Berhenti Makan 5 Jenis Makanan dan Minuman Ini Kalo Sedang Stres

Kamis, 04 Maret 2021 | 09:05
Ryan McGuire/Pixabay

Ilustrasi makan saat stres.

HAI-Online.com - Mungkin banyak dari kita yang kerap menjadikan makanan dan minuman sebagai coping mechanism saat mengalami stres.

Hal itu nggak jarang bisa memperbaiki mood kita sehingga nggak berlarut-larut dalam stres berkepanjangan, apalagi di situasi pandemi seperti sekarang ini.

Eits, tapi jangan sembarang nyari makanan enak atau minuman yang nyegerin ya, sob. Pasalnya ada sejumlah makanan dan minuman yang justru bisa memperburuk kondisi kalian kalau sedang stres dan cemas.

Apa saja sih yang mesti kita hindari? Simak nih 5 makanan dan minuman yang sebaiknya kita hindari saat stres, dilansir dari cewekbanget.grid.id.

Baca Juga: Kenali Nih, Sob! 8 Hal yang Bisa Jadi Penyebab Lo Menderita GERD

Kopi

Mengonsumsi kopi berlebihan dapat meningkatkan inflamasi dan hormon stres seperti kortisol dan adrenalin.

Selain itu, kafein juga dapat memperparah kegugupan dan menambah rasa cemas.

Sebaiknya ganti kopi dengan teh hijau yang kaya L-theanine, adaptogen yang dapat membantu respon alami stres pada tubuh.

Gula dan Makanan Manis

Gula dapat menyebabkan peningkatan insulin dan menciptakan inflamasi pada tubuh dan otak.

Neuroinflamasi yang menyerang otak pun mengakibatkan peningkatan kecemasan, depresi, dan kelelahan mental.

Tentunya gula nggak cuma ada pada makanan yang memang dikenal mengandung kadar gula tinggi; banyak makanan dan bahan makanan lainnya yang sebetulnya mengandung gula, tapi kadang kita nggak menyadarinya.

Jadi perhatikan lagi asupan makanan yang kita konsumsi saat sedang stres agar nggak malah membuat kondisi kita semakin runyam.

Baca Juga: Kenapa Kalo Cowok Putus Cinta Bisa Jadi Kurus? Penyebabnya Terungkap!

Sereal

Mungkin sereal adalah pilihan menu sarapan yang praktis, tapi kandungan nutrisinya tergolong rendah.

Selain itu, sereal merupakan makanan yang diproses tinggi dan mengandung gula, sehingga sangat berpotensi memantik kadar gula darah kita.

Ini bakal berpengaruh pada kondisi mood kita; jadi bukannya lega, kita bisa jadi malah menambah rasa stres.

Soda

Sel-sel tubuh kita mengandung magnesium yang punya peran penting bagi fungsi tubuh.

Saat tubuh kita mengalami situasi 'fight-or-flight' sebagai respon stres, kalsium tercampur dalam sel dan magnesium sedianya berfungsi untuk mengembalikan sel pada bentuk aslinya.

Nah, soda justru mengandung asam fosfor yang melawan penyerapan magnesium, makanya minuman ini nggak disarankan untuk dikonsumsi saat stres.

Baca Juga: Supaya Nggak Mules, Ada 4 Cara Minum Kopi Bagi Pengidap Gerd

Daging Olahan

Beberapa jenis daging seperti sosis, jeroan, dan bacon diproses dengan bahan-bahan tambahan untuk mempertahankan rasanya.

Sejumlah kandungan seperti sodium nitrat dapat mengganggu kesehatan usus, sehingga mengakibatkan energi melemah dan mood berubah-ubah.Daging seperti ini bahkan dapat menyebabkan kanker.

Jadi, jangan sampai niat makan dan minum biar bikin mood bagus dan ngilangin stres, malah jadi nggak sehat ya, guys! (*)

Baca Juga: Sering Tiba-tiba Memar di Tubuh Lo? 3 Hal Ini Bisa Jadi Penyebabnya

Artikel ini pertama kali tayang di cewekbanget.grid.id dengan judul “Hindari Konsumsi 5 Makanan dan Minuman Ini Kalau Sedang Stres!”

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya