5 Tips yang Bisa Dilakukan untuk Cegah Penyakit Jantung di Usia Muda

Selasa, 05 Mei 2020 | 22:00
iStockphoto

Healthy Lifestyle

Hai-Online.com -Penyakit jantung adalah momok yang ditakuti sama banyak orang. Penyakit ini bahkan jadi salah satu penyakit yang paling mematikan di dunia.

Data WHO tahun 2015 nunjukin, kalo 70 persen kematian di dunia disebabkan sama penyakit yang nggak menular, dan 45 persen dari seluruh kematian itu terjadi karena penyakit jantung dan pembuluh darah.

Hal ini bikin kita harus lebih sadar dalam mencegah penyakit jantung dengan ngelakuin gaya hidup sehat. Namun penyakit ini justru dikaitkan dengan usia lanjut alias para orang tua. Padahal ini juga bisa menyerang usia muda, kalo nggak jaga pola kesehatan.

Berikut 7 tips untuk jaga kesehatan bagi anak muda, agar terhindar dari penyakit jantung:

Baca Juga: Pelihara Ayam di Rumah Sama Dengan Nyimpen Bom Waktu, Kok Bisa?

1. Nutrisi Adalah Kunci

Sarapan bubur gandum

Gandum mengandungbeta-glucanatau serat yang bisa nurunin kolesterol jahat, penyebab sakit jantung. Menurut ahli gizi Dr Sarah Schenker dari British Dietetic Association, kamumemerlukan 3 grambeta-glucanper hari atau setara dengan semangkuk bubur (ukuran rata-rata).

Dengan menyantap semangkuk bubur gandum setiap pagi,kamu bisa nurunin kadar kolesterol dalam tubuh sebanyak 5 sampai 10 persen, dibanding nggak ngonsumsi sama sekali.

Makan semangkuk yogurt

Sekitar 80 persen imunitas tubuh manusia ada di pencernaannya. Kalo pencernaan sehat, bisa dipastikan nggak mudah terserang penyakit, termasuk jantung. Nah, untuk punya pencernaan yang sehat,kamu perlu bakteri baik atau probiotik. Bakteri ini bisa diperoleh dari susu dan produk turunannya seperti yogurt.

Baca Juga: McDonald's Indonesia Bocorin Resep Rahasia Kentang Gorengnya, Coba Bikin di Rumah Yuk

2. Olahraga 30 menit sehari

Aktivitas fisik bisa ngebantu berat badan dan mengurangi kesempatan mengembangkan kondisi lain yang bisa bikin tekanan pada jantung, seperti tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, dan diabetes.

Secara umum,kamu harus ngelakuin olahraga ringan, seperti berjalan dengan kecepatan tinggi, selama sekitar 30 menit pada hampir setiap hari dalam seminggu.

Berolahraga hanya 10 menit setiap hari pun cukup ngasih manfaat besar untuk jantung.

3. Tidur Bekualitas

Kurang tidur nggak cuman bikin kamu menguap sepanjang hari, tapi juga membahayakan kesehatan. Orang yang kurang tidur punya risiko obesitas lebih tinggi, tekanan darah tinggi, serangan jantung, diabetes dan depresi.

Kebanyakan orang dewasa butuh tujuh sampe sembilan jam tidur setiap malam. Salah satu tandakamu cukup tidur adalah terbangun nggak pake alarm dan ngerasa seger. Tapi, kalo bangun tidur justru butuh perjuangan dari tempat tidur, itu tandanya kamu masih butuh banyak tidur sob.

4. Kelola Stres

Beberapa orang mengatasi stres pake cara yang nggak sehat, hmm terlebih kalo patah hati, bisa dipastikan makan berlebihan, gaya hidup nggak sehat dan lainnya. Padahal ada alternatif lain untuk ngelola stres biar nggak makin kacau, seperti aktivitas fisik, latihan relaksasi atau meditasi, bisa ngebantu perbaiki kesehatanmu.

5.Batasi minum alkohol

Konsumsi terlalu banyak alkohol bisa sebabkna tekanan darah meningkat. Selain itu, kebiasan ini juga bisa ningkatin kalori ekstra di tubuh sehingga berat badan bisa naik. Kedua kondisi itu bisa picu terjadinya penyakit jantung.

Yuk selagi muda, kita jaga pola hidup yang sehat, supaya jauh dari kata sakit. Be young and Healty!

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya