7 Lagu Musisi & Band Indonesia Yang Diduga Diplagiat Artis Luar Negeri

Rabu, 10 Maret 2021 | 17:00
YouTube/Katy Perry

Katy Perry -

HAI-Online.com - Urusan jiplak-menjiplak memang nggak jarang dialami para insan kreatif, seperti musisi.

Beberapa musisi dan band asal Indonesia pun pernah tersangkut isu plagiarisme terhadap karya musikus mancanegara.

Dulu pernah ada isu band D'Masiv yang dianggap meniru sebagaian vibes dan nuansa menye-menye di lagu bertema patah hati dan suicidal khas band rock, My Chemical Romance.

Di tahun 2021 ini, ada nama solis Pamungkas dan rapper Young Lex yang ramai dikritik netizen lantaran diduga hingga terbukti menjiplak karya artis mancanegara.

Tapi sebaliknya, isu soal plagiarisme nggak serta-merta selalu menyeret musikus Indonesia yang diduga mengimitasi karya musisi luar.

Baca Juga: Video Musik

Fakatanya, banyak juga terdapat momen ketika artis dari beberapa negara yang pernah dianggap menjiplak karya musisi dan band Indonesia. Berikut 7 kasus tersebut.

1. Jab We Met - Aao Milo Chalo (India) / Peterpan - Di Belakangku

Lagu milik solis asal India, Aao Milo Chalo, didapati memiliki kemiripan nada dengan lagu 'Di Belakangku' milik Peterpan (kini Noah).

Yang buat orang-orang berprasangka lagu ini menjiplak salah satunya adalah karena 'Di Belakangku 'dirilis pada 2004, sementara 'Aao Milo Chalo' pada 2007 dan muncul sebagai soundtrack film berjudul 'Woh Lahme'.

2. Altimet - Chantek (Malaysia) / Kahitna - Cantik

Melansir News Straits Time pada 24 Desember 2016, lagu Chantek asal musikus Malaysia yang kabarnya mendapatkan penghargaan sebagai Song of the Year dalam Vima Music Awards 2008.

Adapun 'Cantik', yang merupakan karya dari Yovie Widianto dan dibawakan oleh bandnya Kahitna, rilis pada 1996.

Namun, kemiripan lagu ini terdapat pada bagian refrain, di mana pada intro lagu Chantek, Altimet membawakannya lewat tempo musik hip hop.

3. Katy Perry - Dark Horse (Amerika Serikat) / Nike Ardilla - Tinggallah Ku Sendiri

'Tinggallah Ku Sendiri' yang dibawakan mendiang Nike Ardilla diduga ditiru penyanyi Katy Perry dalam single hits-nya di tahun 2013, Dark Horse.

Kemiripan yang dirasa terdapat pada bagian intro 'Dark Horse' itu diungkap oleh pencipta lagu 'Tinggallah Ku Sendiri', Yuke Ns.

Dalam wawancara di sebuah stasiun televisi pada 2014, Yuke mengaku hendak meminta klarifikasi kepada pihak manajemen Katy Perry, alih-alih mengajukan tuntutan.

4. Nicholas Teo - Sempurna (Korea Selatan) / Andra & The Backbone - Sempurna

Kendati awalnya sempat diduga plek-plekan nge-jiplak, setelahnya muncul pernyataan bahwa lagu ini telah mendapat izin dari Andra & The Backbone.

Penyanyi asal Korea Selatan ini pun memasukkan lagu ini ke dalam album The Moment of Silence.

5. Four Seasons - Zui Mei Li De Hu Yi (Taiwan) / Samsons - Kenangan Terindah

Rumornya lagu ini beredar pada 2008, sementara Kenangan Terindah yang menjadi debut single hits dari Samsons hadir di tahun 2006.

Namun, perbincangan mengenai kemiripan kedua lagu ini, yang publik Indo sendiri berasumsi kalo si musisi Taiwan yang menjiplak, sempat bikin heboh.

Kabarnya, Zui Mei Li De Hu Yi sendiri bila diterjemahkan Kenangan yang Paling Indah.

6. Qi Qin - Sophia (Taiwan) / Sheila On 7 - Shepia

Sama kasusnya seperti 'Sempurna' punya Andra And The Backbone, lagu 'Sephia' Sheila On 7 di-cover oleh penyanyi tenar Taiwan, Qi Qin.

Judulnya pun diubah jadi Sophia yang memicu warga Indo menyebutnya sebagai hasil plagiat terang-terangan.

7. Fahrenheit - Wu La Ba Ha (China) / Project Pop - Dangdut Is The Music of My Country

Lagu ikonik Project Pop satu ini sempat ditemukan menjadi soundtrack film China berjudul The X-Family.

Paling tidak, hasil sadurannya yang menjadiWu La Ba Ha. Yah, bisa dibilang plagiat sih, tapi seenggaknya karya musisi lokal bisa 'go international',kan?. (*)

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya