5 Band Punk Rock Ini Bisa Dibilang Menginspirasi Lahirnya Emo, Siapa Aja Mereka?

Senin, 16 November 2020 | 16:14
Wikipedia

Fugazi

HAI-Online.com - Sejak lama, pembahasan mengenai definisi sebenarnya dari istilah emo nggak kunjung usai.

Dalam berbagai sumber, emo sendiri disebut sebagai kepanjangan dari emotional hardcore, dan merupakan turunan dari genre musik post-hardcore.

Tapi bagaimana dengan nuansa punk rock yang turut membangun musik emo? Band apa yang bertanggung jawab akan hal tersebut?

Nah, buat melanjutkan pembahasan tersebut, berikut penelaahan HAI perihal akar musik emo yang sejatinya memang 'sepupu jauh' dari punk rock.

1. Misfits

Berkaca pada style gothic rock yang diusung sejumlah band emo besar seperti My Chemical Romance dan AFI, Misfits tampak telah menaruh pondasi krusial pada imej musik emo yang kita kenal sekarang.

Imej musik Misfits, yang memadukan musik punk rock dengan vibe film horor, tampak tercermin pada musik emo 2000an, yang penuh distorsi kencang namun dengan lirik penuh fantasi.

Selain itu, dalam wawancara di kanal YouTube Narduwar Serviette, dua personil MCR, Gerard Way dan Ray Toro, mengakui bahwa band punk rock legendaris asal New Jersey tersebut merupakan panutan mereka dalam bermusik.

2. At The Drive-In

Sebelum kancah musik emo meraih puncak popularitas pada medio 2000an, terdapat sejumlah band punk rock era 90an yang mengusung mood khas emo. Salah satunya adalah At The Drive-In.

At The Drive-In sejatinya punya akar hardcore punk yang kuat dalam musiknya.

Namun, yang buat band ini mulai mulai menunjukan tendensi emo, adalah gaya vokal emosional -alih-alih lugas ala punk rock, yang selanjutnya ramai dipergunakan oleh The Used, MCR, dan band emo era 2000an lainnya.

3. Fugazi

Mungkin udah banyak yang tau, musik emo sendiri berakar dari skena post-hardcore era 80an.

Fugazi sendiri menjadi band yang menginspirasi terciptanya genre perpaduan hardcore punk dan post-punk tersebut.

Bahak, sebelum membentuk Fugazi, Ian McKaye pernah punya band bernama Embrace yang sempat dilabeli emo oleh majalah Thrasher.

Seperti mengutip NME, McKaye pun sempat menolak sebutan 'emo-core' pada bandnya oleh majalah tersebut, dan menyebutnya sebagai 'the stupidest f**ing thing I’ve ever heard'.

Baca Juga: Anaknya Slash, Robert Trujillo, dan Scott Weiland Bikin Band 'Suspect208'

4. Rites Of Spring

Lahir dari skena hardcore-punk 1980-an di Washington D.C., akar emo sering kali ditelusuri kembali ke band Rites Of Spring.

Mengutip dari NME, adalah lirik persoal Rites Of Spring yang membuat mereka disebut-sebut sebagai 'bapak' dari musik emo.

5. Sunny Day Real Estate

Memasuki dekade 90an, yang kerap disebut sebagai gelombang kedua skena emo, band post-hardcore seperti Sunny Day Real Estate disebut salah satu yang berjasa mendefinikan sound emo.

Mengutip dari NME, di era itu juga, para anak-anak muda mulai familiar sama nuansa sedih khas emo. (*)

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya