NASA Ubah Foto Luar Angkasa Jadi Alunan Musik, Dengerin Deh Di Sini!

Senin, 04 Mei 2020 | 15:00
NASA

Gambar dari teleskop Hubble yang diambil pada Agustus 2018

HAI-ONLINE.COM- Luar angkasa memang nggak pernah ada habisnya untuk dijelajahi. Berbagai metode, alat, sampai teknologi buatan manusia masih mencari hal-hal baru yang ada di luar angkasa.

Salah satunya adalah teleskop buatan manusia yang telah menjelajah berbagai sudut luar angkasa yang bernama Hubble Space Telescope milik NASA.

Teleskop ini menangkap banyak banget gambar luar angkasa, termasuk foto-foto galaksi tetangga kita.

Tapi beberapa waktu lalu, NASA melakukan sesuatu yang baru terhadap foto tersebut.

Secara 'ajaib', NASA menyulap sebuah foto yang diambil oleh Teleskop Hubble menjadi sebuah komposisi musik. Foto itu diambil dengan Hubble Advanced Camera for Surbeys dan Wide-Field Camera pada Agustus 2018 silam.

Sebagaimana HAI lansir dari Kompas.com, Foto ini dipilih karena dianggap sebagai "harta karun galaksi", melihat banyaknya galaxy yang tersebut dalam foto tersebut.

Baca Juga: Denmark Bikin Konser Live Aman Ditonton dari Mobil, Ternyata Gini Caranya Supaya Suara Tetep Kedengeran Jelas

Sekilas foto di header artikel ini tampak seperti kumpulan bintang yang muncul dari berbagai sudut dan level terang masing-masing. Namun foto ini berbicara lebih dari itu, karena setiap pendaran cahaya merupakan gabungan dari benda langit yang nggak terhitung jumlahnya.

Saat NASA menambahkan musik pada foto itu, hasilnya adalah sebuah gabungan nada yang terdengar seperti efek suara di film sci-fi bertema luar angkasa.

"Waktu berubah dari sebelah kiri menuju kanan, dan frekuensi suaranya berubah dari bawah ke atas mulai 30 -1000Hz" Tulis NASA.

Buat yang kepo denger suaranya, langsung aja nih dengerin sendiri sob.

Editor : Alvin Bahar

Sumber : kompas

Baca Lainnya