5 Film Yang Punya Soundtrack Band-Band Emo, Favoritin Yang Mana?

Sabtu, 23 Januari 2021 | 16:00
Repeller.com

Twilight (2008)

HAI Online.com - Mungkin lo bakal setuju kalo menyebut era 2000an sebagai salah satu era yang seru untuk musik dan film.

Dan salah satu hal yang mendefinisikan tahun 2000an adalah era kejayaan dari genre musik emo. Era ini menghadirkan beragam solis dan band dengan style emo, secara musik maupun gaya berpakaian.

Lebih serunya lagi, banyak film beken di era ini yang mengakui eksistensi dari skena emo dengan menjadikan musik-musiknya sebagai soundtrack film.

Nah, kini HAI kasih ke kalian sejumlah rekomendasi yang menampilkan soundtrack dari band-band emo.

1. Jennifer's Body

Soundtrack film yang dibintangi oleh Megan Fox , dan menceritakan seorang cewek populer di sekolah yang kerasukan iblis ini, menampilkan band-band emo dan pop punk yang besar pada masanya.

Film ini juga berhasil mempopulerkan lagu “Toxic Valentine” dari All Time Low, dan 'New Perspective' dari Panic! At The Disco, dua lagu yang dinilai timeless oleh para generasi emo.

Baca Juga: 4 Drummer Muda Indonesia Berbahaya yang Wajib Lo Simak Tahun Ini

2. Twilight

Emo memang identik dengan style gothic ala zombie dan vampire. Jadi, nggak heran kalo film vampire 2000an yakni 'Twilight' menampilkan soundtrack dari band emo.

Saat itu, band Paramore yang juga masih 'emo-emonya', hadir sebagai soundtrack utama film romansa-fantasi remaja ini, yakni lagunyayang berjudul 'Decode' dan I Caught Myself'.

3. American Pie

Soundtrack film American Pie di tahun 1999 menampilkan lagu-lagu dari Blink-182, Third Eye Blind, dan Goldfinger.

So, jelas film ini menampilkan lebih banyak sound rock dibanding pop-punk. Tapi, film ini seperti menghadirkan konsep soundtrack rock untuk film-film berikutnya di sepanjang dekade 2000an.

4. Spider-man 2

Film Spider-man 2 di tahun 2004 menampilkan "Vindicated", single terbaru dari Dashboard Confessional, sebagai soundtrack.

Nama-nama seperti Switchfoot, Yellowcard, The Ataris, dan Taking Back Sunday juga ditampilkan sebagai soundtrack film ini.

Playlist film ini sekaan menghadirkan gambaran dari skena rock alternatif di masa itu, sekaligus juga mengenalkan musik emo yang lagi naik daun.

5. Cheaper by the Dozen

Cheaper by the Dozen menampilkan soundtrack dari band-band seperti Simple Plan, Fountains of Wayne, Sum 41 dan bahkan Hilary Duff (yang berada di puncak karir musiknya saat itu).

“I’m Just a Kid” dan “In Too Deep” melengkapi drama dan atmosfer dalam film ini. (*)

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya