Rekomendasi 5 Band Nu Metal Indonesia Buat Lo Fans Slipknot dan Linkin Park

Selasa, 02 Maret 2021 | 13:00
HAI

Saint Loco (2016)

HAI-Online.com - Meski nggak berusia panjang, genre musik nu metal tetap menjadi catatan sejarah penting untuk kancah musik rock dan metal di Indonesia.

Nah, buat lo yang sampai kini masih nge-fans sama para raksasa nu metal seperti Korn, Limp Bizkit, atau bahkan Slipknot dan Linkin Park, para band nu metal Indonesia ini juga patut lo beri apresiasi nih, sob!

1. Saint Loco

Saint Loco melabeli genre yang mereka bawakan sebagai 'hip rock', alih-alih nu metal. Sebutan Linkin Park cabang Indonesia pun sering ditampik mentah-mentah oleh band asal Jakarta ini.

Dan sepanjang kiprahnya, Berry Manoch dkk. telah menciptakan eksperimentasi cadas yang memadukan unsur musik rock/metal dengan bebunyian elektronik dan vokal ala hip-hop.

Salah satunya tertuang pada Rock Upon A Time (2004), debut album yang menetaskan single nu metal andalan seperti Hip Rock, Microphone Anthem, dan Maria.

2. Purgatory

Band yang telah terbentuk sejak 1991 ini memang telah mengalami beragam tranformasi, baik secara ideologi dalam bermusik hingga aksi panggung mereka.

Muaranya, band Indonesia beraliran hip metal ini pun memutuskan buat tampil antimainstream dengan mengenakan topeng.

Selain itu, di balik kemasan ala Slipknot tersebut, musik Purgatory nggak cuma menawarkan kadar kecadasan yang maksimal tapi juga nuansa religi yang nggak main-main dalam lagunya.

3. 7 Kurcaci

Di akhir dekade 90an, band-band nu metal menjamur di Indonesia.Tapi, dalam catatannya, cuma sedikit yang pernahmengecap kejayaan di industri musik nasional seperti 7 Kurcaci.

Yap, band asal Kota Bandung yang dibentuk tahun 1998 lalu, kini tentu pantas disebut sebagai dedengkotnya nu metal di Indonesia.

4. Kobe

Tentu lo masih inget sama Kobe, band Indonesia beraliran nu metal yang populer dengan single 'Positive Thinking'.

Sepanjang eksistensinya, Kobe telah merilis empat album studio. Tiga album awal mereka dirilis di bawah naungan manajemen artis Log Zhelebour dan label rekamannya, Logiss Records.

Album perdananya, Positive Thinking dirilis pada 2007 dan berhasil mencuri perhatian fans musik cadas lewat single debutnya, ‘Rock Show’. Single ini ikut ditampilkan dalam album kompilasi 10 Finalis Djarum Super Rock Festival X pada tahun 2005.

Baca Juga: Nu Metal dengan Kearifan Lokal, Dengerin Lagu Baru Kobe 'Tangguh'

Kobe juga menghiasai blantika musik Indonesia usai menjadi The Best Perfomance pada Festival Rock se-Indonesia X tahun 2004 silam.

Di tahun 2020 dan 2021 ini, band yang sempat terlelap empat tahun ini comeback dengan dua single yang tetap berbalut distorsi tebal ala Korn dan Limp Bizkit.

5. Anons

Nu metal memang belom sepenuhnya mati, bahkan di tahun 2021 ini. Ini terbukti dengan ada band muda yang muncul dengan mengusung genre ini. Anons merupakan salah satunya.

Seperti band nu metal era 2000an, yang nggak cuma menyuguhkan musik cadas tapi juga konsep unik pada bandnya, Anon pun hadir dengan sebuah fashion statement.

Sesuai nama mereka yang dapat diartikan sebagai anonim atau tanpa nama, keempat personel Anons hadir dengan memakai topeng.

Mereka pun masih konsisten untuk nggak mengungkap nama masing-masing personil sampe sekarang. (*)

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya