Video Klip Via Vallen Plagiat IU Sudah Dihapus dari Youtube, Ini Fakta-faktanya!

Minggu, 25 Oktober 2020 | 19:51

Video Klip Via Vallen Mirip IU Dihapus dari Youtube, Ini Fakta-faktanya!

HAI-Online.com-Penggemar Kpop dibuat heboh dengan kabar dari Korea Selatan yang ramai membahas penyanyi Indonesia yang meniru konsep video musik IU "Above The Time".
Rupanya, video musik milik Via Vallen berjudul "Kasih Dengarkanlah Aku" disebut menjiplak karya video musik milik IU, "Above The Time".

Dari komentar pedas yang akhirnya masuk, kontroversi video klip itu direspons oleh pihak manajemen, sampai akhirnya pada Sabtu (24/10/2020) pihak YouTube memutuskan untuk menurunkan video musik tersebut.

KBaca Juga: Alasan Kenapa Celana Dalam cowok Dijual dalam Kotak Sementara CD Cewek Berserakan, Ternyata Psikologi Belanja!

Berikut fakta-fakta di balik tudingan penjiplakan yang dilalukan Via Vallen tersebut.

Fans K-Pop kritik tajam Via Vallen

Kolom komentar video "Kasih Dengarkanlah Aku" milik Via Vallen yang disebut menjiplak video IU "Above The Time" akhirnya dibanjiri kritikan pedas.

"Plagiat mv (music video) mbak IU ya," tulis salah satu akun di YouTube.

"Mengambil insipirasi dari karya artis lain boleh saja, tetapi menjiplaknya adalah tidak menghormati artis tersebut dan tim yang bersusah payah membuatnya," kata warganet lain dalam bahasa Inggris dikutip HAI dari Kompas.com.

UAENA Marah

Penggemar IU, UAENA, di Indonesia menggelontorkan kemarahan dan geram pada tim Via Vallen. Mereka meminta pertanggungjawaban dari pihak manajemen dan semua yang terlibat atas pembuatan video tiruan itu.

"Lihat musik video Via Vallen sumpah kesal, bukan berarti aku tidak cinta produk lokal, tetapi itu plagiat, nggak baik, tidak patut dihargai! Benar-benar sepersis itu music videonya, nggak ngehargai original director-nya lho," tulis akun Twitter @marrgimbap_.

"Teruntuk pihak music video Via Vallen, tolong segera ambil sikap tentang masalah plagiat music video IU, mumpung ini masalah belum sampai ke luar dan jadi semakin besar, enggak bagus untuk artis kalian," tulis akun Twitter @Ming12306735176.

Baca Juga: Kafe Terselubung di Belakang Rumah Kos-Kosan, Masuk Gang Sempit Hingga Motor Harus Dituntun

Manajemen angkat bicara

Ascada Musik, sebagai pihak manajemen, melalui kolom komentar video klip "Kasih Dengarkanlah Aku", mengaku tidak tahu menahu perihal penjiplakan.

Manajemen mengaku hanya menerima konsep atau ide yang ditawarkan sutradara, Chris Sinyal.

"Bahwa pihak management, menerima seluruh konsep/ide video klip yang ditawarkan oleh pihak sutradara," tulis manajemen.

Manajemen menyatakan penyanyi lagu "Kasih Dengarkanlah Aku", yakni VVdan Dyrga Dadali, hanya menjalankan tugasnya sebagai penyanyi.

Seluruh aktivitas di video musik itu diarahkan oleh sutradara.

"Kedua artis tersebut tidak turut serta berperan dalam menentukan konsep ide video klip," kata Ascada Musik.

Dyrga Dadali Pencipta Lagu Ikut Dihujat

Dyrga Dadali sempat mengutarakan kekecewaannya lewat akun Instagramnya @yudadadali pada Sabtu (24/10/2020) lalu usai video klip lagu ciptaannya dihapus dari Youtube.

Dia bilang netizen Indonesia yang melaporkan video klip itu tak menghargai produk lokal dan lebih mencintai produk luar negeri.

"Akhirnya video klip trending di takedown gua bingung mereka begitu militan bela artis luar negeri, miris banget, sedih, campur aduk, sudah mau tahun 2021 masih aja cinta produk luar," tulis Yuda Dadali sebagai captionnya.

Baca Juga: Driver Ojol Gunakan Helm Iron Man Canggih, Ada Masker dan Tombol Otomatis Bukanya!

Disebut demikian, Yuda Dadali malah kena hujatan keras yang bertubi-tubi.

Tak lama, ia pun memposting info terbaru soal akan seratus persen membuat video klip yang baru yang datang dari idenya sendiri.

""Kasih dengarkanlah aku" semangat bikin v klip terbaru, mungkin saya sendiri yang akan buat konsepnya, agar tidak menyamai dengan v klip orang lain, padahal saya pribadi nggak suka dengan v klip kemaren yg sudah di-takedown, sehingga banyak#kpoperstidak terima v klip orang luar negeri itu sama konsepnya, padahal saya tidak terlibat dalam pembuatan v klip itu.

"Saya maklum anak2 milenial jaman now memang seperti itu, mungkin banyak dari mereka mengira saya yang membuat, padahal saya hanya pencipta lagunya, sehingga banyak yg menghujat saya, tapi saya terima dengan ikhlas dan saya sudah maafkan dalam hati yg paling dalam...," ujarnya menelan ludah sendiri.

Via Vallen malu

Sementara itu lebih awal lagi, melalui unggahan Insta Story Instagram-nya, Via Vallen malah sudah mengakui bahwa video klip "Kasih Dengarkanlah Aku" sangat mirip dengan video musik IUyang berjudul "Above The Time".

Via Vallen menegaskan, dugaan plagiatini sama sekali tidak ada unsur kesengajaan dari dirinya sendiri.

Menurut Via, ia bukan penggemar Kpop sehingga tidak banyak tahu tentang video musik IU yang dimaksud.

"Aku minta maaf soal musik video terbaru aku yang ternyata memang muiripp banget sama music video IU," tulis Via Vallen.

Jujur, aku MALU banget pas tahu. Aku bakal minta videonya buat di-take down," ujar Via Vallenyang bilang akan segera mengganti jika tahu sejak awal konsepnya begitu mirip.

Baca Juga: Review Story of Kale: Bikin Lebih Aware Sama Hubungan Percintaan

Meminta maaf

Terkait permasalahan dugaan copasini, Via Vallen meminta maaf kepada para penggemar IU, UAENA, dan berbagai pihak yang merasa dirugikan.

"Aku minta maaf soal music video terbaru aku yang ternyata memang muiripp banget sama music video IU," tulis Via Vallen.

"Sekali lagi, dari lubuk hati yang paling dalam, aku mohon maaf yang sebesar-besarnya," tulis Via Vallen yang mengaku hanya tahu video musik BLACKPINK.

Kini video tersebut telah dihapus dari pertontonan YouTube. (*)

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya