Tiba-tiba Cegukan Waktu Puasa? Nggak Perlu Minum, Begini Cara Ngatasinnya

Minggu, 10 Mei 2020 | 21:00
kompas.com

ilustrasi saat cegukan

Hai-online.com -Cegukan pasti ganggu banget dan bikin kita ngerasa nggak nyaman. Apalagi waktu puasa gini, kita nggak bisa minum banyak air untuk mengatasi cegukan. Tapi, nggak perlu khawatir, ada banyak cara lain yang bisa kita coba untuk ngatasin cegukan waktu puasa.

Cegukan bisa terjadi akibat otot-otot diafragma mengalami kejang, kontraksi, atau peregangan. Otot diafragma adalah salah satu jenis otot yang berbentuk seperti kubah dan tersekat di antara ulu hati dan di atas perut.

Otot diafragma yang berkontraksi bakalan maksain udara untuk masuk ke tenggorokan. Di saat itulah udara yang dipaksa masuk terkena kotak suara dan bikin pita suara secara tiba-tiba menutup.

Penutupan pita suara yang terjadi secara mendadak mengakibatkan suara “hik” cegukan yang sering didengar. Ada banyak hal yang jadi penyebab cegukan saat puasa, di antaranya:

Baca Juga: [ARTIKEL POPULER MINGGU INI]: Polisi Ancam Tembak Ferdian Paleka hingga Cara Buka Situs yang Diblokir tanpa VPN

Makan berlebihan saat sahur

Makan terlalu cepat saat sahur

Minum minuman bersoda saat sahur

Banyak menelan udara

Perubahan suhu yang mendadak

Namun, kita bisa juga ngalami cegukan waktu puasa karena otak bereaksi sama emosi tertentu. Misalnya, merasa gugup, cemas, stres, atau terlalu bersemangat. Emosi yang meluap-luap bisa sebabkan gangguan di saraf yang ngehubungin otak dengan diafragma.

Cara mengatasi cegukan waktu puasa

Cegukan bukan kondisi medis yang membahayakan. Bahkan, cegukan bisa ilang sendiri tanpa pengobatan apa pun. Tapi, dalam beberapa kasus, cegukan bisa berlangsung sangat lama sehingga kita bakalan ngerasa keganggu dan nggak nyaman, apalagi pas lagi puasa.

Mengingat kita juga nggak bisa minum air atau makan sesuatu sampai waktu berbuka puasa tiba, simak beberapa cara mengatasi cegukan saat puasa berikut ini.

1. Menahan napas

Menahan napas jadi salah satu cara mengatasi cegukan yang paling populer. Berikut adalah cara menahan napas untuk mengatasi cegukan saat puasa:

Ambil napas dalam-dalam lewat hidung, terus tahan napas kira-kira selama 10 detik. lanjut, hembuskan pelan-pelan dan ulangi lagi sampai 3-4 kali. Ulangi langkah-langkah ini setiap 20 menit kalo cegukan yang dialami nggak ilang juga.

2. Bernapas dalam kantong kertas

Cara mengatasi cegukan saat puasa berikutnya adalah pake kantong kertas. kita bisa pake kantong kertas kosong yang cukup tebel, seperti paper bag. terus, ikuti langkah-langkah di bawah ini:

Tempelkan leher kantong kertas ke area mulut dan hidung, jangan ke seluruh wajah. Pastikan seluruh area mulut dan hidung tertutupi sama kantong kertas. Bernapaslah dalam kantong kertas tersebut.

Baca Juga: Terkenal Karena Berulah, Ferdian Paleka Dulunya Kerja dan Punya Gaji Besar, Resign dan Jadi Youtuber

Bernapas dalam kantong kertas bikin kita ngehirup karbon dioksida. Akibatnya, otot-otot diafragma yang sebelumnya berkontraksi jadi lemes lagi. Sebaiknya jangan pake kantong plastik karena justru bakalan nempel di mulut dan hidung saat mengambil napas. Hmm apalagi bernafas dalam ketidakpastian, nyesek sob.

3. Duduk memeluk lutut

Duduk memeluk lutut juga jadi cara mengatasi cegukan saat puasa yang bisa dicoba. Caranya: Duduklah dengan posisi kedua kaki ditekuk ke atas. Kemudian, peluk lutut sambil condongkan badan ke depan, seperti mau meringkuk.

Tahan posisi itu selama kira-kira 2 menit. Posisi ini bakalan ngasih tekanan di area diafragma sehingga udara yang terjebak di dalamnya bisa keluar. Dipastikan harus lutut sendiri ya sob, jangan lutut bapakmu hehe

Baca Juga: Lagu Ya Tabtab yang Dibawain Nissa Sabyan Udah Viral di Tiktok

4. Memijat area ulu hati

Cara mengatasi cegukan saat puasa lainnya adalah dengan memijat area ulu hati. Ya, cobain aja cara ini dengan memijat area ulu hati karena otot-otot diafragma letaknya tepat di bawah ulu hati atau di atas perut.

Beri tekanan lembut di area tersebut pake ujung jari-jari selama 20-30 detik.

5. Memijat pembuluh darah di leher

Kita punya pembuluh darah di kedua sisi leher yang dikenal dengan nama arteri karotis. Arteri karotis berfungsi untuk mengantarkan darah ke otak dan kepala.

Kalo disentuh, kita bakalan ngerasain denyut nadi di leher. Cara melakukannya, cukup berbaring di atas sofa atau tempat tidur. Kemudian, putar kepala ke kiri dan pijatlah pembuluh arteri karotis di sisi kanan leher dengan gerakan memutar selama 5-10 detik.

6. Memijat telapak tangan

Tekan telapak tangan bagian bawah ibu jari, yang terletak di antara ibu jari dan jari telunjuk juga bisa mencoba cara mengatasi cegukan saat puasa dengan memijat telapak tangan.

Caranya, tekan telapak tangan menggunakan ibu jari tangan lainnya. Bisa juga menekan telapak tangan bagian bawah ibu jari, yang terletak di antara ibu jari dan jari telunjuk. Kalo tekanan di telapak tangan nimbulin sedikit rasa sakit, ini berarti adanya gangguan yang memengaruhi sistem saraf.

Lakukan beberapa kali supaya cegukan bisa hilang sepenuhnya.

Cegukan bisa hilang dengan sendirinya tanpa pake pengobatan apa pun. Tapi, karena cegukan saat puasa bisa ganggu dan bikin nggak nyaman, sebaiknya lakukan cara mencegah cegukan saat puasa yang sudah dijelaskan di atas.Artikel ini telah tayang di Kompas.comdengan judul "8 Cara Ampuh Mengatasi Cegukan Saat Puasa"

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya