Bukan tanpa sebab, inisiatif ini dilakukan pihak Blibli. MenurutStephanie Santoso selaku Vice President (VP) of Business Development Blibli, program iniditujukan untuk mengedukasi karyawan dan mengajak pelanggan Blibli untuk mulai menjalankan gaya hidup peduli lingkungan demi mendukung kelangsungan lingkungan hidup Indonesia yang sehat dan bersih.
Karena itu, pada halaman khusus #BlibliCintaBumi terdapat kurasi produk ramah lingkungan yang terdiri dari beberapa produk dari kategoriGaleri Indonesia, Home & Living, Kesehatan dan Kecantikan, Fashion Wanita, Fashion Pria, Olahraga & Aktivitas Ruang, dan kategori Ibu & Anak.
"Tujuan Blibli menyediakan halaman khusus dan kurasi produk #BlibliCintaBumi ini adalah untuk mengajak pelanggan turut bergabung dalam gerakan mewujudkan Indonesia bebas polusi plastik pada tahun 2050," ucapnya dalam siaran teryulis yang HAI terima, Kamis (24/9/2020).
Baca Juga: Yuk Buang Sampah Kemasan di Dropbox Ini Biar Nggak Jadi Orang Indonesia Mubazir 2030
Selainmemudahkan pelanggan memilih produk ramah lingkungan, program ini juga melibatkan rekanan penjual untuk tidak sembarang mengemas barang belanjaan, biar sama-sama ikut menjalankan kampanye cinta bumi ini.
"Kami juga mengajak para mitra seller untuk lebih peduli terhadap lingkungan dandapat memproduksi produk-produk yang ramah lingkungan ke depannya," terangnya lagi.
Karenanya, Blibli juga mengajak karyawannya untuk mengumpulkan dan mengembalikan kardus bekas kemasan untuk digunakan kembali atau didaur ulang.
Dalam penjelasan Stephanie, kardus-kardus bekas kemasan tidak langsung dibuang begitu saja, namun dapat diberikan pelanggan ke Blibli melaluikurir BES (Blibli Express Service)pada saat mereka mengantar barang pesanan ke pelanggan atau bisa juga melalui#BlibliCintaBumiCollection Boxesyang tersebar di berbagai titik lokasi Jabodetabek.
Kemudian, kardus bekas yang telah dikumpulkan itu, akan dikelola oleh Blibli untuk selanjutnya didaur ulang menjadifiller materialyang dapat dijadikan sebagai bahan pengganti plastikbubble wrapuntuk membungkus produk-produk yang dibeli di Blibli.
Pelanggan yang juga ingin melakukandrop offlangsung dari kardus-kardus bekas Blibli, dapat menemukan #BlibliCintaBumiCollection Boxespada beberapa titik di Jakarta di antaranya, Gedung Sarana Jaya - Jakarta Pusat, KS Tubun - Jakarta Barat, Cawang - Jakarta Timur, WTC Mangga Dua - Jakarta Utara, dan Serpong - Tangerang.
Sejak diluncurkan inisiatif #BlibliCintaBumi, Blibli melihat respon yang sangat positif dari pelanggan dalam berkontribusi pada kampanye tersebut.
Tercatat hingga saat ini sudahlebih dari5000pelanggandari beberapa daerah di Jabodetabek yang turut berpartisipasi dalam mengumpulkan kardus bekas Blibli yang diberikan melalui kurir BES.
Baca Juga: Elon Musk Beri Pinjam Pesawat Luar Angkasa untuk Syuting Film Tom Cruise
Melihat antusiasme masyarakat pada kampanye ini, Blibli akan terus mengembangkan inisiatif ini kedepannya agar dapat bermanfaat untuk semua pihak.
Lebih lanjut Stephanie menambahkan bahwa Blibli tidak hanya mendorong keinginan pelanggan untuk berkontribusi. Karyawan Blibli juga diajak untuk berperan besar dalam kampanye #BlibliCintaBumi bukan hanya dalam mengumpulkan kardus bekas Blibli, tapi juga menumbuhkan kepedulian terhadap lingkungan bekerja.
“Sebagai contoh, kami menyediakan tanaman-tanaman pada beberapa titik di area kantor Blibli untuk dapat dirawat oleh para karyawan Blibli.
"Kami juga mengajak karyawan untuk memiliki prilaku yang lebih peduli pada penggunaan energi secukupnya!. Diantaranyamenempelkan stiker “matikan lampu” di setiap sakelar di area bekerja karyawan Blibli," tukas Stephanie lagi. (*)