Beragam Efek Buruk Tidur Malam Dengan Lampu Menyala, Salah Satunya Bisa Sebabkan Obesitas Lho Cuy!

Senin, 25 Mei 2020 | 18:43
Freepik

#DiRumahAja Rebahan Secukupnya, Ini Efek Buruk Bagi Cowok yang Tidur Kelamaan

HAI-Online.com - Tidur malam yang berkualitas merupakan hal vital bagi setiap orang lantaran memberikan berbagai macam manfaat yang diperlukan bagi tubuh.

Sayangnya, terdapat beberapa kebiasaan yang tanpa kita sadari dapat membuat tidur kita kehilangan momen untuk tidur nyenyak.

Salah satunya adalah kebiasaan tidur dengan lampu menyala yang tentunya kerap dilakukan sebagian orang.

Beberapa orang memang tidak bisa tidur dalam keadaan gelap.

Namun, jika kebiasaan ini terus dilanjutkan, ternyata ada bahaya yang bisa mengintai kita cuy.

Sebagaiman dikutip dari Bobo, berikut 3 dampak negatif yang kalian dapet bila masih suka tidur dengan lampu menyala, selain bikin tagihan listrik bulanan bengkak lho ya.

1. Obesitas

Penelitian dari Journal of Obesity menyatakan bahwa paparan cahaya di malam hari dapat mengakibatkan pertambahan berat badan.

Alasannya cukup logis, yakni karena paparan cahaya pada dasarnya memang dapat mengganggu waktu dan kualitas tidur seseorang, sehingga pola makan pun ikut terdampak.

Baca Juga: Ini Dia Ilusi Anamophic Terbesar di Dunia yang Ada di Korea Selatan

Sementara, dalam kondisi kurang tidur tersebut, tubuh kita akan memproduksi hormon leptin (pengatur rasa kenyang) dua kali lebih banyak dari biasanya.

Kondisi ini bukannya membuat kita merasa cepat kenyang, melainkan tubuh kita justru menjadi kebal pada fungsi hormon leptin.

Alhasil, kita akan merasa cepat lapar dan ingin makan terus-menerus.

2. Daya Tahan Tubuh MenurunPola tidur punya peran penting untuk menjaga sistem imun atau daya tahan tubuh. Sayangnya paparan cahaya bisa mengganggu pola tidur kita.

Saat tidur tubuh melepaskan protein sitokin. Protein satu ini sangat diperlukan ketika kita sedang mengalami infeksi atau peradangan.

Kurang tidur bisa mengganggu produksi protein sitokin yang menyebabkan antibodi dan sel untuk melawan infeksi turut berkurang.

Hal ini tentunya membuat daya tahan tubuh kita mengalami penurunan dan bisa jadi mudah terserang penyakit.

3. InsomniaPaparan cahaya lampu ternyata juga bisa menyebabkan kita mengalami insomnia.

Insomnia adalah gangguan tidur yang menyebabkan kita mengalami kesulitan untuk tidur.

Hal ini karena paparan cahaya bisa menyebabkan menurunnya hormon melatonin di otak yang memiliki peran pada proses tidur.

Karena itulah kita bisa mengalami insomnia. Sedangkan, kesulitan tidur bisa membuat tidur kita tidak nyenyak dan menimbulkan berbagai macam masalah kesehatan lainnya.

Sebagai kesimpulan, kalau kalian memang nggak bisa tidur dalam keadaan gelap, maka menggunakan lampu tidur yang cahayanya lebih redup bisa jadi alternatif.

Editor : Alvin Bahar

Sumber : bobo

Baca Lainnya