5 Rekomendasi Band Industrial Indonesia Buat Lo Fans Marilyn Manson

Rabu, 10 Maret 2021 | 18:00
Dok. HAI

Koil

HAI-Online.com - Industrial rock ataupun metal memang menjadi genre yang cukup tua di roots metal. Sepanjang sejarah permusikan di Indonesia, sejak tahun 90an, negeri kita tercatat punya sejumlah band (yang umumnya muncul dari skena underground) yang mengusung musik industrial.

Buat yangbingung sama 'mahluk' atau genre satu ini, industrial ini sedianya lahir sekitar tahun 1970an, yang diawali maraknya band-band besutan label rekaman asal UK, Industrial Records.

Label ini menetaskan banyak band rock dengan style musik unik dan spesifik, yakni memadukan instrumen yang lazim untuk band rock (gitar elektrik, drum, dan bass) dengan sound effect dari instrumen elektronik seperti sythesizer, sequencers, samplers, dan drum elektrik.

Nama-nama band seperti Ministry, Nine Inch Nails, White Zombie, hingga musisi solo Marilyn Manson kerap dianggap yang membidani genre industrial rock/metal.

Nah, di Indonesia sendiri, siapa aja musisi yang menduduki tahta musik industrial rock/metal? Buat lo yang doyan ngulik hal-hal berbau industrial, berikut HAI kasih rekomendasi band tanah air yang mengusung genre ini.

1. Sic Mynded

Salah satu pembawa bendera musik industrial di Indonesia bisa dibilang adalah band asal Jakarta satu ini.

Band bentukan Oddie Octaviadi dan sutradara kenamaan Rudi Soedjarwo pada 1990-an ini membawa warna khas pada musiknya yang menjadi perpaduan kental antara instrumen elektronik dan distorsi gitar.

2. Getah

Dandadan gothic dan nyentrik a la White Zombie ada di band lokal legendaris satu ini.

Dibentuk di tahun 1995, Getah kerap dianggap membawakan musik industrial metal/rock yang kental.

Telah sempat berubah formasi, band ini mulanya berisikan Marcel Marcive (bass), Jodie Gondokusumo (vokal), Reeve (drums) dan Boy Faisal (gitar). Tyo Nugros dari Dewa 19 tercatat sempat menjadi drummer band ikonik satu ini.

3. Koil

Kerap dianggap sebagai band metal, kepada HAI pada tahun 2012 silam, sang vokais Otong mempertegas kalo aliran bandnya lebih cocok disebut industrial rock.

Yap! Koil juga menjadi salah satu band yang mempelopori industrial act di tanah air, kendati banyak pendengar yang kecele dan menilai musik Koil conding ke arah metal.

4. Helmproyek

Helmproyek merupakan salah satu band veteran yang menghiasi belantika musik tanah air dengan bebunyian synth-rock/industrial.

Baca Juga: 7 Band Rock Indonesia Keren yang Sukses dengan Awalan Nama 'The'

Sejak dekade 90an, nama mereka tenar di panggung-panggung underground, terutama di Kota Bandung.

Helmproyek mengusung cirikhas industrial-nya dengan sound abrasif berbalut deruan distorsi, dan dentuman drum mesin. Musik yang mungkin akan mengingatkan para fans industrial dengan Nine Inch Nails

5. Magnetic Demon

Pada dekade 2010an, musik industrial ternyata masih cukup digandrungi. Itu terbukti denganterdapatsatu nama band yang mengusung warna musik ini.

Magnetic Demon mencatatkan dirinya sebagai musisi industrial/indie rock yang dibentuk pada tahun 2010 di Kota Bandung.

Namun uniknya, formasinya disebutkan hanyalah seseorang bernama Esa Demon yang mengisi vokal, gitar, instrumen pemrograman.

Sementara, pengaruh Magnetic Demon (atau Esa) mencakup band-band industrial seperti Rammstein, Nine Inch Nails, dan Zeromancer.

Dari rekomendasi band yang HAI sebut barusan, siapa band industrial Indonesia yang lo favoritin? (*)

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya