Trik Bagi-Bagi Sembako ala Crazy Rich Surabayan, Ferdian Paleka dan Aamir Khan. Mana yang Tepat Sasaran?

Kamis, 07 Mei 2020 | 11:18

Crazy Rich Surabayan

HAI-Online.com-Aksi tangan di atas lebih baik dari tangan di bawah memang sedang marak dilakukan banyak orang selama musibah COVID-19.

Mulai dari pembelanja online yang sekadar ngasih uang lebih ke kurirnya, seorang aktor, pengusaha, selebgram, bahkan karyawan WFH biasa pun ikutan melakukannya.

Namun, peribahasa ini sempat dirusak oleh aksi Youtuber Bandung, Ferdian Paleka yang menjadikan tangan di atas nggak selalu lebih baik dari tangan di bawah karena isi pemberiannya yang menghinakan suatu golongan.

Baca Juga: Polisi Kena Prank Orangtua Ferdian Paleka, Diduga Sembunyikan Anaknya yang Buron

Nah, orang ini dan teman-temannya yang ikut dalam prank sembako berisi sampah dan batu itu sedang dalam perburuan polisi. Dua sudah ditangkap, dua lainnya masih kabur.

Sementara polisi terus berusaha mendeteksi keberadaan pelaku tipuan donasi, baru-baru ini seorang Crazy Rich Surabaya, Tom Liwafa terlihat membagikan kardus berisi sembako sungguhan, bahkan di dalamnya terselip uang cash jutaan rupiah.

Aksi ini pun jadi viral di media sosial. Apalagi saat tahu, pengusaha muda tersebut mengaku ingin membalas perbuatan tak pantas Ferdian Paleka. Bisa dibilang, ini aksi donasi ini sebentuk balas dendam kejahatan dengan kebaikan.

Apa memang, seperti itukah niat orang kaya di Surabaya?

Menurut pria 29 tahun ini, masih banyak anak muda Indonesia yang punya hati nurani tak seperti Ferdian Paleka.

Sumbangan sembako dan uang disalurkan Tom ke orang-orang di jalanan

Selain ingin membalas Ferdian, Tom Liwafa mengaku jika dirinya juga berangkat dari orang susah sebelum sukses jadi pengusaha kaya. Makanya dia membagi-bagikan sembako dan uangnya.

Baca Juga: Bersatu Lawan COVID-19, Omo Kucrut dan Nofin Asia Gelar Donasi Pake Sistem Reward

"Bagi-bagi tetap menggunakan kardus Indomie, tapi di Indomie-nya saya kasih uang. Jadi selain berisi Indomie, di dalam kardus ada uangnya Rp 1,5 juta," kata Tom dikutip HAI dari Kompas.com, Kamis (7/5/2020).

Dokumentasi aksi ini pun udah sempat Tom unggah ke media sosial pribadinya sebagai bentuk publikasi untuk menyebar kebaikan lebih banyak lagi.

"Mau dibilang riak silakan, yang penting kita tulus dalam hati memang pengen sumbang," uajrnya di akun instagram @tomliwafa.

Dari sana, kita bisa tahu sumbangan berisi sembako dan uang Rp 1,5 juta itu bukan murni dari koceknya, tapi juga setengahnya lagi dari hasil kumpulan teman-teman di Entrepreneursvscorona.

Sumbangan kardus berisi beras, mi instan dan uang ini dibawa Tom bersama temannya menggunakan mobil Porsche dengan cara berkeliling ke sejumlah warga yang ditemui di jalanan.

Penyaluran sumbangan ini dilakukan secara acak, Tom terlihat membagikan bantuan ke warga yang tidur di jalanan, ke penjual sate, petugas kebersihan, bahkan tukang becak.

Aamir Khan

Sumbang tepung diam-diam ala Aamir Khan

Cara menyumbang sembako yang berbeda namun jitu tepat sasaran pernah dilakukan aktor Aamir Khan saat memberikan bantuan ke warga miskin yang terdampak corona.

Di negara asalnya India, pemeran film 3 Idiots itu dianggap pelit karena menyumbangkan 1 kilogram tepung saja untuk setiap orang yang mengantrenya.

Paket sumbangan sekilo tepung yang diangkut dalam truk itu dilakukannya pada 23 April 2020 lalu. Karena tahu, hanyasekilo tepung terigu yang diterima,warga Delhi jadi ogah mengantre kecuali memang sangat membutuhkan tepung untuk menyambung hidupnya.

Baca Juga: Nggak Perlu Jauh-Jauh ke Jepang, Studio Ghibli Tawarkan Tur ke Museumnya via Streaming

Sampai seorang warga penerima sembako membuka bingkisan tepung, dan di dalamnya terdapat uang cash 15.000 rupee atau setara dengan 3 jutaan rupiah.

Soal aksi sosialnya ini, Aamir Khan memang tak sama sekali mempublikasikannya di media sosial pribadinya.

Namun, wartawanTimes of India berhasil meliput aksi ini dan viral.

Aamir Khan mengaku sengaja menyembunyikan uang dalam tepung yang dibagikan karena ia ingin yang menerima sumbanhan betul-betul orang yanh membutuhkan.

Selain itu, sumbangan satu kilo tepung yang dibagikannya juga membuat tim yang bertugas menyebar sembako tak tergoda untuk main curang karena tepung itu betul-betul untuk yang butuh makan.

Namun, pada 4 Mei 2020, Aamir Khan membuat pernyataan baru terkait menyelipkan uang di tepung gandum.

"Kawan-kawan, saya bukan orang yang memasukkan uang ke dalam kantong gandum. Entah itu cerita palsu sepenuhnya, atau Robin Hood yang nggak mau mengungkapkan dirinya sendiri! Tetap aman. Love, a," cuit Aamir Khan di akun Twitternya.

Meski demikian tercatat,Aamir Khan telah memberikan kontribusi dengan menyumbangkan Dana PM-CARES dan Bantuan ke Kepala Menteri Maharashtra untuk memerangi pandemi Covid-19. Dia juga berdonasi untuk warga Pakistan yang terdampak Covid-19 melalui yayasan atas namanya.

Nah, kamu suka cara tangan di atas siapa? (*)

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya