5 Hal yang Nggak Disangka Bikin Tubuh Nggak Lemas Saat Puasa, Salah Satunya Nggak Banyak Tidur

Rabu, 13 Mei 2020 | 03:00
iStockphoto

Ilustrasi tidur

HAI-ONLINE.COM- Nggak bisa dipungkiri, saat berpuasa tubuh memang menjadi lemas.

Selain karena kita nggak memakan atau minum apapun selama lebih dari 12 jam, ternyata ada beberapa faktor yang bikin tubuh kita lemas.

Rasa lemas itu ternyata bisa datang karena kebiasaan buruk seperti terlalu banyak tidur saat berpuasa.

Supaya bisa mengerjakan tugas dan kerjaan selama puasa ditambah WFH ini, HAI ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar tubuh nggak terasa lemas selama berpuasa.

Buat yang kepo, langsung aja nih simak sob!

Menguragi yang manis

Bulan puasa ternyata menjadi waktu yang tepat untuk memulai sebuah kebiasaan baik, namun tentu saja dengan rencana yang baik.

Kebiasaan baik ini bisa dimulai dengan cara menghilangkan beberapa kebiasaan.

Contohnya adalah mengurangi konsumsi makanan atau minuman manis dan gorengan.

Kalau kita langsung melakukannya dengan cara nggak mengonsumsi berbagai hal tadi, tentunya rencana tadi akan sulit dilakukan, nih.

Cara untuk bisa memulai kebiasaan baik ini adalah dengan mengurangi secara bertahap kebiasaan konsumsi makanan dan minuman manis maupun gorengan, misalnya saat berbuka puasa.

Nggak Langsung Berbuka Puasa dengan Makanan Berat

Selama berpuasa, tubuh nggak menerima asupan makanan dan minuman. Ini artinya, pencernaan juga akan beristirahat dari tugasnya mencerna makanan.

Saat waktu berbuka puasa tiba, kita mungkin ingin langsung menyantap berbagai makanan, termasuk makanan berat.

Healthline

Ilustrasi Makanan Sehat

Wah, hal ini ternyata bisa membuat tubuh cepat lemas dan justru menaikkan berat badan, karena gula darah dalam tubuh naik dengan cepat, tapi turun dengan cepat juga.

Agar nggak lemas setelah berpuasa, maka sebaiknya berbuka puasa dengan minum air putih dan konsumsi buah tinggi serat, misalnya kurma.

Meski bukan makanan berat, konsumsi air putih dan buah kaya serat saat berbuka puasa bisa membantu mengembalikan gula darah dan energi, serta mencegah kita untuk makan secara berlebih.

Baca Juga: Penari Peti Mati Afrika Ingin Antar Ronaldinho ke Liang Kubur Seperti Meme Joget yang Viral

Atur Pola Makan Seimbang

Walau sedang berpuasa, kita tetap bisa mendapatkan nutrisi seimbang untuk tubuh, kok, teman-teman.

Caranya adalah dengan melengkapi piring kita saat berbuka puasa dengan makanan yang nutrisinya lengkap.

Kita bisa membagi piring menjadi enam bagian, yaitu dua bagian untuk karbohidrat, satu bagian untuk sumber protein, dua bagian untuk sayuran, dan satu bagian untuk buah-buahan.

Selain bisa memenuhi kebutuhan nutrisi, membagi piring dengan cara ini tentu akan membuat kita kenyang tanpa membuat tubuh lemas.

Pxhere
Pxhere

Ilustrasi makanan sehat.

Pilih Menu Makan Sahur yang Tepat

Selain makanan saat berbuka puasa, menu makanan saat sahur juga penting, karena menjadi bekal untuk kita dalam berpuasa seharian.

Maka dari itu, sebaiknya kita menghindari mengonsumsi makanan dengan indeks glikemik tinggi, seperti nasi dalam jumlah banyak saat sahur.

Konsumsi makanan dengan indeks glikemik yang tinggi akan membuat penurunan kadar gula dalam tubuh menjadi terlalu cepat, sehingga tubuh akan cepat lemas.

Agar nggak lemas selama berpuasa, kita bisa menggabungkan nasi putih dengan makanan indeks glikemik rendah, seperti daging dan sayur.

Hindari Terlalu Banyak Tidur

Siapa yang suka mengisi waktu menunggu berbuka puasa dengan tidur, atau bersantai di rumah dan nggak melakukan aktivitas fisik?

Wah, hal ini ternyata bisa membuat kita lemas saat sedang berpuasa, teman-teman.

Ketika puasa, tubuh sebaiknya tetap aktif bergerak dan beraktivitas ringan, seperti berjalan kaki di dalam rumah atau melakukan pemanasan maupun peregangan tubuh dengan durasi yang singkat.

Dengan tetap beraktivitas dan mengisi waktu saat puasa dengan berkegiatan, bisa membuat tubuh tetap semangat hingga waktunya berbuka puasa.

Artikel ini pertama kali tayang di Bobo.id dengan judul "Salah Satunya Hindari Terlalu Banyak Tidur, 5 Hal Ini Bisa Buat Tubuh Tidak Lemas Selama Puasa"

Editor : Alvin Bahar

Sumber : bobo

Baca Lainnya