Enam Soft Skill yang Perlu Dikuasai Sebelum Masuk Dunia Kerja

Senin, 04 Mei 2020 | 15:22

Ilustrasi program pengembangan diri dari Djarum Beasiswa Plus

Setelah menempuh masa SMA dan kuliah, pasti banyak dari kita yang ingin hidup mandiri dengan bekerja. Selain meringankan beban orangtua, kita juga berharap dengan menjalani sebuah profesi, diri kita akan semakin berkembang. Baik dari segi status ekonomi pertama maupun sosial.

Sayangnya, ketika bersaing di dunia kerja, begitu banyak tantangan menghadang. Pengembangan karier tidak semudah yang dibayangkan.

Prestasi zaman sekolah dan kuliah dulu cukup gemilang, tetapi mengapa di dunia kerja begitu sulit mencapai target pengembangan diri yang diinginkan.

Alasannya, banyak dari kita yang masih fokus mengasah hard skill dibanding mengembangkan soft skills. Padahal pada praktiknya, dunia kerja memerlukan kombinasi antara keduanya.

Baca Juga: Jadwal Lengkap Belajar dari Rumah di TVRI SD-SMA, Selasa 5 Mei 2020

Bahkan, penelitian Harvard University Amerika Serikat mengatakan bahwa 20 persen kesuksesan seseorang diperkirakan berasal dari intelegensia yaitu kemampuan untuk belajar dan memahami. Sementara 80 persen sisanya berasal dari kemampuan untuk memahami diri sendiri dan berinteraksi dengan orang lain.

Lalu apa saja soft skills yang perlu kita kuasai sebelum memasuki dunia kerja? Dilansir dari Pacelearnings, setidaknya terdapat enam kunci soft skills yang wajib dimiliki oleh para pencari kerja, diantaranya:

  1. Kemampuan komunikasi
Di dunia kerja, kemampuan komunikasi tidak hanya dapat didefinisikan dengan mudah berteman dan mengobrol dengan rekan kerja. Kemampuan komunikasi mencakup penyampaian ide, hasil kerja, hingga evaluasi kinerja. Sehingga penting untuk menguasai teknik penyampaian komunikasi yang baik dan benar.

  1. Kemampuan pemecahan masalah
Pemecahan masalah diperlukan ketika kita menghadapi situasi yang berdampak di masa depan. Contohnya, pengambilan keputusan bisnis atau investasi. Saat itulah, kita diwajibkan untuk mampu menganalisa masalah dan mengambil tindakan yang tepat.

Baca Juga: Materi Video dan Soal Belajar dari Rumah TVRI Senin 4 Mei 2020 untuk SMA dan SMK - Bekerja Lebih Baik

  1. Kemampuan kontrol diri
Kontrol diri tidak hanya diperlukan untuk menahan emosi, tapi juga untuk memotivasi diri dalam lingkungan kerja. Kontrol diri yang baik diperlukan untuk menumbuhkan kebiasaan kerja serta loyalitas pada perusahaan.

Salah satu aktivitas pengembangan diri para Beswan Djarum

  1. Kemampuan kerjasama tim
Di dunia kerja, terdapat beragam jenis pekerjaan yang membutuhkan kerjasama tim. Oleh sebab itu, sebagai calon profesional muda, penting untuk memiliki soft skill berupa karakter yang siap berada di bawah tekanan, sensitif terhadap perubahan, hingga kepribadian yang positif.

  1. Kemampuan profesional
Dunia kerja merupakan bagian yang terpisah dengan dunia pertemanan. Terkadang kita harus siap untuk menghadapi kritikan maupun beban tanggung jawab yang besar, meskipun itu berasal dari teman kerja terdekat. Inilah yang disebut dengan profesionalisme.

Baca Juga: Tur Virtual ke Rumah Hantu di Film The Conjuring Bakal Dibuka, Minat Mencoba?

  1. Kemampuan leadership
Skill leadership merupakan poin penting yang wajib dimiliki sejak dini. Kemampuan ini tak hanya mejadikan kalian siap mengemban tugas besar, tetapi juga dapat menempatkan diri ditengah beragam situasi.

Nah, mengasah keenam skill tersebut akan jauh lebih seru dan efektif jika dilakukan secara bersama-sama. Misalnya saja dengan mengikuti komunitas pengembangan diri. Bingung seperti apakah itu komunitas pengembangan diri?

Kompetisi menulis merupakan salah satu rangkaian kegiatan Djarum Beasiswa Plus

Coba saja lihat program Djarum Beasiswa Plus. Melalui program ini kita bisa bertemu dengan teman-teman yang punya satu tujuan, yaitu pengembangan diri dengan mengasah soft skill.

Selain mengasah diri, kita juga akan berkesempatan memperoleh beasiswa dana pendidikan selama satu tahun lewat program ini.

Baca Juga: Mode Getar Bikin Hape Cepat Rusak, Ini 4 Kebiasaan Ngerusak Lainnya

Program Djarum Beasiswa Plus terdiri dari Character Building dimana peserta akan diajarkan dan dilatih untuk membangun 6 karakter pemimpin Indonesia di masa depan, yaitu:

Curiosity (rasa ingin tahu, belajar dan berkembang), Intiative (bagaimana merespon suatu keadaan secara proaktif), Grit (kegigihan dalam jangka waktu panjang untuk mencapai hasil yang terbaik), Adaptability (kemampuan beradaptasi, bereksperimen serta berubah menyesuaikan dengan tantangan jaman.

Leadership (kemampuan membangun visi serta mengkomunikasikan dan memotivasi orang lain untuk perubahan yang lebih baik), serta Social & Cultural Awareness (kemampuan melakukan observasi yang obyektif, memahami dan menerima keragaman social dan budaya).

Tak hanya aktivitas sosial, Beragam aktivitas seru juga diberikan pada para beswan

Sementara Leadership Development, yaitu soft skills yang diberikan agar Beswan Djarum (sebutan bagi penerima program Djarum Beasiswa Plus) memiliki kecerdasan emosional guna menjadi pemimpin yang visioner, komunikatif, dan mampu memotivasi pengikutnya menuju perubahan yang lebih baik.

Baca Juga: Xiaomi Redmi Note 9 Meluncur dengan Harga Rp 3 Juta. Bisa Apa Aja Sih?

Pelatihan soft skills yang ketiga adalah Nation Building, yang menguatkan wawasan Beswan Djarum akan makna hakikat bangsa dan kebangsaan guna mengokohkan keutuhan Indonesia, melalui serangkaian kegiatan seperti diskusi kebangsaan, pergelaran kesenian, serta cultural visit ke beberapa tempat di Kudus, Jawa Tengah.

Selain itu program Djarum Beasiswa Plus juga memberikan wadah untuk mengasah kemampuan soft skills yang didapat dan berani menerima tantangan serta berkompetisi secara sehat melalui Competition Challenges, International Exposure dan Community Empowerment.

Intinya dalam program Djarum Beasiswa Plus kita akan memperoleh pelatihan soft skill yang lengkap untuk menjadi pemimpin masa depan.

Semua dilakukan melalui pelatihan dan studi yang efektif yang dapat membentuk profesional muda yang tangguh.

Baca Juga: Lewat Album Baru, Machine Gun Kelly Ingin Menginspirasi Generasi Muda untuk Belajar Main Gitar

Saat ini, pendaftaran Djarum Beasiswa Plus periode 2020-2021 telah dibuka. Beasiswa ini dapat diikuti oleh mahasiswa S1 atau D4 semester IV dengan IPK minimum 3.20 sampai dengan semester III. Pendaftar juga harus aktif berorganisasi dan tidak sedang menerima beasiswa dari pihak lain.

Terakhir, pendaftar berkuliah di perguruan tinggi mitra Djarum Foundation. Pendaftaran online dibuka sampai sampai 16 Juni 2020 melalui laman Djarum Beasiswa Plus. Info lebih lanjut dapat mengunjungi Instagram Djarum Beasiswa Plus, Facebook Page Djarum Beasiswa Plus, Twitter Djarum Beasiswa Plus, dan Youtube Djarum Beasiswa Plus.

Editor : Sheila Respati

Baca Lainnya