Benarkah Sepedaan Pakai Masker Sebabkan Kematian? Begini Penjelasan Ahli

Rabu, 03 Juni 2020 | 12:15
PIXABAY/FREE-PHOTOS

Ilustrasi bersepeda

HAI-Online.com -Seperti kita tahu, beberapa waktu belakangan masyarakat Indonesia tengah gemar melakukan olahraga demi menjaga sistem imunitas mereka di tengah pandemi virus corona.

Jenis olahraga yang dilakukan oleh masyarakat sendiri pun beragam, namun salah satu yang menjadi tren baru sejak Covid-19 merebak adalah bersepeda.

Baca Juga: Pelajar Setuju Sekolah Dibuka pada Juli 2020, Orangtua Menolak, Para Guru Tipis-tipis Mau Juga

Nah, pengguna media sosial baru-baru ini dihebohkan dengan kabar pria yang tiba-tiba meninggal dunia ketika dirinya tengah bersepeda dengan menggunakan masker.

Selain itu, disebutkan juga bahwa pria yang meninggal ketika sedang bersepeda tersebut mempunyai riwayat penyakit jantung.

Baca Juga:Bisa Banget Ditiru, Ini 5 Kebiasaan yang Orang Kaya Menularkan Kesederhanaannya

Mengomentari kabar yang tengah viral tersebut, Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga, dr Michael Triangto Sp.KO memberikan penjelasannya.

Michael mengatakan, gangguan jantung kemungkinan besar menjadi penyebab pria tersebut meninggal ketika dia tengah bersepeda, bukan penggunaan masker.

Menurut Michael, orang dengan riwayat gangguan jantung berisiko untuk terserang kapan saja, bahkan ketika sedang tidur sekalipun.

Baca Juga:3 Bulan Setia Menunggu di Rumah Sakit, Anjing Ini Nggak Tahu Pemiliknya Sudah Meninggal

"Jadi menurut saya bukan itu (penggunaan masker) penyebabnya," ujar Michael seperti yang dikutip HAI dariKompas.com.

Michael menambahkan, memakai masker saat berolahraga tentunya akan mempengaruhi sirkulasi udara, namun nggak akan sampai membuat orang kehabisan napas.

Apabila seseorang sudah merasa nggak nyaman ketika menggunakan masker atau dengan kata lain jadi sulit bernapas, sudah pasti akan merespons dengan melepas masker tersebut.

"Tangan kan enggak diikat, kalau mulai pusing (karena sulit bernafas) kenapa enggak dibuka? Masak kamu enggak mampu untuk buka masker sendiri yang jadi penyebab itu (sulit bernapas), kan aneh,"jelasnya menambahkan.

Baca Juga:PSBB Selesai, DKI Jakarta Ganti Terapkan PSBL Demi Cegah Corona, Begini Maksudnya

Di tengah pandemi Covid-19 ini, orang-orang tetap bisa berolahraga dengan mengenakan masker selama yang dilakukan merupakan olahraga ringan.

"Jadi, bahwa orang dengan sakit jantung itu bisa meninggal adalah benar, dan bahwa orang berolahraga bisa meninggal, itu juga benar. Tapi tidak berhubungan (dengan masker)," tutup Michael.

Kalau kalian sendiri gimana sob, ketika olahraga pada pakai masker juga nggak nih selama pandemi virus corona? (*)

Artikel ini telah tayang diKompas.comdengan judul "Bersepeda Pakai Masker Sebabkan Kematian, Benarkah?".

Editor : Al Sobry

Sumber : Kompas.com

Baca Lainnya