Kegiatan Setelah Sahur Ini Ubah Suasana Ramadan Jadi Nggak B Aja

Jumat, 01 Mei 2020 | 14:10
iStockphoto

Ilustrasi Olahraga ringan di rumah setelah sahur

Hai-Online.com -Nggak kerasa nih udah masuk seminggu ibadah puasa di Ramadhan tahun ini. Emang sih puasa tahun ini kerasa hambar nggak ada sesuatu yang spesial yang bisa kita lakuin bareng temen-temen di luar.

Kamu sendiri gimana sob? puasa tahun ini dihabiskan di rumah aja, udah ngerasa banyak godaan atau justru banyakan tidurannya? hehe

Baca Juga: Rich Brian Kirim Donasi Pake Drone, Isinya Uang Dollar untuk warga AS yang Membutuhkan

Tapi kalo menurut Hai sih, godaan paling besar pas puasa di rumah aja, emang tiduran terus alias nggak bisa produktif.

Apalagi momen abis makan sahur, kondisi perut kenyang bawaannya pengen lanjut tidur aja.

Tapi sebaiknya ini dirubah aja pake kebiasaan yang jauh lebih produktif.

Setelah sahur, kamu mungkin bisa manfaatin waktu untuk ngerjain sesuatu yang bikin ibadah puasa nggak cuman dihabiskan pake tiduuuur terus. hehe,

Lagipula nih sob, waktu setelah subuhan itu adalah waktu terbaik untuk mulai aktivitas karena kondisi otak dalam keadaan yang fresh.

Baca Juga: Galaxy Tab S6 Lite Resmi Diluncurkan di Indonesia untuk Temani Millennial di Rumah Aja

1. Baca Buku

iStockphoto
eggeeggjiew

Relax di pagi hari dengan baca buku

Aktivitas yang Hai rekomendasiin pertama adalah baca buku setelah sahur. Nggak cuman baca buku doang sih, kamu juga bisa baca berita atau dokumen apapun untuk ngisi waktu setelah sahur.

Banyak Penelitan juga ngebuktiin kalo baca buku atau belajar di pagi hari bisa bikin seseorang lebih cerdas dan bahan bacaan yang di baca lebih mudah masuk.

Nah ini juga bisa jadi kesempatan untuk yang punya tugas belajar di rumah oleh sekolah masing-masing, buat dikerjakan sob. Biar nggak makin numpuk gituu....

Baca Juga: Jam Tangan G-Shock Edisi Khusus NASA Punya Penampakan Bulan di Layarnya

2. Dengerin Podcast Aja

Setelah sahur bisa banget dengerin podcast. Buat kamu yang biasanya lebih milih metode belajar dengan mendengarkan bukan membaca untuk pahami sesuatu, nah aktivitas ini cocok buat kamu.

Sekarang kan udah banyak banget aplikasi yang bisa kamu dapetin dan di install di smartphone-mu. Apalagi konten podcast di digital platform udah berhamburan, kamu bisa pilih sesuai seleramu.

Bukan berarti dengerin podcast untuk pengantar tidurmu ya haha, tapi ini waktu yang pas untuk produktif dan nambah wawasan dengan cara yang nggak bosenin.

Baca Juga: Rakus Pas Buka Puasa, Ini yang Bakal Terjadi ke Lambung Kalo Makan Berlebihan

3. Ngobrol Bareng Keluarga

Kapan lagi nih, kamu ngerasain ada di rumah setiap hari dan hampir 24 jam bareng keluarga terus, nah daripada abis sahur tidur lagi, mending ngajak ngobrol keluarga di rumah, entah ngobrol bareng ayah atau ibu dan kakak adek lainnya.

Kamu bisa ngealkuin aktivitas di rumah bareng keluarga misalnya, dengan sekedar ngobtol atau nonton tv bareng. Cara seperti ini juga efektif untuk numbuhin rasa kekeluargaan.

4. Olahraga Pagi

iStockphoto
gorodenkoff

Ilustrasi Olahraga ringan di rumah setelah sahur

Aktivitas terakhir yang bisa kamu lakuin setelah sahur supaya nggak langsung tidur adalah olahraga. Aktivitas ini sangat baik bagi kesehatan tubuh pastinya. Kamu nggak perlu olahraga dalam waktu yang lama sob, cuman lakuin 15-20 menit aja supaya tubuh tetep sehat meskipun lagi puasa.

Ditengah pandemi Covid-19 kayak gini, kita nggak bisa kemana-mana selain keliling komplek sambil sepedahan. Pilih jenis olahraga yang cocok buat kamu tapi nggak terlalu berat.

Eit tapi jangan pilih olahraga renang ya, bukannya ngisi aktivitas produktif setelah sahur, malah nelen air kolam hehe...batal bro. (*)

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya