Review Nokia 5.3: Kembalinya Nokia dengan Budget Phone Terbaik!

Senin, 10 Agustus 2020 | 15:58
Dok. HAI

Nokia 5.3

HAI-Online.com - Denger lagi nama Nokia, pasti yang terpartri dalam ingatan kita ialah Windows Phone atau ponsel jadul yang lebih kuat dari keramik. Setelah bisa dibilang nggak berhasil bersaing dengan Android dan Apple menggunakan Windows, kini Nokia kembali hadir ke persaingan smartphone dan bersekongkol dengan Android. Kenalin nih, Nokia 5.3. Smartphone budget harga menengah ini hadir dengan konsep yang simpel dan ringan.

Baca Juga: Mendikbud Bagikan Kuota Gratis untuk Kuliah Online Bagi Mahasiswa Berprestasi dan Tidak MampuMulai dari bagian luar. Nokia 5.3 dibalut warna polos, tekstur matte, dan berbahan plastik atau bahasa kerennya Polycarbonate yang bikin kesan simpelnya dapet banget.Bagian dalemnya juga menggunakan Android Stock tanpa balutan tema atau segala jenisnya bawaan pabrik. Begini nih yang HAI suka, sob. Pasalnya, android stock itu nggak hanya bikin ponsel lebih ringan, tapi juga keliatan lebih simpel. Layaknya deretan Google Pixel aja. Light and simple. Masuk ke sektor kamera, ada empat jenis lensa yang tersedia tapi cuma dua yang sering digunakan.

Baca Juga: Musisi Berkarya Saat Pandemi, Nikmati 5 Konser Virtual dari Rumah di Bulan Agustus Ini

Dok. HAI

Nokia 5.3

Pertama lensa wide 13MP, ultrawide 5MP, macro 2MP dan depth sensor 2MP. Sejujurnya ya, HAI bertanya-tanya mau sampai kapan vendor-vendor ponsel tuh sadar kalau mereka itu nggak perlu nambah budget untuk bikin lensa macro karena jarang banget digunakan dan kualitasnya pun medioker banget. Nggak terkecuali Nokia 5.3 ini. Padahal ya, Nokia bisa aja menghilangkan kamera makro dan fokus hanya ke satu atau dua lensa tapi dengan kualitas yang bisa jadi pertimbangan di persaingan ponsel budget. Tapi HAI nggak bilang kamera Nokia 5.3 jelek kok. Bagus, tapi bagus yang semestinya. Bukan yang "Waaah" banget gitu deh. Begini nih kira-kira hasil fotonya:

Fahmi Bagas
Fahmi Bagas/NexTren

Hasil foto kamera utama Nokia 5.3

Fahmi Bagas
Fahmi Bagas/NexTren

Hasil gambar yang dihasilkan oleh lensa makro Nokia 5.3 untuk foto bunga.

Baca Juga: Datangi Polda Metro Jaya Hari Ini, Anji Manji: Saya Siap!

Lebih dalam lagi, kita sekarang bahas soal performa dari ponsel ini.Selama HAI menggunakan ponsel ini selama satu minggu, nggak pernah ada keluhan satu hari pun mengenai kinerja dari ponsel ini. Semuanya pas, sesuai dengan price point yang ditawarkan. Nokia 5.3 yang HAI coba adalah yang versi RAM 4GB dan memori 64GB. Dengan tenaga dari Snapdragon 665 dan RAM sebesar 4GB, kegiatan sehari-hari seperti bulak balik medsos, ngepoin gebetan sana-sini dan diselingi nonton video di YouTube, lancar poool!

Dok. HAI

Nokia 5.3

Layarnya juga enak banget nih sob untuk jadi teman nonton. Viewing anglenya cukup luas sehingga masih enak untuk nonton sekalipun nggak menghadap lurus ke layar. Lancar diajak keliling medsos dan enak diajak nonton, tahan lama nggak tuh?Well, baterainya sih 4000mAh sob. Jadi untuk takaran kegiatan yang HAI lakukan seperti di atas setiap harinya, Nokia 5.3 ini bisa bertahan seharian mulai dari bangun tidur sampai mau tidur lagi. Namun ketika diajak bermain gim seperti Minecraft, Call of Duty: Mobile atau PUBGM akan nyedot baterai lebih besar tergantung pengaturan dalam gimnya.

Baca Juga: 5 Fakta Penangkapan RI alias 'Gondes', Remaja Pemerkosa dari Bintaro yang ViralKesimpulan

Dok. HAI

Nokia 5.3

Bisa disimpulkan, ponsel ini bisa jadi pintu Nokia menuju ke panggung persaingan smartphone Android. Dengan harga Rp 2.899.000, HAI cukup puas menggunakan ponsel ini sebagai daily driver selama beberapa hari. Kalau aja Nokia punya mindset seperti Google pada sektor kamera -lebih baik satu kamera tapi kualitas bagus, daripada banyak tapi biasa aja, pasti Nokia 5.3 ini bisa menarik lebih banyak orang. (*)

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya