dari Antaranews, ternyata saat perut kosong ada saluran gastrointestinal (GI) yang bisa menjadi lebih sensitif terhadap jenis makanan tertentu jika dibiarkan kosong terlalu lama.
Makanya, HAI siapkan 10 daftar makanan yang sebaiknya tidak kamu langsung serbu makan saat perut super kosong.
1. Keripik kentang berbumbu
Pas kamu lapar dan langsung menyerbukeripik kentang, sebenarnya kamu cuma memberikan rasa puas pada saraf sensorik dan hal ini berarti kamu hanya memenuhi sebagian kecil dari kebutuhan lambung. Itulah sebabnya kamu bakal sulit untuk merasa kenyang dan selalu ingin ngemil lagi, lagi dan lagi.

2.Alpulkat
Masuk ke dalam deretan superfood ternyata di alpukat yang sarat dengan berbagai nutrisi itubtidak berfungsi secara baik jika dikonsumi dalam keadaan perut kosong.
Memang, alpukat membantu menurunkan kadar kolesterol, mengatur gula darah, melindungi mata, meningkatkan kesuburan, meningkatkan fungsi kognitif, meningkatkan kesehatan pencernaan dan dapat membantu mencegah timbulnya osteoartritis. Akan tetapi makan alpukat pas perut kosong, terutama saat kamu belum makan apapun sebelumnya, tidaklah baik.
Kandungan lemak dalam alpukat dicerna dengan sangat lambat dan dapat memicurefluks atau gangguan pencernaan pada beberapa orang.
Baca Juga: Nggak Bikin Kantong Bolong, Ini 5 Minuman Favorit Fore Coffee yang Lagi Diskon!
3.Energi bar

Energi bar dapat memberikan energi dengan cepat tetapi tidak saat kamu memakannya dalam keadaan perut super kosong. Energi bar bisa menjadi berat saat perut kosong, yang menyebabkan gas dan ketidaknyamanan saat tubuh kamu mencoba mencernanya.
4. Protein shakes
Kebanyakan proteinshakemengandungwheyyang bila dikonsumsi saat perut kosong dapat menyebabkan efek samping seperti kembung, kram, dan diare.
shutterstock

Kopi menjadi ketakutan tersendiri untuk para pengidap GERD. Namun, ada 4 cara supaya minum kopi nggak bikin mules

5. Kopi
Minum kopi saat perut kosong di pagi hari dapat menyebabkan tubuh kamu melepaskan asam klorida ke dalam sistem pencernaan. Hal ini dapat meningkatkan keasaman dan mengakibatkan masalah pencernaan.
6.Permen karet

Ada kesalahpahaman umum bahwa mengunyah permen karet dapat membuat perut merasa kenyang atau membantu Kamu mengalihkan pikiran dari makanan.
Padahal, mengunyah permen karet saat perut kosong akan menyebabkan produksi cairan lambung dan menyebabkan sakit perut dan mual.
7. Daging merah
Daging merah kaya akan protein, artinya butuh banyak waktu bagi tubuh kita untuk mencernanya. Makan daging merah saat perut kosong akan menyebabkan tubuh Kamu bekerja ekstra (memecah protein), mengakibatkan perut tertekan, serta perasaan kenyang yang berlebihan.
Baca Juga: Rekomendasi Hidup Sehat, Nih 5 Tempat Makan Salad di Jakarta!
Pixabay

Ilustrasi sayur

8.Sayuran mentah
Sayuran secara alami bermanfaat untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan. Meski begitu, sayuran mentah saat perut kosong adalah sesuatu yang harus dihindari.
Sayuran bisa bikin kamu merasa terlalu kenyang dan bahkan dapat menyebabkan penurunan gula darah di kemudian hari. Sayuran berserat bisa menjadi sulit dicerna dan bisa menyebabkan gas serta perut kembung.
9. Buah (porsi besar)
Kalo makan satu pisang atau apel mungkin baik-baik saja saat perut kosong, namun makan porsi besar buah akan menyebabkan glukosa darah Kamu naik tiba-tiba dan kemudian membuat merasa lelah dan lapar lagi dalam 30-60 menit. Keasaman dalam buah-buahan juga bisa menyebabkan naiknya asam lambung.
Baca Juga: Ngerasa Bau Badan Lo Nggak Oke? Simak 5 Tips dan Cara MudahNgatasinnya Secara Alami

10.Soda

Soda biasa atau soda diet mengandung pemanis buatan yang tidak bisa membuat perutmu jadi kenyang. Malah, akan memicu keinginanmu untuk selalu ngemil. Oleh karena itu jangan minum soda ketika kamu sedang lapar.Saran terbaiknya, jangan biarkan perut kosong terlalu lama. Jika memang harus melewatinya, minumlah segelas air terlebih dahulu, lalu dilanjutkan dengan sedikit buah-buahan dan lalu konsumsi makanan utama. (*)

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya