Pedal Gitar Metal Zone Ikut Terseret Teori Konspirasi Covid-19, Kok Bisa?

Kamis, 07 Januari 2021 | 18:05
(Image credit: Boss)

Pedal Metal Zone Dikaitkan Sama Teknologi Berbahaya Pada Vaksin Coronavirus?

HAI Online.com - Beragam teori konspirasi tentang bahaya vaksin coronavirus terhadap hidup manusia tampak lagi marak.

Salah satu yang paling absurd, dan konyol tentunya, adalah temuan yang diklaim sebagai diagram '5G Chip'.

Teknologi '5G Chip' ramai disebut sebagai cikal bakal teknologi yang dikembangkan para elit global untuk mengintai kehidupan banyak orang di seluruh dunia.

Namun, setelah ditelisik, gambar diagram yang jadi pembahasan di ranah maya itu ternyata merupakan gambar sirkuit dari Metal Zone, pedal gitar yang dikembangkan oleh Boss.

Baca Juga: Pengalaman Remaja Indonesia Berani Divaksin Gratis Sinopharm Buatan China, Risiko Ditanggung Pemerintah UEA

Yap, pedal yang populer di kalangan anak sekolahan yang mulai ngeband dan bawain lagu metal di era 2000an itu belakangan dikaitkan dengan teori konspirasi vaksin covid-19.

Melansir dari The Independent, seorang software engineer beranama Mario Fusco tampak mengulas temuan soal sirkuit tersebut di Twitter. Postingan itu pun berhasil viral, khususnya di Italia dan Rumania.

"Di Italia, orang-orang mulai membagikan gambar ini dengan mengklaim bahwa ini adalah diagram chip 5G yang telah dimasukkan ke dalam vaksin covid," tulis Mario Fusco dalam postingannya.

"Pada kenyataannya, ini adalah sirkuit listrik dari pedal gitar, dan saya yakin memasukkannya ke dalam vaksin covid adalah ide yang sangat bagus," lanjutnya sembari menyindir teori konspirasi tersebut.

Baca Juga: Menolak Divaksin Covid-19, Siap-siap Didenda Rp 5 Juta Khusus Bagi Warga DKI, Ini Alasannya!

Sebelumnya, misfinformasi ini menyebut bahwa Rusia berhasil menghapus nanochip dari vaksin Pfizer dan telah menerbitkan sebuah diagram fungsi.

Terus, disebutkan bahwa elemen bass dan treble berfungsi untuk mengendalikan otak penerima vaksin, selain juga kendali untuk membanjiri sistem kekebalan tubuh.

Adapun pengembangan teknologi 5G dan virus corona belakangan kerap menjadi topik favorit di kalangan para penganut teori konspirasi. Walau, gagasan ini nggak kunjung menghadirkan bukti nyata sampai saat ini.

Baca Juga: Hati-hati! Fitur 'People Nearby' di LINE, MiChat, dan Telegram Punya 4 Bahaya

Meski jelas-jelas sebuah hoaks, gambar tersebut tampak berhasil mengumpulkan banyak tanggapan lucu dari warganet.

Seorang pengguna Twitter menulis, "Ini adalah Metal Zone MT-2 Boss, dan percayalah, itu tidak menyembuhkan siapa pun dari apa pun, kecuali mungkin nada yang bagus."

Sementara, seperti melansir dari situs Guitar World, Boss baru-baru ini mengonfirmasi bahwa HM-2 Heavy Metal bakal di-reissue. Dan kemungkinan memang dalam bentuk pedal. (*)

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya