5 Pekerjaan yang Bisa Kamu Lakukan di Rumah untuk Nambah Cuan

Jumat, 10 Juli 2020 | 09:49
iStockphoto

Ilustrasi privat

HAI-Online.com - Covid-19, pandemi, dan PSBB sudah lama membuat ekonomi ibukota menjadi lebih lemah. Banyak orang yang terpaksa harus kehilangan pekerjaannya karena kondisi ini.

Contohnya saja yang baru-baru ini melakukan demo, para musisi cafe. Karena sekarang cafe harus menerapkan physical distancing dan belum sepenuhnya beroperasi, mereka harus menganggur.

Untuk kamu yang merasa bosan dan kehilangan pekerjaan sementara karena pandemi ini.

Baca Juga: Minta Jodoh 2 Tahun Lalu, Doa Rey Mbayang Dikabulkan, Hari Ini Menikah Muda tanpa Pacaran

HAI Punya beberapa saran pekerjaan yang bisa kamu coba selama pandemi nih sob.

1. Penulis lepas

iStockphoto
StockRocket

Ilustrasi menulis

Menulis bisa menjadi salah satu cara mendapatkan penghasilan. Ada banyak media online, baik lokal maupun internasional, hingga platform komunitas yang memfasilitasi penulis lepas.

Nantinya kamu akan dibayar bedasarkan tulisanmu. Untuk berapa honornya, semuanya tergantung dengan media atau agency itu sendiri, mulai dari Rp 50.000 atau bisa juga mencapai Rp 500.000 per artikelnya.

2. Pembuat konten

iStockphoto
jacoblund

Ilustrasi Vlogging

Nah, jika kamu ingin membuat konten namun nggak memiliki banyak pengalaman dan kehalian di bidang menulis, kamu bisa membuat konten dan kemudian mengunggahnya di YouTube atau Instagram.

Semakin banyak yang tertarik dengan kontenmu, kesempatan kamu mendapatkan penghasilan tambahan akan semakin besar.

Bergabung dengan komunitas sesuai bidang yang ditekuni akan sangat membantu dalam menambah followers, subscribers dan likes.

Baca Juga: 5 Bahaya Ngupil Ini Merusak Kesehatan Tubuh, Begini Cara Mengatasinya

3. Jualan online

iStockphoto
stefanamer

Ilustrasi jualan online

Tak perlu khawatir jika kamu nggak memiliki modal yang besar. Jualan online bisa dimulai dengan menjadi reseller atau dropshipper.

Kamu bisa juga menjual barang-barang yang sudah nggak terpakai secara online, dengan memanfaatkan kemampuan yang ada. Misalnya, menjual aksesori, pakaian, alat masak, dan lainnya.

4. Guru les privat

iStockphoto
fizkes

Ilustrasi privat

Selama pandemi, sistem belajar-mengajar nggak maksimal seperti biasanya dan orang tua agak sedikit kerepotan dalam mengajarkan anaknya karena harus bekerja.

Kamu bisa memanfaatkan kondisi ini sebagai peluang dengan memberikan pengajaran secara online. Misalnya, lewat WhatsApp, Meet, Zoom, dan lainnya.

Baca Juga: Siapa Sangka, Kalo Nenek Moyang Dinosaurus Ternyata Seukuran Cangkir Kopi

5. Freelancer

iStockphoto
jacoblund

Ilustrasi fotografer

Masih belum juga menemukan pekerjaan yang cocok untuk menambah penghasilan? Mungkin kamu bisa menjadi freelancer. Ada banyak perusahaan yang membuka pekerjaan untuk freelancer. Mulai dari penerjemah, desain grafis atau web, fotografi dan videografer, admin sosial media, dan masih banyak lagi.

Kamu juga bisa mencari pekerjaan freelancer di situs pencari kerja dalam dan luar negeri. Tapi, jangan lupa untuk terus memperbarui portofolio agar lebih terpercaya dan menggaet banyak klien.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ini 5 Inspirasi Pekerjaan untuk Menambah Penghasilan"

Editor : Al Sobry

Sumber : kompas

Baca Lainnya