Menutup Tahun, Fiersa Besari Bakal Rilis Album Baru 20:20

Selasa, 15 Desember 2020 | 17:38

Fiersa Besari siap luncurkan empat lagu baru di album 20:20

HAI-Online.com – Setelah rehat bermusik selama hampir lebih setahun, Fiersa Besari siap mengejutkan para penggemarnya lagi dengan merilis album baru bertajuk 20:20.

Album ini merupakan album keempat pelantun "Celengan Rindu" setelah Konspirasi Alam Semesta yang dirilisnya pada 2015 lalu.

Nah, perilisan album 20:20 ini dijadwalkan untuk menutup tahun, yaitu pada Kamis (31/12/2020). Proses peluncurannya pun hanya dilakukan secara digital mengingat kondisi pandemi Covid-19 masih berlangsung hingga saat ini.

Baca Juga: .Feast Akan Bawakan EP 'Uang Muka' Perdana di This Is My Wave Concert

Album 20:20 memiliki filosofi tahun 2020 sebagai tahun perilisannya. Di sisi lain, jika 20 ditambah 20 menghasilkan angka 40, maka angka 4 menandakan album ke-4.

Album ini berisikan total 16 lagu dengan empat lagu baru dan 12 lagu lama. Empat lagu baru yang FIersa siapkan yaitu Daftar Orang Hilang, Kamu (featuring Bem Andry), Melawan Hati (featuring Prinsa Mandagie) dan Namamu.

Walaupun emlat lagu itu baru direkam, nyatanya lagu-lagu tersebut lirik dan nadanya sudah lama ditulis oleh Fiersa.

Sehingga menariknya, Fiersa dipaksa mengingat kembali barisan-barisan nada dalam ingatannya.

“Merawat ingatan memang mahal,” ujarnya dalam siaran tertulis yang HAI terima, Selasa (15/12/2020).

Cerita Lagu Baru Fiersa

Nah, divwritakan Fiersa lagu barunya yay berjudul Daftar Orang Hilang menceritakan para aktivis dan demonstran yang hilang entah ke mana.

“Dan meskipun fisik mereka tak terlihat tapi perjuangannya akan terus diwariskan. Tak akan padam walau dibungkam,” tuturnya.

Nggak cuma dinyanyikan sendiri, dua lagu baru berjudul Kamu dan Melawan Hati disiapkan dengan berduet dengan penyanyi lain.

“Kamu featuring Bem Andry. Ini yang unik. Untuk pertama kalinya saya membawakan lagu ciptaan orang lain, yaitu sahabat saya Bem Andry,” ujar Fiersa.

Tidak berhenti di situ, di lagu Melawan Hati Fiersa turut berkolaborasi dengan penyanyi Prinsa Mandagie. Lagu ini berkisah tentang seseorang yang ingin pergi dan membunuh perasaannya sendiri.

“Tapi, semakin ia melupakan justru ingatan itu semakin kuat,” terangnya.

Baca Juga: Kevin Parker 'Tame Impala' Sebut 'WAP' Sebagai Lagu yang Sempurna

Cari temen duet yang pas

Pria kelahiran 3 Maret 1984 itu turut membagikan cerita menarik ketika dirinya sibuk mencari rekan duet untuk lagu Melawan Hati.

“Nggak gampang mencari kawan yang mau featuring. Ketika pada akhirnya saya dan Prinsa Mandagie sepakat bekerja sama pun pengerjaan kontrak dan rekaman berjalan beriringan karena ngejar deadline. Haha,” kenangnya sembari tertawa.

Cerita spesial terbesit dalam salah satu lagu baru di album 20:20. Menurut Fiersa, lagunya yang berjudul Kamu, menjadi kilas sejarah perjalan cintanya dengan sang istri, Aqia Nur Fadla.

Pasalnya lagu inilah yang mengiringi perjalanannya mendapatkan sang tambatan hati.

Yang nggak kalah spesial, menurut Fiersa lagu berjudul Namamu juga punya cerita unik sendiri untuk dirinya. Di lagu ini, Fiersa merasa ada ikatan batin yang lebih personal.

“Temanya rahasia ya. Mungkin nanti bisa diresapi sambil didengarkan,” kilahnya.

Selain empat lagu baru, 12 lagu lama lainnya yaitu Cerita Rakyat, Belum Punah, Dirgahayu, Bukan Lagu Valentine, Obsesi, Terima kasih dan Maaf, Selindung, Salahkah Mengalah, Lekas Pulih, Pemeran Pengganti, Lagu Dua Kunci, dan Cerita Panjang di Hidup yang Singkat.

Fiersa mengungkapkan, lagu-lagu tersebut sudah pernah menjadi bagian dari tiga album sebelumnya atau sudah terikat dengan proyek lain semacam soundtrack.

“Jadi yang 12 ini memang awalnya dibuat karena iseng, seliweran di dunia maya, dan kayaknya sudah waktunya untuk dirapikan,” ungkap ia.

Baca Juga: 8 Tahun Vakum, Attack Attack Resmi Comeback Lewat Single 'All My Life'

Rekaman Sambil Jaga Jarak

Fiersa juga membagikan kisahnya melakukan proses rekaman di era pandemi seperti sekarang ini. Menurut ia, jika biasanya rekaman dan mixing dilakukan sendiri, untuk kali ini proses produksi diserahkan kepada gitaris Kerabat Kerja, Dikuy, di studio Wonderwall Bandung.

“Karena banyak yang harus direkam, dan saya juga nyambi mengerjakan hal lain,” kisahnya.

Masih dalam suasana pandemi, Fiersa menceritakan tetap mematuhi protokol kesehatan dengan tetap menjaga jarak dan menjaga kebersihan.

Proses rekaman di studio pun tidak dibiasakan dilakukan beramai-ramai alias menjaga jarak fisik.

“Kendalanya mungkin dari saya yang udah lama enggak nyanyi secara profesional, jadi mesti memanaskan kembali pita suara,” katanya.

Album 20:20 sendiri merupakan album pertama yang dirilis setelah Fiersa memutuskan untuk rehat sejenak dari industri musik tanah air.

Sebelumnya, Fiersa pernah merilis album berjudul 11:11 yang dirilis tahun 2012, Tempat Aku Pulang rilis 2014, dan Konspirasi Alam Semesta di tahun 2015.

Dan setahun lalu, Fiersa Besari sukses menggelar konser bertajuk “Konser Menuju Istirahat” sebagai bentuk pamitannya dengan penggemar.

Nah, dengan dirilisnya Album 20:20, Fiersa berharap masyarakat Indonesia dapat menikmati karyanya dan menantikan album-album selanjutnya. Tungguin akhir tahun ya. (*)

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya