5 Manfaat Olahrga untuk Kesehatan Otak biar Nggak Sering Gagal Fokus

Senin, 08 Maret 2021 | 19:57
pixy.org

Ilustrasi olahrga untuk kesehatan otak biar nggak sering gagal fokus.

HAI-Online.com - Kalian sering ngalamin yang namanya gagal fokus atau kurang konsentrasi? Bisa jadi salah satu penyebabnya adalah karena kurang olahraga.

Selain bermanfaat buat kesehatan fisik tubuh, olahraga ternyata juga punya banyak manfaat bagi kesehatan otak, lho, sob.

Dilansir dari Kompas.com, berolahraga membuat semua otot akan bergerak dan merangsang pertumbuhan sel, juga memperlancar aliran hormon dalam tubuh.

Baca Juga: Cegah Capek Akibat Keseringan Belajar Online dengan 4 Cara Ini

Simak nih 5 manfaat olahragauntuk kesehatan otak biar kalian nggak sering gagal fokus, sob.

1. Bantu tingkatkan konsentrasi

Dilansir dari nationalgeographic.grid.id, dalam study yang dilakukan di AS, ditemukan adanya hubungan antara olahraga dan kemampuan konsentrasi.

Dari hasil penelitian, para pelajar yang berolahraga menjadi lebih bugar dan terlihat perkembangan signifikan dalam hal konsentrasi belajar, melakukan pekerjaan multitasking serta tetap fokus.

2. Memperlancar suplai hormon BDNF

Masih dilansir dari Kompas.com, manfaat selanjutnya dari olahraga adalah bisa memacu bahan aktif kimia yang dikenal sebagai faktor otak neurotropik (Brain Derived Neurotropic Factor/BDNF), yang bisa merangsang pertumbuhan sel otak.

Aktivitas ini terjadi di hippocampus, yaitu wilayah otak yang bertanggung jawab untuk memori otak.

Maka dari itu, para ahli menyarankan untuk berolahraga lebih sering agar hormon BDNF makin aktif sehingga ingatan kita pun semakin tajam dan kita nggak cepat lupa alias pikun.

Baca Juga: Nggak Pake Ribet, Pelihara Kesehatan Mulut dan Gigi Bisa dengan Makan 6 Buah dan Sayuran Segar Ini!

3. Memicu pertumbuhan otak

Semakin bertambahnya usia, jaringan pada otak akan mengalami penyusutan, serta sel dan jaringan otak pun akan semakin lambat terbentuknya.

Dengan berolahraga secara teratur, kita membantu tubuh untuk memperlambat kematian sel otak, sehingga usia otak menjadi lebih panjang.

Olahraga, misalnya latihan kardio, akan meningkatkan aliran darah ke otak sehingga otak mendapatkan aliran oksigen yang sangat dibutuhkan.

4. Tingkatkan kemampuan kognitif otak

Dilansir dari Halodoc.com, otak memiliki fungsi kognitif diantaranya mengatur fokus, mengatur kegiatan dan berpikir.

Dengan rajin olahraga, salah satunya dengan latihan kardio, terbukti bisa meningkatkan fungsi kognitif otak juga meningkatkan volume otak secara keseluruhan.

Berolahraga juga membantu tingkatkan kemampuan otak untuk melakukan tugas yang rumit, menerima informasi dan memecahkan masalah.

Selain itu, dengan rajin berolahraga kemungkinan penurunan fungsi intelektual dan daya ingat jadi berkurang.

Baca Juga: Ghosting Trending Gara-gara Kaesang, Istilah Ini Ternyata Paling Dicari pada 2020

5. Olahraga kurangi stres, depresi dan kecemasan

Saat kita berolahraga tubuh akan memproduksi endorfin, hormon yang membuat kita nyaman.

Rasa senang setelah berolahraga itu juga akibat dari mengecilnya amygdala, struktur otak yang dihubungkan dengan perasaan cemas, takut, dan stres. Nggak heran deh, setelah berolahraga kita akan merasa lebih rileks, tenang dan nyaman.

Selain itu olahraga juga menghambat pembentukan hormon kortisol atau hormon stres, sehingga kita bisa berpikir lebih jernih.

Dilansir dari Kompas.com, olahraga juga dipercaya bantu menghasilkan sel saraf baru untuk menggantikan sel otak yang rusak karena stres, lho!

Baca Juga: Jangan Berlebihan Minum Kopi, Kafein Bisa Bikin Cowok Gampang Menua Lho!

Jadi, yuk mulai sekarang biasakan berolahraga demi kesehatantubuh dan otak kalian. (*)

Artikel ini pertama kali tayang di cewekbanget.grid.id dengan judul “5 Manfaat Olahraga Bagi Kesehatan Otak: Bantu Tingkatkan Konsentrasi!”

Editor : Alvin Bahar

Sumber : cewekbanget.grid.id, Halodoc.com, KOMPAS.com

Baca Lainnya