Cowok Lebih Gampang Menua daripada Cewek, Ternyata 9 Kebiasaan Buruk Ini Jadi Penyebabnya!

Kamis, 04 Maret 2021 | 20:15

Shawn Mendes saat menua

HAI-Online.com -Pada dasarnya semua orang bakal menua, cewek/cowok bahkan diantara keduanya juga bakal secara alami mengalami penuaan.
Meski secara umum sama, menurutDr. Haekal Anshari, M. Biomed (AAM)penuaan pada laki-laki sebetulnya justru berpotensi muncul lebih awal dibanding pada perempuan.
"Penuaan cowok itu bisa lebih cepat munculnya, karena cowok (kebanyakan) kurang begitu memerhatikan kulitnya dan cenderung lebih banyak menghadapi stres," ujarnya dikutip HAI dari KompasHealth, Kamis (4/3/2021).

Baca Juga: Jangan Berlebihan Minum Kopi, Kafein Bisa Bikin Cowok Gampang Menua Lho!

Biasanya, saat seseorang mulai mengalami penuaan dini biasanya hal itu dibarengi terjadinya penurunan kadar kolagen dalam tubuh, sehingga muncul kerutan atau flek hitam di wajah. Selain itu, rambut juga mulai berwarna keperakan alias beruban.
Sexara alami, penuaan dini pada cowok dimulai pada usia 30, namun belakangan ini ada yang lebih awal mengalaminya.
Nah, selain yang sudah disebutkan di atas, ada beberapa kebiasaan buruk cowok lain yang menjadi sebab musabab mengalami penuaan dini tersebut, diantaranya:
1. Ngopi Terus
Menenggak segelas kopi tidak masalah, tapi jangan kebanyakan sampai setiap hari mengonsumsinya.
Pasalnya, nanti kadar kafein dalam tubuh kamu jadi berlebihan. Efeknya bukan cuma bikin mata melek, tetapi pori-pori kulit juga ikut terbuka lebar sehingga mengendur dan bikin kamu jadi keliatan tua.
Tahukah kamu,kafein memiliki sifat diuretik yang membuat tubuh jadi gampang mengeluarkan cairan, dan dapat menguras kelembabannya.
Alhasil, tubuh bakal mudah mengalami dehidrasi yang efeknya kentara di kulit kita. Kulit yang kering akan terlihat kusam dan kendur kayak opa oma.
iStockphoto
master1305

Ilustrasi merokok

2. Nyebat

Udah ngopi ditemani rokok juga. Duh, merokok nggak ada baiknya untuk kesehatan tubuh, guys! Selain menyebabkan berbagai jenis kanker, merokok juga merupakan salah satu penyebab penuaan dini.

Nikotin dalam rokok adalah biang keladinya. Dia akan memicu sel-sel kulit menjadi kekurangan air dan kehilangan kelembabannya dan membuatnya jadi kering.

Tahukah kamu, rokok juga punya sifat mengurangi kadar vitamin A yang ada di kulit wajah. Nggak heran, muka perokok terlihat kurang segar karena antioksidan alami yang sejatinya bisa untuk menangkal radikal bebas di wajah malah terhapus oleh asap rokok yang dihisap.

Baca Juga: Tetep Seger Meski Begadang, Ini 5 Tips Buat Mahasiswa yang Sering Ngerjain Tugas Sampai Malam

3. Begadang
Setelah suka ngopi, ngerokok ditambah begadang semalaman bikin waktu istirahat tubuh jadi terganggu.
Alhasil, proses peremajaan kulit yang seharusnya terjadi saat tubuh sedang istirahat pun terganggu.
Nggak heran kalo tubuh semakin cepat mengalami penuaan dini karena kuramg seimbangnya waktu beristirahat.
4. Kurang Nutrisi
Bagaimana mau awet muda kalo dari makanan saja tidak ada nutrisi yang mencukupi. Padahal proses peremajaan sel tubuh itu salah satu sumbernya dari makanan.
Jika tanpa adanya nutrisi yang cukup, tampilan kulit juga akan memburuk. Pasalnya, dalam sehari-hari kulit membutuhkan asupan
Vitamin dan nutrisiseimbang untuk melawan radikal bebas dan untuk memperbarui sel.
Perlu diingat, teman begadang biasanya makanan yang manis-manis, padahal merema belum tentu lho bernutrisi seimbang.

Perlu Diluruskan, Ini 8 Mitos Nutrisi Makanan Paling Sering Beredar di Asia Pasifik

5. Polusi
Sering terpapar asap pabrik, rokok dan kendaraan bermotor juga menjadi faktor cepat menuanya permukaan kulit.
Polusi membuat atmosfer Bumi ‘rusak’, sehingga bisa menyebabkan sinar ultraviolet ‘menyerang’ kulit kita, dan bahkan dapat menimbulkan kanker kulit. Bahaya, bukan?
6. Panas-Panasan
Sinar Matahari memang menyehatkan pada golden hours-nya ya.
Namun, akan berbeda ceritanya kalo kamu terkena sinarnya di siang hari alias panas-panasan.
Sebuah studi menyebutkan, 80 persen penyebab penuaan dini terjadi karena paparan sinar Matahari yang berlebihan.
Sinar ultraviolet dinilai bisa merusak kolagen dan elastisitas kulit, sehingga membuatmu jadi lebih cepat tua.
7.Sering Ngamar BerAC
Terlalu sering terpapar matahari langsung jangan! Terlalu lama di dalam ruangan berAC juga tidak baik. Intinya yang terlalu itu nggak mendatangkan kebaikan.
Paparan dingin dari AC dalam jangka panjang bisa memicu kerusakan pada kulit dan rambut. Hal ini terjadi karena AC menyerap kelembaban dalam ruangan.

Kalo kopi ambil kelembaban dari dalam, AC dari luar. So, jangan sering-sering ngamar!

Baca Juga: Jangan Overthinking, Ini 10 Cara Selow Jalani Hubungan dengan Pacar
8. Stress Mulu
Sebuah studi mengatakan, mereka yang mengalami stres terutama dalam jangka waktu panjang akan mengalami penuaan dini dan juga memiliki masalah pada sel leukosit dan telomere.

Leukosit ini punya peranan penting bagi sistem imun tubuh kita. Kalo sampai kekurangan telomere, maka leukosit akan mengalami kesusahan dalam menggandakan diri. Oleh karena itu, jika seseorang stres, maka leukosit bakal berkurang dan hal itu dapat memicu penuaan.

Makanya, jangan lupa bahagia, jangan keseringan overthingking!

Tujuh Remaja Gelar Pesta Minuman Keras, 5 Mabok 2 Meninggal Dunia

9. Miras, Jangan!
Minuman beralkohol dapat memicu wabah rosacea. Alkohol dapat membuat dehidrasi dan buruk bagi kualitas tidur.Kedua hal ini terkait sekali dengan penuaan dini.

Sebuah riset di Case Western Rerserve University menyebutkan, kurang tidur membuat keriput, pigmentasi tidak merata, dan mengurangi elastisitas kulit.
Minuman keras nggak cuma ganggu kelembapan tubuh dan waktu tidur, sifat asam setelah memonumnya juga dapat merusak gigi dan mineral dalam tubuh.
Kamu yang suka minum miras, senaiknya harus sering-sering melakukanremineralisasi setelah menenggaknya. Lebih baik lagi jika sanggup menghindarinya. (*)

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya