5 Pekerjaan Musisi Dunia Sebelum Beken, Kurt Cobain Sempet Jadi OB

Sabtu, 23 Januari 2021 | 10:00
Credit: Alamy

Kurt Cobain

HAI Online.com - Layaknya pepatah para orang bijak bilang: semua di hidup ini berawal dari nol.

Yap, memang nggak ada yang langsung jadi besar di hidup ini. Bahkan, kesuksesan mentereng dari para seniman dan musisi dunia.

Mungkin nggak jarang fans yang nge-judge sosok idolanya hanya dari kesuksesannya yang mereka raih saat ini.

Padahal, di belakangan itu semua, ada darah dan keringat yang tercurah sebelum akhirnya sampai di tahap mereka seperti sekarang.

Faktanya, musisi dan bintang rock yang dunia kenal saat ini pernah berada di satu titik ketika mereka melakukan pekerjaan yang berbedatiga ratus enampuluh derajat.

Semua itu terjadi sebelum mereka jadi figur yang dielu-elukan para penggemar di seluruh dunia.

Dan menariknya, mereka semua nggak menafikan peran pekerjaan lama mereka yang nyatanya telah membantu membentuksemangat dan daya juang mereka.

Berikut HAI rangkum 5 profesi para musisi hebat dunia sebelum mereka jadi bintang.

Baca Juga: Bela Nadin Amizah, Ucok 'Homicide' Serukan Anak Muda Untuk Nggak Takut Beropini

1. Kurt Cobain

Mendiang Kurt Cobain yang kini dielukan sebagai 'dewa'-nya musik alterantif rock, dulunya pernah kerja petugas kebersihan.

Ketika Kurt pertama kali bertemu bassist Nirvana Krist Novoselic, doi baru berusia sekitar 17 tahun dan kerap mengeluh sama pekerjaannya.

"Dia memang jarang membersihkan dapur (rumahnya) atau membuang sampah, atau melakukan pekerjaan semacam itu, tetapi Kurt Cobain bukanlah orang yang malas. Dia membersihkan toilet, dan begitulah cara dia dapet duit buat rekaman demo (Nirvana),” ungkap Novoselic, melansir dari Far Out Magazine.

2. David Bowie

Warner Music Group

David Bowie dan album Metrobolist

Di usianya yang baru 13 tahun, bintang rock legendaris David Bowie udah punya kerjaan. Ia pun waktu itu bekerja sebagai delivery boy di sebuah toko daging.

Tapi, hasrat Bowie untuk menjadi musisi telah tumbuh sejak usia belasan semenjak melihat performance Little Richard di televisi.

3. Ozzy Osbourne

Mungkin nggak sepenuhnya mengherankan kalo pekerjaan pertama seorang Ozzy Osbourne adalah sebagai tukang jagal sapi di Birmingham. Profesi itu pun ia tekuni setahun.

Dia mengenang dalam memoarnya: “Saya tumbuh besar dengan terbiasa berada di rumah jagal. Saya terbiasa dengan baunya. Nggak terhitung berapa banyak sapi yang udah kusembelih,"

So, beneran nggak heran kan kalo doi jadi terkesan lazim sama aksi panggungnya yang esktrem seperti memakan kepala kelelawar.

4. Jack White 'The White Stripes'

YouTube/JablinskiGames

Jack White dan Jack Black

Eks personil White Stripes itu bekerja di sebuah toko furniture bernama Third Man Upholstery. Slogannya pun adalah, “your furniture’s (future) not dead”.

Dan lucunya, setelah sukses jadi musisi, White membawa pesan di slogan tempat kerja lamanya ke label rekamannya yang bernama Third Man Records, dengan slogannya "your turntable’s not dead."

5. Kevin Parker 'Tame Impala'

Sebelum Kevin Parker beken bersama Tame Impala pada tahun 2010, dia bekerja sebagai juru tulis hukum. Kepada The Guardian, dia sempet bilang dia cinta pekerjaannya saat itu.

“Saya menyukainya karena mengharuskan saya untuk berkeliling sepanjang hari dan dalam kesendirian sepekan penuh,” tukas Parker. (*)

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya