HAI-Online.com - Sebuah iklan layanan masyarakat atau PSA di Amerika Serikat punya konsep unik buat ngingetin masyarakat untuk selalu pakai masker kesehatan selama pandemi covid-19.
Referensi budaya populer yang dipakai oleh Ogilvy Health and the Chimney Group- perusahaan yang bikin PSA ini- adalah tokoh film Jason Voorhees.
Ya konsepnya memang cukup nyambung sih, mengingat ikon pembunuh dari film horor slasher 'Friday The 13th' itu memang populer dengan topeng yang ia gunakan, meskipun jelas itu bukan masker kesehatan.
"Itu tidak mudah," kata Voorhees dalam PSA tersebut.
"Topeng ini memang bikin orang takut. Aku berharap semua orang bisa melihat diriku apa adanya. Aku hanya mencoba untuk menyesuaikan diri. Aku paham, terutama soal seluruh aktivitas ngebunuh orang pakai gergaji mesin. Tapi di balik topeng ini, aku hanya pria biasa," katanya lagi.
Sementara, inti pesan dari keseluruhan iklan layanan masyarakat itu adalah bahwa nggak ada ruginya pake topeng demi menjaga kesehatan di masa pandemi kayak sekarang meski kadang terasa nggak nyaman.
"Pakai topeng (masker) mungkin bisa menyeramkan, tapi nggak pakai sama sekali bisa mematikan," bunyi kalimat penutup PSA yang ditujukan ke warga New York tersebut.
Baca Juga: Stephen King Ingin Angkat Kelanjutan Kisah 'Friday The 13th' Dalam Sebuah Novel
Gaya sosialisasi jenaka pencegahan virus corona semacam ini pernah dilakukan sebelumnya oleh aktor Robert Englund pada April lalu.
Englund, yang merupakan pemeran Freddy Krueger -pembunuh ikonik dalam film slasher 'Nightmare On Elm Street'- menyampaikan sosialisasi penggunaan sarung tangan saat pandemi dengan menggunakan gaya bicara seram dan sarung tangan pisau milik Freddy Krueger.
"Hai, Robert Englund di sini.. Ingat, jaga keselamatan, tetap di rumah, cuci tangan kalian.. dan bila harus pergi berbelanja, jangan lupa kenakan sarung tangan," ucap Englund sembari mengelurakan tawa khas Freddy.(*)