5 Rekomendasi Band Emo Indonesia Kalo Lo NgefansSama American Football

Kamis, 18 Februari 2021 | 18:45
Dok. Beeswax

Beeswax

HAI-ONLINE.COM -Mengusung musik alternative rock / indie rock / math rock dan bahkan sering disebut sebagai salah satu pioniremo revival, American Football adalah band yang tidak bisa dipungkiri menjadi penarik perhatian di kancah musik internasional dalambeberapadekade terakhir.

Tentu perhatian terhadap American Football jugamenumbuhkan band-band baru yang terbentuk di seantero tanah air dengan elemen musik yang serupa.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Band Emo Asal Bandung yang Tumbuh dari Berbagai Generasi

Kalo lo emang demen banget sama American Football yang sempet dateng juga ke Indonesia 2019 lalu, berikut HAI punya 5 rekomendasi band Indonesia yang memasukkan American Football sebagai inspirasi terbesar mereka. Sikatfren!

Eleventwelfth

Dok. Eleventwelfth

Eleventwelfth

Eleventweltfth dinakhodai oleh Rona Hartriant (vokal/gitar) dan Almas Makitsuna (drum) pada tahun 2014. Tak lama kemudianYogawerda Kessawa (gitar) melengkapi formasi trio Eleventwelfth.

Memainkan lirik yang syarat akan pesan emosional dan musikalitas manis yang tak lazim, Eleventwelfth adalah fenomena baru di kancah musik emo nasional.

Mereka telah merilis album penuh self-titledyang dirilis pada 2017. Terakhir, pada pertengahan pandemi lalu Eleventwelfth juga melepas double single "reality / fantasy" yang berisikan dua lagu "escape me from reality" dan "capture me to fantasy".

Beeswax

Dok. Beeswax

Beeswax

Berangkat dari ujung timur pulau Jawa di kota Malang, Beeswax menjadi pembeda sekaligus motor utama dari banyaknya band yang kemudian memainkan musik sejenis di Provinsi Jawa Timur ini.

Tidak jauh berbeda dengan materi musik yang penuh dengan elemen rumit khas math rock ala American Football, Beeswax juga mengedepankan keluh kesah dan energi marah dewasa muda yang dicurahkan melalui musik yang dinamis.

Dua album penuh telah diluncurkan unit yang digawangi olehBagas Yudhiswira (vocal), Raveizal Ario Sayoga (vocal / gitar), Putra Vibrananda (vocal / bass), dan R. Yanuar Ade (drum) ini yakni "Growing up Late" pada 2015 dan "Saudade" pada 2018.

Murphy Radio

Dok. Murphy Radio

Murphy Radio

Beranjak ke sebelah timur Borneo di kota Samarinda, band ini dijejali oleh personel kemampuan tinggi yang mengedepankan unsur musik math-rock yang kental.

Selain itu, Murphy Radio juga mematenkan namanya di luar Indonesia dengan beberapa kali memainkan panggung mereka di kancah internasional, termasuk Taiwan dan Singapura.

Pada 2018 lalu, Murphy Radio mengeluarkan album penuh self-titled yang memiliki elemen musik yang sangat bervariasi.

Hulica

Dok. Hulica

Hulica

Hulica adalah anomali sekaligus penyegar dari skena emo di Kota Bandung yang beberapa tahun sebelumnya bisa dibilang sangat monoton.

Sampai era 2010-an, terma emo yang berkembang di Bandung selalu diafiliasikan dengan kesedihan dan bocah cengeng yang memutar-mutar gitar di setiap pertunjukannya.

Dengan sentuhan math-rock yang kental, riff-riff gitar manis yang ditabuhi oleh ketukan drum ganjil sedikit bisa merubah persepsi publik terhadap istilah emo itu sendiri.

Aillis

Dok. Aillis

Aillis

Aillis sebagai unit muda juga membuat gebrakan baru di skena emo di Indonesia. Setelah era band emo anomali asal Jatinangor woodcabin. yang hilang ditelan uzur dan waktu, Aillis adalah garda terdepan yang mempelopori narasi baru emo,mencoba untuk tidak selalu membicarakan tentang kesedihan dan patah hati.

Unitmidwest-emo /skramz yangberanggotakan Fikri Suryatama (Gitar/Vocal), Akhyar Mustofa (Vokal), Yudha Rizkia (Bass), dan Haris Suryadinata (Drum) ini memadukan elemen midwest ala Algernon Cadwallader dan Suis La Sune sehingga penampilan penuh amarah mereka sangat menarik untuk disaksikan.

Itu dia sob, 5 rekomendasi band emo Indonesia yang memiliki unsur musik mirip banget sama American Football. Buat lo yang demen banget dengan midwest-emo dan sound math-rock yang kental, wajib banget untuk pantengin aksi mereka!

Penulis: Mohammad Farras Fauzi

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya