Belajar Mutilasi dari Medsos, Tersangka Pembunuhan di Kalibata Laeli Atik Ternyata Lulusan UI

Sabtu, 19 September 2020 | 13:05
tribunnews.com

Laeli Atik Supriyatin belajar dari medsos sebelum mutilasi HRD Rinaldi Harley Wismanu menjadi 11 bagian

HAI-Online.com - Terungkap siapa sosok Laeli Atik Supriyatin, pelaku pembunuhan dan mutilasi terhadap Rinaldi Harley Wismanu (32).

Ternyata Laeli Atikbukanlah orang biasa. Dirinyadikenal cerdas, berprestasi, hingga merupakan lulusan sebuah kampus terbaik di Indonesia.

Seperti yang diketahui, Laeli Atikalias LAS dan Fajri alias DAF, ditetapkan sebagai tersangka pembunuhan dan mutilasi di Kalibata. Mereka berdua menghabisi nyawa Rinaldi Harley Wismanudengan sadis.

Sebelumnya warga digegerkan dengan penemuan mayat seorang pria di apartemen Kalibata City. Jasad korban ditemukan pada Rabu (16/9/2020) lalu.

Saat ditemukan, kondisi jasadnya sudah mengeluarkan bau tak sedap. Setelah melalui penyelidikan, korban diketahui bernama Rinaldi Harley Wismanu (32).

Baca Juga: Kenal dari Tinder, Korban Mutilasi di Kalibata Dikencani Sekali dan Dikuras Hartanya

Jumat (18/9/2020) Laeli Atikdan Fajri menjalani rekonstruksi pembunuhan dan mutilasiyang mereka lakukan terhadap manajer HRD tersebut.

Rupanya sebelum memutilasi jasad Rinaldi, Fajri danLaeliAtikmempelajari cara memotong bagian tubuh manusia melalui video di media sosial.

Selepas mempelajari cara memutilasi, Laeli danFajrilangsung berburu beberapa alat dan perlengkapan sebelum melakukan aksi bejatnya kepadaRinaldi.

Sebelumnya diwartakan, kasuspembunuhandanmutilasiseorang manajerHRDmenggemparkan khalayak.

Hal itu bermula saat sesosok mayat laki-laki ditemukan di salah satu kamar lantai 16 Tower EbonyApartemenKalibataCity, Pancoran, Jakarta pada Rabu (16/9/2020) malam.

Saat ditemukan, jasad korban dalam keadaan nggak utuh alias dimutilasi. Penemuan jasad tersebut bermula saat anggota dari Polda Metro Jaya menangkap seseorang di Kawasan Depok, Jawa Barat.

Baca Juga: Dua Mahasiswi Tewas Setelah Tidur di Dalam Mobil Berhenti Kondisi Mesin dan AC Nyala

Penangkapan tersebut berkaitan dengan adanya laporan orang hilang di Polda Metro Jaya, beberapa waktu lalu. Hingga akhirnya, satu demi satu fakta soal kasus pembunuhan danmutilasi RinaldiHarley Wismanu(32) akhirnya terkuak.

Pun dengan tabiat keji dua pelaku pembunuhan dan mutilasi, DAF (26) dan LAS (27). Terungkap fakta kalo dua pasangan kekasih itu tega memutilasi jasad Rinaldimenjadi 11 bagian menggunakan gergaji.

Fakta baru kasuspembunuhandan mutilasi Rinaldi belakangan kembali terungkap.

Kombes PolTubagusAdeHidayat, Dirkrimum Polda Metro Jaya menjelaskan detik-detik sebelum FajridanLaeliAtikmemutilasi jasadRinaldi.

Dikutip dari wawancara Kompas TV,TubagusAde Hidayat menyebut bahwaFajridanLaeliAtikterlebih dulu belajar cara memutilasi dari video di media sosial.

Hal tersebut yang mendasari keduatersangkanekat dan berani melakukanmutilasikepada jasadRinaldi.

"Dari mana Dia (Laeli Atik danFajri) mempelajari caramutilasi? Ini dilakukan dengan mempelajari di media sosial, salah satu video di media sosial. Sehingga dia melakukanmutilasiitu mendasari kepada video-video di media sosial," pungkas TubagusAdeHidayat.

Selepas mempelajari videomutilasidi media sosial, FajridanLaeliAtikpun bergerak untuk mencari dan membeli peralatan untuk kebutuhanmutilasi.

Termasuk di dalam perlengkapan itu adalah golok dan gergaji.

"Setelah dia mempelajari caramutilasi, barulah dia belanja alat-alat yang dibutuhkan pelaku untuk pelaksanaanmutilasitersebut," sambungnya.

Menurut keteranganTubagusAdeHidayat, serangkaian prosesmutilasiitu dilakukan berdua yakni olehFajridanLaeliAtik.

Namun pada pelaksanaannya,Fajrilah yang lebih dominan memotong bagian tubuh Rinaldiketimbang LaeliAtik.

Baca Juga: Kenal dari Tinder, Korban Mutilasi di Kalibata Dikencani Sekali dan Dikuras Hartanya

Tersangka Wanita MutilasiRinaldi,LaeliAtikDikenal Cerdas

Aksi keji duatersangkayakni membunuh dan memutilasiRinaldimenyita perhatian pihak kepolisian.

Namun ada hal yang paling disorot pihak kepolisian, yakni sosoktersangkawanita di kasuspembunuhandanmutilasiRinaldiHarleyWismanu.

Polisi mengatakan kalo LaeliAtik,tersangkamutilasiRinaldiadalah sosok yang dikenal cerdas.

"Ada sisi menarik khususnyatersangkawanita. Kalau dilihat dari tingkat kecerdasan intelektualnya, itu merupakan orang yang cukup cerdas," pungkasTubagusAdeHidayatdalam wawancara di kanal iNews TV, Jumat (18/9/2020).

KecerdasanLaeliAtikitu terlihat dari latar belakang yang dia punya. Laeli Atik adalah salah satu lulusan sarjana MIPA di Universitas Indonesia.

"Terbukti dia salah satu sarjana lulusan MIPA di universitas terkemuka di Indonesia ini," ujar Tubagus.

Selain itu,LaeliAtikjuga pernah jadi guru privat yang mengajar banyak murid.

"Kemudian pekerjaan selanjutnya dia sempat memberikan pelajaran atau jadi guru les atau privat di beberapa orang karena kemampuannya," kataTubagusAdeHidayat.

Bukan cuma cerdas,LaeliAtikjuga ternyata punyaprestasimentereng. Tersangka wanita kasuspembunuhandanmutilasiitu pernah menjadi peserta olimpiade mewakili SMA-nya.

"Dia termasuk orang yang berprestasi. Sebelum peristiwa ini, dia merupakan salah satu peserta olimpiade di tingkat SMA nya," pungkasTubagusAde Hidayat.

Ketidaksinambungan antaraprestasidan aksi bejatLaeliAtikdiduga karena adanya pengaruh dari tuntutan hidup serta media sosial.

"Ini memang kaitan dengan kehidupan perkotaan dan mungkin pengaruh social media, mengubah karakter seseorang sampai fakta yang kita temukan," imbuh Tubagus.

SosokLaeliAtik

Laeli Atik Supriyatin adalah salah satutersangka yang menjadi dalang di balikpembunuhanHRD RinaldiHarleyWismanu.

Bersama sang kekasih,Fajri, Laeli tega untuk melakukan pembunuhan dan mutilasi ke Rinaldi, pria yang dikenalnya lewat Tinder.

Sosok Laeli sebagai wanita di balikpembunuhan kejiRinaldibelakangan terkuak. Wanita berusia 27 tahun itu berasal dari Jawa Tengah. Hal tersebut sesuai dengan identitasnya yang tertera di KTP.

Handik mengatakan karena desakan ekonomi, keduanya akhirnya berupaya menguasai harta korbanRinaldi, dengan membunuh dan memutilasinya.

Nggak cuma kehidupannya di masa kini yang terkuak. SosokLaeliAtikdi masa lalu juga ikut terungkap.

Ditelusuri TribunnewsBogor.com,LaeliAtikkabarnya adalah alumni Universitas Indonesia.

Laeli Atik kabarnya berkuliah di UI jurusan Geografi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Selain itu, tulisan Laeli Atik di blog yang ia miliki juga ikut jadi bahan omongan publik.

PembunuhHRDRinaldiitu rupanya adalah sosok yang gemar menulis. Hal itu terlihat dari hasil tulisannya di blog laeliatik.wordpress.com. Melalui tulisannya itu, Laeli tampak mencurahkan isi hatinya.

Termasuk perihal kehidupan dan persoalan hidup yang tengah dihadapiLaeliAtikdi masa lalu. (*)Artikel ini telah tayang diTribunnews.comdengan judul Jadi Tersangka Mutilasi Rinaldi, Laeli Atik Lulusan Kampus Terbaik, Belajar Mutilasi dari Medsos,

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya