Vidi Aldiano Beri Tips untuk Pesepeda Baru dan Ajak Kamu Ikut Tantangan di Salonpas Sport Virtual Ride 2020.

Rabu, 04 November 2020 | 12:13
SSVR

Vidi Aldiano Beri Tips untuk Pesepeda Baru dan Ajak Kamu Ikut Tantangan di Salonpas Sport Virtual Ride 2020.

HAI-Online.com - Olahraga itu nggak boleh memaksakan diri, pelan-pelan aja yang penting dimulai dengan pemanasan yang tepat dan dijalani dengan fun.
Yap, itu juga yang dialami penyanyi Vidi Aldiano, saat mulai aktif bersepeda. Dia ngasih tips, rutinitas bersepeda bagi pemula itu harus dibiasakan tapi nggak sampai dipaksa gowes terlalu jauh.
“Dalam bersepeda, aku termasuk newbie ya. Cuma karena aku rutin bersepeda, skill dan staminaku lama-lama terlatih juga. Jadi memang nggak ada kata nggak mungkin sih," kata pelantun "Terambang" itu di acara peluncuran Salonpas Sport Virtual Ride 2020, Selasa (3/11) kemarin.
Baca Juga: JOOX Virtual Race: Sensasi Lomba Lari dan Sepeda Bareng Komunitas Tapi Berjarak
Biar lebih terbiasa lagi bersepeda, Vidi menyarankan untuk lebih sering melakukannya. Bergabung dengan komunitas sepeda dan kalo perlu mencari info kesehatan yanng tepat dengan ahlinya
"Untuk teman-teman yang memang ingin bersepeda, yang penting itu sering-seringlah latihan, tanya kepada yang sudah ahli tentang bagaimana pemanasan, bike fitting, sampai pencegahan cederanya," sebutnya.
Yang tak boleh dilewatkan juga, menueut Vidi mengikuti ajang lomba sepeda dapat membuat motivasi gowes semakin meningkat, karena itu ia menyarankan untuk mengikutinya.
"Sering-sering juga ikut event (Salonpas Sport Virtual Ride) seperti ini, buat mengukur kemampuan aja. Yang penting tujuannya sehat, terus bisa dapat medali!” katanya yang juga ikuttertantang untuk menyelesaikan 100 Km bersepeda di ajang tersebut.
Buat yang tertarik mengikuti tantangan bersepeda ino, ajang Salonpas Sport Virtual Ride akan berlangsung selama 17 hari, guys, yaitu dari 20 November sampai 6 Desember mendatang.
Nah, kegiatan bersepeda dengan total jarak 100km yang unik bisa dicicil dan penuh keseruan ini tetap mematuhi protokol kesehatan di masa Pandemi Covid-19 yang ditentukan oleh pemerintah daerah setempat termasuk social dan physical distancing.
Karenanya konsep pelaksanaan Salonpas Sport Virtual Ride 2020 dikemas untukmenjaga kebugaran dan daya tahan tubuh melalui bersepeda, juga untuk menghindari bersepeda secara berkelompok.
Melalui acara virtual ride, peserta tetap dapat bersepeda dengan mematuhi protokol kesehatan seperti memakai alat pelindung diri dan menjaga jarak fisik.
Baca Juga: Ini 10 Negara Paling Korup di Mata Dunia, di Asia Tenggara Bukan Indonesia
“Melalui event ini, Salonpas tak hanya menggelar acara bersepeda, tapi juga sekaligus memberi edukasi bahwa olahraga itu tidak boleh memaksakan diri. Harus melakukan pemanasan, dan selalu tahu kapan harus istirahat, serta tetap mematuhi protokol kesehatan.
"Lalu kami harap event ini juga bisa menjadi inspirasi untuk para pesepeda baru, bahwa 100km bukan hal yang tak mungkin dijalani, asal dilakukan dengan benar,” jelas Desy Setiarini, selaku Product Manager Salonpas Sport Indonesia di acara yang sama.
Mengangkat tema "Challenge Yourself to Keep Moving”, acara lomba ini didukung platform VRace dari SportHeroes. Peserta dapat mulai bersepeda dengan jarak total 100 km dalam jangka waktu tersebut di manapun, baik di dalam maupun di luar Indonesia.
Peserta Salonpas Sport Virtual Ride wajib menyelesaikan ride dengan jarak 100 km sesuai dengan kategori yang telah dipilih untuk bisa mendapatkan Finsiher Medals. Namun, kategorinya beragam. Dapat dipilih dan disesuaikan dengan kemampuan serta batasan masing-masing peserta.
Ada kategori Fun, yang mengharuskan peserta menyelesaikan perjalanan berjarak 100 km dalam 9 aktivitas bersepeda (8 kali bersepeda 10 km, dan 1 kali bersepeda 20 km).
Kemudian kategori Move, untuk perjalanan berjarak 100 km dalam 6 aktivitas bersepeda (5 kali bersepeda 15 km, dan 1 kali bersepeda 25 km).
Kategori terakhir adalah Unstoppable, jarak total 100 km yang ditempuh dalam 2 kali bersepeda 30 km dan sekali bersepeda dalam jarak 40 km.
Caranya, bagi peserta yang akan melakukannya di dalam rumah, mereka dapat menggunakan smart trainer yang terhubung dengan beragam aplikasi olahraga seperti Garmin, Suunto, Polar, RunKeeper, MapMyRun, Ride, Walk maupun UnderArmour.
Baca Juga: PUBG Mobile Resmi Nggak Bisa Diakses India, Penyebabnya Konflik dengan Tiongkok
Dari sisi kesehatan olahraga, konsep multi kategori dalam kegiatan bersepeda ini memang sudah sangat tepat. Terlebih ketika para pesertanya terbuka dari berbagai usia dan kemampuan.
“Intinya, kenali kemampuan diri. Tak kenal diri sendiri itu pangkal cedera. Langkah pertama inilah yang dapat dilakukan para peserta Salonpas Sport Virtual Ride dalam pemilihan kategori riding. Pilihlah kategori yang sesuai dengan kemampuan kita.
"Jangan lupa, set up sepeda yang baik, melakukan teknik bersepeda yang benar, jaga fleksibilitas dan mobiliitas sendi dan alat gerak, serta tahu kapan harus istirahat.
"Oh ya, kita harus melatih diri kita dengan bijaksana, bukan melatih diri dengan keras dan sekencang-kencangnya, karena justru akan memicu terjadinya cedera. Train smart, not hard,” papar dr. Sophia Hage, SpKO, yang terkenal sebagai dokter kesehatan olahraga.
Buat yang tetantany, pendaftaran sudah dibuka dan akan ditutup pada 6 November 2020.
Peserta yang ingin mengikuti kegiatan ini, dapat melakukan pendaftaran di https://salonpasletsmove.com/virtual-ride dengan biaya Rp250.000,00. Selamat gowes challenge guys. (*)

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya