5 Rekomendasi Band Metalcore Asal Ibu Kota yang Penting didengerin Remaja

Minggu, 07 Februari 2021 | 19:30
Instagram / @killedofficial @blekribe

Killed by Butterfly

HAI-Online.com -Bergema sejak akhir 70-an, musik metal di Indonesia menjadi primadona utama bagi anak-anak muda hinggausia senja.

Dikomandoi oleh era Sucker Head ataupun Rotor di Bilangan Pondok Indah, Jakarta Selatan, musik metal mulai mendapatkan porsi perhatian lebih dari para penggemar musik di ibu kota.

Turunan musik metal yang tumbuh di tahun milenium termasuk sangat beragam, salah satunya adalah metalcore, yang memadu padankan ketukan dinamis dan nada yang melodius, namun tidak kehilanganriffberat ala metal-nya.

Baca Juga: 5 Album Kompilasi Band Metal Indonesia Yang Perlu Lo Dengerin

Di awal era 2000-an, band-band yang memainkan gaya musik seperti ini bermunculan. Variasi yang tersedia untuk subgenre ini memang tidak begitu kentara.

Namun, tidak jarang satu band tertentu bisa memberikan pembaharuan bagi jenis musik ini.

Nah, kalo kamu suka ngulik metalcore, kamu harus simak juga nih 5 rekomendasi band metalcore asal ibu kota pilihan HAI. Sikat!

Straightout

Instagram / @straightoutofficial

Straighout

Straightout adalah band metal kawakan yang sudah menjalani kerasnya panggung musik metal di ibu kota sejak tahun 1998.

Besar melalui skena hardcore punk, Straightout terus mengeksplorasi sisi musikalitas mereka hingga melewati berbagai irisan jenis musik metal yang saling tumpang tindih, sangat brilian!

Sempat besar sebagai unit metalcore berbahaya dalam waktu yang cukup lama, Straighout kemudian memantapkan jalur melodic death metal sebagai padanan bermusik mereka.

Memulai debut album di tahun 2004 dengan "Undying Beauty and The Symphony of Sadness" , Straightout kemudian menancapkan namanya di skena musik keras lokal.

Tak heran jika logo dari band yang saat ini dikomandoi oleh Pipinx ini menjadi daya tarik khusus untuk disulap menjadi merchandise.

Killed by Butterfly

Instagram / @killedofficial @blekribe

Killed by Butterfly

Band ini bernamaSeeking Isabelle Pada awal terbentuknya. Namun lambat laun mereka mengganti namanya dengan Killed by Butterflyyang diakui para personelnya bahwa tidak ada makna filosofis di balik nama band ini.

Pada tahun 2008 di bawah naungan indie label,mengeluarkan album perdana mereka yang berjudulSANITY/INSANITYyang langsung diterima dengan hangat oleh para penggemar musik metal.

Di album perdana ini mereka mengusung 4 lagu. Salah satu lagunya yang berjudulREGRET / STARING TO YOUR DEATHbercerita tentang kegelapan dalam diri manusia.

Baca Juga: Sembuh dari Covid-19, Remaja Ini Ngaku Kebal dan Ikut Pesta, Eh Terinfeksi Lagi Sampai Meninggal Dunia

Digawangi oleh Roma Sophiaan (Gitar), Ade Patria (Drum), Aditya 'Gogo' Pulukadang (Bass), dan Harry Mulya (Vokal), Killed by Butterfly kemudian mengemas kembali nama panggung mereka menjadiKilleddan pada 2017 lalu merilis kembali sebuah EP berjudul "Arsenic".

Thirteen

Instagram / @thirteenjkt

Thirtheen

Mengingat sejak berdirinya Thirteen pada tahun 2006, band ini mengalami cukup sering bongkar pasang personel. Saat ini hanya Bondry Haryo sang gitaris yang merupakan personel asli Thirteen dari formasi awal.

Thirteen mengalami naik turun perjalanan karir yang sudah mereka lewati selama 13 tahun ini. Band ini sempat sangat naik daun pada tahun 2012.

Setelah itu mereka mendapat pukulan keras setelah ditinggalkan sang drummer Radityan Akbar untuk berpulang ke sisi Tuhan karena penyakit yang dideritanya.

Dengan formasi teranyar ini Thirteen berharap bisa tetap memuaskan hati para pendengarnya. Baru-baru ini mereka juga telah meluncurkan album baru dengan judul 'Aksi'.

Morgensoll

Dok. Morgensoll / Plak Zine

Morgensoll

Morgensoll mulai muncul ke permukaan sejak 2016 lalu. Dengan berani saya sebagai pendengar bisa menyatakan jika pengaruh metalcore sangatlah lekat pada musik milik Morgensoll.

Diketahui sebagai grup musik yang mengusung post metal sebagai pondasinya, sebuah single anyar berjudul “Doomed” dilepas pada5 Februari kemarin melalui berbagai platform musik digital.

“Doomed” merupakan sebuah nomor kelam yangkayaakan riffgitarrendah. Di sini Morgensoll mencoba menggambarkan suasana kehancuran pada masa after life.

Baca Juga: 5 Lagu Ini Punya Lirik yang Maknanya Sering Disalahartikan Pendengar

Nomor instrumental tanpa vokal ini meneruskan kiprah apik Morgensoll menyusul single apik "Ngengat", rilis pada 2018 lalu yang melibatkanpoetKezia Alaia dan vokalis Godplant, Litong.

Vision Eyes

Dok. Vision Eyes

Vision Eyes

Barangkali band ini adalah salah satu band paling underrateddalam daftar ini. Sisi musikalitas pada band ini menampilkan sisi lain dari musik metalcore.

Vision Eyes terbentuk sebagai band Hardcore yang diinisasi oleh Herza Nugraha pada tahun 1999 / 2000.

Namun mereka mulai memasukan elemen Heavy Metal ke dalam fondasi dasar musikalitas mereka dan bertransformasi menjadi Metalcore yang berbalut harmonisasi khas Melodic death metal.

Herza Nugraha (Vocal), Rendy Frabowo (Gitar), Herdy Dwiyana (Gitar), Michael Oematan (Bass), dan Tria Panji (Drums) telah merilis beberapa album dan EP yang berkualitas.Terakhir, Vision Eyes mengeluarkan album LP mereka "Paradigma Liberasi" pada tahun 2015.

Itu tadi,guys,segerombol band-band terkemuka di ibu kota yang nggak akan dilupakan kalo kamu ngomongin Metalcore.

Baca Juga: Bahaya Kombinasikan 4 Makanan Ini Pake Susu, Efeknya Begini ke Tubuh

Nah, 5 band Metalcore asal Jakarta ini nggak bisa dipungkirinakan dengan mudah untuk masukdalam proses pendewasaan kalian di masa remaja. (*)

Penulis: Mohammad Farras Fauzi

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya