Album 'Appetite For Destruction' Guns N' Roses Anniversary Ke-33 Punya Deretan Fakta Menarik!

Kamis, 23 Juli 2020 | 06:41
loudersound.com

Guns N' Roses

Hai-Online.com - Pada pertengahan tahun 80an lalu, lima pemuda begajulan asal Los Angeles mengganti nama di KTP mereka dengan nama panggungdanmembentuk sebuah band rock.

Lima pemuda itulah yang kini dikenal dengan nama beken Axl Rose (vokal), Duff McKagan (bass), Izzy Stardin (gitar rhytm), Steven Adler (drum, doi masih pake nama asli), dan tentu saja Slash (lead gitar), yang menggawangi dan membesarkan raksasa rock n roll 80an, Guns N' Roses.

Dan 33 tahun lalu tepat pada 21 Juli (waktu Amerika Serikat), GNR menelurkan album debut mereka berjudul 'Appetite For Destruction', yang dinilai sebagai gebrakan krusial bagi skena glam metal yang tengah melejit pada masa itu.

Baca Juga: Diam-Diam, The Rolling Stones Rilis Lagu Bareng Jimmy Page

Bertabur riff blues rock ala Aerosmith dan The Rolling Stones yang dipadukan dengan perspektif punk dalam lirik-lirik lagunya menjadikan album ini tiada duanya saat itu.

Merayakan tiga dekade lebih eksistensi album tersebut, HAI coba nge-rangkum sejumlah fakta menarik terkait album 'Appetite For Destruction' yang barangkali fans GNR sendiri belum banyak yang tahu.

Menghimpun dari berbagai sumber, berikut fakta menarik tersebut.

1. Punya Dua Artwork AlbumSampul original album ini merupakan lukisan "Appetite for Destruction" ciptaan Robert Williams, yang menampilkan visualisasi vulgar dari makhluk serupa alien bersama seorang wanita dengan baju yang terbuka.

Loudwire

Dua artwork Appetite For Destruction

Sempat ditarik dari toko kaset, mereka pun bikin artwork baru yang terinspirasi tato di lengan Axl Rose, yakni bentuk serupa salib yang berhiaskan tengkorak dari para personel GNR.

2. Beberapa lagunya dialihkan ke album kedua (Use Your Illusion)

Sejumlah hits di album Use Your Illusion seperti "November Rain" dan "Don't Cry" telah ada lebih dulu bahkan sebelum dirilisnya Appetite.

Lagu yang ditulis oleh Axl Rose itu akhirnya dimasukan ke album kedua karena Appetite dirasa telah cukup punya lagu balada cinta seperti "Sweet Child O' Mine" dan "Think About You".

3. MV 'Welcome To The Jungle'-lah Yang Bikin Mereka di-Notice Dunia

Pihak label rekaman memang berhasil membuat nama Guns N Roses dikenal di seantero Los Angeles di awal rilisnya Appetite.

Namun, taktik yang diterapkan masih belum cukup membuat GNR meraih eksposure lebih luas di luar kota kelahiran mereka.

Sampai akhirnya hadir MTV yang menayangkan secara berulang video klip single Welcome To The Jungle' yang membawa GNR go international.

Baca Juga: Nggak Cuma Hip-Hop, Ini Deretan Kolaborasi Nike Bareng Kultur Punk dan Heavy Metal

4. Slash Benci lagu 'Sweet Child O' Mine'

'Sweet Child O' Mine' memang merupakan balada cinta masa muda yang jadi favorit banyak penggemar GNR.

Tapi, siapa sangka kalo Slash, sang gitaris yang menciptakan riff ikonik dalam intro lagu tersebut, justru kurang sreg sama lagu tersebut.

"Menulis dan berlatih untuk membuatnya menjadi lagu yang lengkap seperti mencabut gigi," kata sang gitaris kepada majalah Q dalam sebuah wawancara bertahun-tahun yang lalu.

Slash juga nggak seneng dengan fakta lagu itu berkembang menjadi sebuah balada, sebab GNR sendiri menurutnya lebih condong ke attitude bad boy.

5. Lagu 'Rocket Queen' Berisikan Audio Bokep

Pernah nggak nyimak secara jeli solo di lagu'Rocket Queen'? Kabarnya itu adalah suara Adriana Smith, mantan kekasih Steven Adler yang sakit hati usai diselingkuhin si drummer, dan membalas dendam dengan berhubungan intim dengan Axl Rose.

Dalam wawancara beberapa tahun lalu dengan Sunday Miror, Smith mengaku, saat penyelesaian album Appetite, ia indehoy lagi sama Axl dan sengaja direkam untuk dimasukan dalam proses mixing album.

Baca Juga: Arsip Tersembunyi Chris Cornell Nge-cover Lagu Guns N' Roses Dirilis di Ulang Tahunnya

6. Lagu 'Nightrain' Bercerita Tentang Wine Murah

Track ketiga dari album Appetite ternyata ceritain pengalaman hidup para personel sebelum mereka tajir, yang seringkali beli wine murah untuk bisa mabok yakni Night Train Express wine.

Sang bassist, Duff McKagan mengaku setiap botol wine tersebut hanya seharaga beberapa dolar, dan memiliki konsentrasi alkohol yang tinggi.

"Dengan harga $ 1,29 per botol, Night Train langsung menjadi menu pokok band," kata Duff dalam otobiografinya It's So Easy and Other Lies. "Semua orang menyukai pekerjaan yang dilakukan dengan murah," tambahnya lagi.

7. Rilisan Vinyl Punya Dua Sisi Bertuliskan 'G' dan 'R' Alih-alih 'A' dan 'B'

Umumnya, rilisan vinyl memiliki sisi "A" dan sisi "B". Tapi, sebaliknya, Appetite diberi tanda "G" dan "R" (GNR gitu maksudnya) untuk menandai setiap sisi.

Mungkin bukan gimmick, sebab paruh pertama album berisikan lagu-lagu yang lebih energik dan mudah menguap, sementara sisi kedua lebih berisi cinta-cintaan rock n roll.

8. Merupakan Album Debut Terlaris Sepanjang Masa Sampai Sekarang.

Coba aja search di Google. Album Appetite terjual hingga 18 juta kopi di AS doang, dan 30 juta di seluruh dunia.

Ngggak ada artis lain dalam sejarah musik yang menjual album pertama mereka sebanyak itu, salut banget buat Guns N 'Roses.

Mereka berada di urutan teratas dengan Boston, Hootie & the Blowfish, Whitney Houston dan Britney Spears mengikuti di belakang.(*)

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya