5 Jurus Komunikasi Lancar untuk Pelaku Bisnis UMKM Biar Makin Dekat Sukses

Rabu, 12 Agustus 2020 | 11:20
metamorworks/iStock

Pandemi COVID-19 membuat bisnis aneka perusahaan terganggu, termasuk UKM. Namun, berbagai UKM di Asia meyakini bahwa bisnis mereka akan selamat dari pandemi COVID-19, bahkan bertumbuh, apabila menempuh sejumlah langkah seperti mengadopsi teknologi digital, termasuk rapat daring.

HAI-Online.com- Mau bangkitkan ekonomi di masa pandemi Covid-19? Udah saatnya nggak cuma diem di rumah aja, para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) juga harus meningkatkan skill bisnisnya.

Nah, selaib sudah harus mulai beradaptasi untuk men-digitalisasi bisnis yang dijalankan, sebaiknya perbaiki juga pemasaran online dan sekaligus adaptasi pembayaran elektronik, namun satu hal yang jangan dilupakan adalah memperbaiki cara berkomunikasi dengan pegawai agar lebih efektif lagi untuk meningkatkan produktivitas.

Menyadari pentingnya digitalisasi UMKM, Joey Lim, VP Lark Commercial Asia turut berpendapat bahwa dengan kebiasaan memanfaatkanplatformkomunikasi yang terintegrasi, maka pelaku UMKM pun akan mendapatkan manfaat dengan meningkatnya efisiensi dan produktivitas para pegawai.

Baca Juga: Instagram Punya Stiker 'Pesanan Makanan' di Stories, Bagus Banget Untuk Kamu yang Bisnis Kuliner

"Dengan masih diberlakukannya pembatasan bepergian, pelaku usaha - termasuk UMKM - diharuskan untuk bisa beradaptasi dan terbiasa dengan komunikasi jarak jauh, yang sebelumnya seringkali dilakukan melalui tatap muka. Teknologi dan produk komunikasi berbasis digital membantu kita untuk bisa tetap melakukan pekerjaan dengan lebih efisien dari segi waktu dancost," ungkap Joey Lim dalam siaran tertulisnya.

Joey menyebut bahwa Lark sebagaitooldigital yang mampu mengintegrasikan berbagai fitur utama komunikasi dan kolaborasi tim memiliki 5 manfaat yang perlu diketahui oleh para pelaku UMKM agar kolaborasi tim bisa lebih efisien dan meningkatkan produktivitas.

1. Selalu terhubung dengan tim

Komunikasi yang dibangun secara terus menerus akan mempererat hubungan antar pegawai.

Dengan interaksi fisik yang dibatasi seperti saat ini, fiturmessengeratauchatmenjadi sangat penting.

Nah salah satu manfaat dari fiturmessenger di Lark dapat memaksimalkan komunikasi antar anggota dalam grup.

Baca Juga: Nggak Cuma Bisa Kirim e-Mail, Lark Mail Punya Fitur Komunikasi yang Bikin Kerjaan Lancar

Satu grup di Lark bisa menampung sampai dengan 5.000 anggota - jadi apabila kamu sedang mempersiapkan ekspansi bisnis di kemudian hari, udah nggak perlu lagi bikin grup baru.

Messengerdi Lark diperlengkapi dengan fiturunlimited searchable chat history,jadi nggak perlu khawatir kalo kamu merupakan anggota baru dalam grup, tetap bisa mendapatkan informasi dari diskusi sebelumnya di grup tersebut.

2. Koordinasi virtual

Saat ini, kebanyakan pelaku bisnis sudah mulai beradapatasi dengan menggunakanvideo callsebagai pengganti dari pertemuan fisik.

Fiturvideo callingdi Lark ini gratis, dan bisa menampung sampai dengan 100 peserta, tanpa dibatasi durasi.

Jadi, diskusi soal pekerjaan bisa dilaksanakan tanpa batas dan bisa tetap berkomunikasi dengan lancar.

3. Mempersiapkan rencana dan strategi pemasaran jarak jauh secara bersama

Selain memanfaatkan pasar daring, pelaku UMKM juga diharapkan memiliki strategi bisnis - baik itu pemasaran, penjualan, atau konsep untuk produk baru - yang berkelanjutan untuk memastikan bisnis tetap bisa berjalan dengan lancar.

Dengan fitursharing docsyang dimiliki oleh Lark, penyusunan strategi bisnis maupun marketing bisa dilakukan bersama-sama secarareal-timedan mudah. Terlebih lagi dengan ruang penyimpanan cloudsampai dengan 200GB yang bisa dinikmati secara gratis.

4. Pastikan tidak ada pekerjaan yang terlewat

Disiplin soal waktu menjadi salah satu kebiasaan penting yang perlu dimiliki oleh setiap pengusaha. Agar tiapgoalbisa tercapai tepat waktu, fitur kalender di Lark juga bisa berfungsi sebagai reminder.

Kamu jadibisa dengan mudah menentukan waktudeadlinebaik untuk diri kamu sendiri, maupun tim. Dengan demikian, akan lebih mudah untuk memastikan pekerjaan kamu nggak ada yang terlewat.

5. Sinkronisasikan surat elektronik dengan mudah

Asosiasi Pengguna Jasa Internet tahun 2016 menyebutkan setidaknya ada 100 juta penggunaemaildi Indonesia.

Hal ini menunjukkan surat elektronik masih menjadi komponen penting dalam komunikasi profesional.

FiturLark Mailini baru saja diluncurkan awal Agustus 2020 yang lalu,sehingga bisa memudahkan koordinasi pekerjaan secara keseluruhan dalam satuplatform -Lark.

Pengguna juga dapat menautkan akun Gmail mereka dengan Lark untuk menikmati integrasi tanpa batas antaraemail,messenger, dandrive. Terlebih lagi, hadirnya fitur ini juga dilengkapi dengan kapasitas email sampai dengan 500GB tanpa dipungut biaya apapun.

"Setiap fitur yang Lark hadirkan untuk pengguna memang dirancang dengan satu tujuan, yakni memudahkan kolaborasi tim. Dengan kolaborasi dan komunikasi tim yang baik dan efisien, maka produktivitas juga akan meningkat - yang juga akan berdampak pada peningkatan pendapatan usaha dan bisnis kita," tutup Joey Lim. (*)

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya