Tetap Berkreasi Selama Pandemi, Ini Tipsnya Buat Para Konten Kreator

Minggu, 31 Januari 2021 | 11:20
Shutterstock

Ilustrasi membuat konten digital.

HAI-ONLINE.com – Tak terasa, pandemi sudah berlangsung selama hampir satu tahun. Situasi ini pun membuat kita harus tetap di rumah agar terhindar dari penularan virus corona.

Pemerintah juga memberlakukan pembatasan di sejumlah tempat umum yang berisiko menghadirkan kerumunan, seperti kantor, sekolah, hingga tempat perbelanjaan.

Hiburan yang tadinya bisa dinikmati secara langsung, terpaksa harus dilakukan di rumah. Akibatnya, masyarakat mulai beralih ke hiburan digital.

Melansir dari The Washington Post, sejak pandemi penggunaan platform digital meningkat drastis. Media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, hingga TikTok semakin ramai digunakan.

Baca Juga:Rilis Fitur Mirip TikTok, Snapchat Bersedia Bayar Penggunanya Hingga 1 Juta Dollar Kalo Kontennya Viral

Momen tersebut merupakan peluang besar bagi para konten kreator untuk menunjukkan eksistensi di tengah meningkatnya platform digital sebagai hiburan utama masyarakat saat ini.

Namun, dengan situasi yang serba terbatas seperti sekarang, bagaimana agar kita bisa tetap membuat konten dengan output yang menarik banyak audiens? Bagi lo, konten kreator yang ingin tetap aktif membuat konten, coba simak tips ini.

Asah kemampuan story-telling

Salah satu kemampuan yang penting dimiliki oleh konten kreator untuk membuat kontennya berkesan adalah story-telling. Apa alasannya?

Bayangkan lo mendengarkan video berdurasi lama dengan nada monoton dan gaya bahasa yang terlalu rumit. Enggak perlu tunggu berjam-jam, dalam hitungan menit pun penonton sudah bosan.

Baca Juga: Viral Video Artis TikTok Asal Solo Jumpa Fans, Penggemar Ngumpul Nggak Pake Jaga Jarak

Nah, kemampuan bercerita ini penting supaya menarik perhatian audiens tanpa membuat mereka bosan. Selain itu, story-telling yang bagus akan membantu lo membuat konten ciamik dari hal yang sederhana di tengah keterbatasan akibat pandemi.

Kemampuan story-telling yang baik ini pun berlaku untuk semua jenis konten, baik konten video, foto, maupun tulisan.

Lo bisa pelajari siapa target audiens yang disasar, pakai gaya bahasa yang sesuai, dan sampaikan dengan cara yang singkat dan menarik. Sehingga, audiens bisa makin relate dengan konten buatan lo.

Terus gali inspirasi

Bukan hal baru bagi para konten kreator untuk mengalami burn-out, kehabisan ide, bahkan merasa pikirannya ‘buntu’.

Apalagi, kondisi tersebut diperburuk ketika kita terlalu banyak menghabiskan waktu di rumah. Akibatnya, sulit untuk dapatkan inspirasi.

Dunia konten memang berkaitan erat dengan ide dan kreativitas. Oleh karena itu, penting untuk memotivasi diri agar terus gali inspirasi yang datangnya bisa dari mana saja.

Baca Juga: Remaja Ini Bikin Ilustrasi Keren Cuma Pake Barang-barang Seadanya

Lo bisa mencari inspirasi dengan melakukan hobi, banyak bersosialisasi dengan teman-teman melalui chat atau video call buat cari insight, atau jalan-jalan keliling kota sendirian untuk refresh pikiran supaya dapat inspirasi.

Lo juga bisa mendokumentasikan kegiatan-kegiatan tersebut jadi salah satu konten.

Namun, pastikan kegiatan yang berkaitan dengan ruang terbuka dan tempat umum harus dilakukan dengan aman mengingat adanya risiko penularan Covid-19. Hindari zona dengan penularan virus yang tinggi dan selalu patuhi protokol kesehatan.

Maksimalkankontenvisual

Ketika menyajikan konten, visual menjadi salah satu hal terpenting. Apalagi di situasi sekarang ini, saat banyak orang merasa bosan di rumah, visual bisa jadi daya tarik utama konten lo.

Kualitas visual bisa dilihat dari kejernihan, tingkat pencahayaan, hingga seberapa jelas objek yang ingin ditampilkan.

Akan tetapi, membuat konten kreatif dengan visual yang bagus tidak selalu membutuhkan perangkat profesional yang beragam dan bisa membuat kantong kering,kok.

Kenyataannya, saat ini banyak gadget yang memiliki beragam fitur layaknya kamera profesional hanya dalam satu perangkat simpel saja, seperti yang dimiliki oleh Samsung Galaxy S21 Ultra 5G.

Smartphone tersebut dilengkapi lima kamera canggih dengan kamera utama Wide-Angle beresolusi 108 megapiksel (MP), kamera Ultra-Wide 12 MP, kamera dual-telephoto yang masing-masing dibekali resolusi 10 MP, dan kamera selfie bagian depan 40 MP.

Dok. Samsung

Tampilan elegan Samsung Galaxy S21 Ultra 5G dilengkapi lima kamera Super Resolution.

Baca Juga: Samsung Galaxy S21 Series yang Dijual di Indonesia Bakal Mendukung 5G

Selain itu, Samsung Galaxy S21 Ultra 5G memiliki fitur 100x Space Zoom. Fitur ini sangat bermanfaat terutama di saat physical distancing wajib dilakukan dan lo harus mengambil gambar dari jarak jauh.

Saat sedang membidik objek dari kejauhan, ada fitur Zoom Lock yang akan membuat kamera lebih stabil dan objek yang dituju lebih jernih.

Bagi lo yang suka membuat konten video atau film, Samsung Galaxy S21 Ultra 5G bisa jadi pilihan tepat untuk menghasilkan videografi sempurna lewat fitur Director’s View.

Fitur ini memungkinkan lo mengambil rekaman dari berbagai sudut pandang hanya dengan sekali rekam berkat bantuan kamera Ultra Wide, Wide-Angle, serta Telephoto.

Dengan fitur Director’s View, lo bisa mendapatkan gambar close-up shot, middle shot, hingga extreme wide-shot dalam sekali rekam saja. Video yang dihasilkan pun mampu mencapai resolusi 8K.

BBC News

Fitur Director’s View yang memudahkan pengguna untuk ambil gambar dari sudut pandang yang berbeda.

Baca Juga: Jajal Samsung Galaxy S21 Series 5G, Ernest Prakarsa Kesengsem Sama Fitur Videografi Ini

Gak hanya itu, lo juga bisa memantau penyebaran Covid-19 di lokasi sekitar melalui fitur Samsung C-Safe, sehingga lo bisa berantisipasi sebelum hunting foto atau video supaya aman.

Selain itu, Samsung C-Safe menyediakan informasi resmi tentang daftar rumah sakit dan fasilitas kesehatan yang menyediakan layanan seputar Covid-19.

Samsung Galaxy S21 Ultra 5G tersedia dalam dua opsi RAM, yakni 12GB dan 16GB. Sementara untuk memori internal terdapat pilihan 128GB, 256GB, dan 512GB.

Kapasitas baterainya pun paling besar diantara varian Samsung Galaxy S21 lainnya, yakni 5.000 mAh yang didukung dengan fitur wireless powershare yang bisa dihubungkan dengan perangkat lain.

Mau punya perangkat serba bisa dalam satu genggaman? Dapatkan informasi lebih detail mengenai Samsung Galaxy S21 Ultra 5G di laman ini.

Editor : Sheila Respati