Jangan Mager Saat di Rumah Aja, Ini 5 Tanda Tubuh Kamu Kurang Gerak

Senin, 27 April 2020 | 03:05
www.carilionclinicliving.com

Insomnia

HAI-ONLINE.COM - Pandemi Covid-19 ini memang memaksa kita untuk berdiam diri di rumah, jadi kesempatan untuk rebahan sepanjang hari semakin besar.

Padahal hal itu salah itu salah banget sob. Meskipun kamu di rumah terus, tapi usahakan untuk membuat tubuh tetap bergerak setiap hari.

Karena ketika kurang menggerakkan tubuh bisa berbahaya untuk kesehatan kita, loh.

Baca Juga: #DiRumahAja Rebahan Secukupnya, Ini Efek Buruk Bagi Cowok yang Tidur Kelamaan

Coba deh, kalau kamu udah mulai merasakan tanda-tanda yang HAI himpun dari The Healthy ini, tandanya kamu kurang gerak sob.

1. Merasa capek

Nggak ngapa-ngapain, makan bergizi, dan tidur cukup, tapi merasa sangat capek? Coba buat tubuh kita bergerak lebih banyak, deh!

Walaupun terdengar bertentangan, tapi penelitian dari Fatigue: Biomedicine, Health & Behavior menemukan kalau olahraga ringan selama 20 menit bisa meningkatkan energi dan mengurangi rasa capek.

2. Badan sakit dan pegal-pegal

Pernah nggak terbangun dengan rasa pegal di bagian pinggang belakang, bahu, ataupun lutut?

Well, ini bisa terjadi karena kita kurang bergerak, lho!

Ketika kita bergerak lebih banyak, otot dan sendi kita bakalan lebih melonggar, sehingga aliran darah menjadi lebih lancar ke area tersebut dan mengurangi rasa sakit.

Baca Juga: Rebahan dan Masturbasi Secukupnya Udah Sanggup Lawan Virus Corona, Ini Kata Ahlinya!

3. Stres berat

Stres memang nggak bisa terpisah dari kehidupan modern saat ini.

Namun, kalau cuma di rumah aja tapi merasa stres banget, ternyata bisa jadi karena kita kurang bergerak, lho!

Cuma sekadar jalan-jalan atau stretching badan selama 20 menit sehari ternyata bisa membantu menghilangkan rasa stres tersebut, kok!

iStockphoto
Sunlight19

Ilustrasi stress

4. Pencernaan nggak lancar

Ketika kita berolahraga atau bergerak bakalan meningkatkan detak jantung, yang bisa meningkatkan kontraksi pada otot usus.

Karena hal tersebut, pencernaan bakalan lebih lancar. Artinya, makanan lebih mudah terserap dalam tubuh dan sisanya keluar dari tubuh.

Baca Juga: Aktivis Ravio Patra Dipulangkan Usai Sempat Ditahan Polisi Atas Dugaan Penghasutan Via WhatsApp

5. Sulit tidur

Penasaran kenapa belakangan ini kita sulit banget tidur, padahal sudah merasa sangat capek? Bisa jadi tandanya kita kurang bergerak sepanjang hari.

Berdasarkan penelitian yang dipublikasi tahun 2017 dalam jurnal Advances in Preventative Medicine, ditemukan kalau berolahraga atau setidaknya bergerak bisa meningkatkan kualitas dan lama tidur.

Penelitian lain yang dipublikasi Clinical Psychology Review dan Journal of Sleep Research ditemukan kalau orang yang olahraga bisa membantu insomnia menghilang dan meningkatkan mood menjadi lebih baik. (*)

Artikel ini pertama kali tayang di CewekBanget.id dengan judul "Harus Diperhatikan, Ini 5 Tanda Kalau Tubuh Kita Kurang Gerak!"

Editor : Al Sobry

Sumber : cewek banget.id

Baca Lainnya