Liburan Tipis-tipis di Jakarta, Ada 5 Pilihan Tempat Piknik di Ibu Kota Cocok untuk Akhir Pekan

Minggu, 01 November 2020 | 12:17
(twinhouse.co.id)

Twin House Cipete, Jakarta Selatan

HAI-Online.com -Piknik merupakan salah satu aktivitas yang kini hits lagi pada masa pandemi Covid-19.

Piknik bisa jadi jalan keluar bagi yang ingin berlibur dengan nuansa alam terbuka, tapi dalam kurun waktu yang singkat.

Untuk lo yang tinggal di Jakarta dan sekitarnya, ada sejumlah tempat piknik yang bisa jadi pilihan.

Baca Juga: Baru Sembuh dari Covid-19, Cristiano Ronaldo Langsung Disurruh Main JuventusBerikut rekomendasi lima tempat untuk piknik di Jakarta yang sudah dirangkumKompas.com:

1. Hutan Kota GBK (Gelora Bung Karno)

(KOMPAS.COM/ RINDI NURIS VELAROSDELA)

Fasilitas kolam trembesi di hutan kota, GBK dibangun dengan dilengkapi air terjun mini serta bebatuan berukuran kecil dan sedang. Foto diambil Rabu (2/1/2019).

Hutan Kota GBK merupakan lahan seluas 4,6 hektar yang dulunya adalah lapangan golf Driving Range kini ditata sedemikian rupa menjadi ruang terbuka hijau.

Lahan hijau ini GBK ini dihiasi dengan pohon-pohon dan juga panorama gedung-gedung tinggi, dan tempat ini digadang-gadang mirip dengan Central Park yang ada di New York.

Hutan Kota GBK cocok untuk menghabiskan waktu piknik bersama keluarga atau pun teman, dengan menggelar tikar dan beberapa makanan.Hutan Kota GBK juga dilengkapi dengan fasilitas seperti kios, pos keamanan, taman amphiteater, kolam trembesi, plaza utama, ruang ganti, toilet, tong sampah, dan lainnya.

Kolam trembesi sangat unik dan cantik dengan dilengkapi air terjun mini beserta bebatuan yang menghiasi.

Untuk menikmati suasana dan berkumpul bersama orang tersayang di Hutan Kota GBK, pengunjung nggak dipungut biaya alias gratis namun kalo bawa kendaraan bakal dikenai tarif parkir GBK.

Baca Juga: Bukan Cuma Khabib Nurmagomedov, Warga Medan pun Ikut Injak Poster Presiden Prancis Emmanuel Macron2. Taman Suropati

(ajourneybespoke.com/Nita Strudwick)

Taman Suropati di Jakarta Pusat.

Berada di kawasan Menteng, Taman Suropati yang asri hadir dengan pepohonan yang rimbun dan suasana yang menyejukkan.

Taman ini terletak di Jalan Taman Suropati nomor 5 RT.05/RW.05, Menteng, Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat.

Taman Suropati dilengkapi dengan 6 buah patung hasilkarya pematung ASEAN seperti Patung Harmony, Patung Rebirth, Patung Fraternity, Patung Peace Harmony& One, Patung Peace, dan Patung The Spirit of Asean.

Baca Juga: Ini Mengapa Menulis Diary Bisa Jadi Cara Efektif Buat Atasi Kecemasan

Pengunjung yang datang di hari minggu, juga bisa menikmati alunan musik dari biola yang dimainkan oleh para anggota komunitas Taman Suropati Chamber.

Taman Suropati cocok untuk piknik bersama keluarga atau pun dengan teman, merasakan suasana yang asri dan bersih juga kegiatan-kegiatan yang biasanya dilakukan di taman ini seperti komunitas seni.

Fasilitas yang tersedia di Taman Suropati seperti WiFi gratis, track refleksi, bangku-bangku taman, pedagang makanan di sekitar taman, peta taman, tong sampah, dan kolam dengan pancuran air.3. Twin House Cipete

(twinhouse.co.id)

Twin House Cipete, Jakarta Selatan

Twin House Cipete terletak di Jalan Cipete Raya nomor 4B, RT08/RW.04, Cipete Selatan, Kecamatan Cilandak, Jakarta Selatan.

Twin House Cipete merupakan kafe yang mengusung konsep rumahan dengan gaya vintage dengan desain interior yang modern.

Bukan cuman sekedar dalam ruangan, Twin House Cipete juga menyediakan ruangan terbuka dengan rerumputan hijau lengkap dengan pepohonan rindang.

Tempat ini menyediakan peralatan untuk piknik, cocok banget untuk piknik dalam kota bersama keluarga atau sahabat dan nggak perlu repot membawa barang keperluan dan makanan.Peralatan piknik yang disediakan seperti alas tikar, bantal, meja kecil, sampai area permainan anak. Menu makanan di Twin House Cipete, harga berkisar Rp 45.000 sampai Rp 90.000.

Twin House Cipete beroperasi setiap hari, selama masa pandemi mulai dari jam 10.00 sampai jam 22.00 pada weekday dan mulai dari jam 07.00 sampai jam 23.00 pada weekend.4. Coffee Dia

(instagram.com/tanwanda)

Coffee Dia Tanjung Duren, Jakarta Barat

Coffee Dia terletak di Jalan Tanjung Duren Utara V nomor 246 RT.06/RW.03, Tanjung Duren Utara, Jakarta Barat.

Coffee Dia mengusung konsep vintage dengan memiliki bangunan yang terlihat seperti nggak terawat dengan kesan rumah tahun 80an dengan batu bata yang tersusun namun justru menarik.

Tempat ini menawarkan halaman outdoor yang luas untuk piknik yang dilengkapi dengan meja-meja juga dihiasi dengan properti seperti keranjang dan bunga.

Untuk memberikan kenyamanan dengan kesan rumahan juga diputarkan musik modern dengan speaker untuk menemani kunjungan pengunjung sembari menyantap hidangan.

Makanan dan minuman yang disajikan juga nikmat, dan uniknya juga terdapat menu vegan yang cocok bila kamu seorang vegan.

Baca Juga: Bukan Cuma Khabib Nurmagomedov, Warga Medan pun Ikut Injak Poster Presiden Prancis Emmanuel Macron

Operasional Coffee Dia dibuka setiap hari dimulai dari jam 10.00 sampai jam 18.00 pada Senin – Jumat, dan jam 09.00 sampai jam 19.00 pada Sabtu – Minggu.5. Gordi HQ

(instagram.com/gordi.id)

Gordi HQ, Jakarta Selatan

Gordi HQ terletak di Jalan Jeruk Purut Dalam nomor 25 RT.06/RW.03, Cilandak Timur, Kecamatan Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Gordi HQ merupakan coffee shop mengusung konsep indoor dan outdoor dengan rerumputan hijau yang cocok banget buat piknik dengan disediakan tikar dan meja.

Coffee shop ini menyajikan kopi Indonesia dan fresh sangat cocok untuk para pecinta kopi bersantai sembari menikmati secangkir kopi.

Fasilitas yang tersedia di Gordi HQ seperti WiFi gratis, smoking area, colokan listrik, mushola, dan toilet.

Menu di Gordi HQ punya harga yang cukup terjangkau, berkisar dari Rp 20.000an sampai Rp 60.000an. Gordi HQ dengan harga yang cukup terjangkau ini, beroperasi setiap hari mulai dari jam 07.30 sampai jam 19.30.

Jika lokasi-lokasi berikut terpantau padat, sebaiknya hindari keramaian dan pilih lokasi yang lain yang lebih aman. (*)Artikel ini telah tayang diKompas.comdengan judul "Pilihan 5 Tempat Piknik di Jakarta, Cocok untuk Akhir Pekan"

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya