Pendapat Psikolog Soal Belajar Dari Rumah: Woles Boleh, Males Jangan

Rabu, 22 April 2020 | 16:00
iStockphoto

ilustrasi belajar dari rumah

Hai-Online.com-Indonesia udah masuk bulan ke dua dalam menangani penyebaran Covid-19, dengan kebijakan untuk beraktifitas dari rumah aja selama pandemi berlangsung demi memutus rantai virus.

Termasuk yang udah kita lakukan selama ini sob, belajar dari rumah dan ngerjain tugas- tugas dari sekolah yang banyak ditambah dengan program baru dari pemerintah yaitu 'Belajar Dari Rumah' TVRI.

Baca Juga: Masih Belum Banyak yang Kedapetan, Es Krim Viennetta Malah Nggak Dijual Lagi?

Bagaikan hujan di siang bolong, semua sekolah dan semua murid ngerasa nggak siap sama kegiatan baru ini, semua generasi anak sekolahan nggak pernah ngalamin kejadian yang serupa, belajar di rumahkan dalam kurun waktu yang sangat lama.

Ada sebagian yang jadiin kegiatan belajar dari rumah sebagai beban, karena tugas nggak kunjung nemuin titik penyelesaian alias makin nambah, begitupun guru-guru yang mendadak nyiapin dan belajar teknologi baru untuk ngikutin perkembangan siswanya via daring.

Tentu ini nggak mudah untuk semua pihak, dan hal ini diungkapkan sama seorang psikolog, Asteria R. Saroinsong S.Psi,Psikolog, kalo hal ini harus disikapi dengan bijak dan saling support satu sama lain.

"Kaget, mengeluh, wajar...tapi nggak boleh lama-lama komplainnya, semakin kita nolak keadaan, itu bakalan bikin semakin lelah. Lalu kita harus gimana? coba cari tau soal pandemi ini, apa yang harus dan nggak kita lakuin selama pandemi, selanjutnya berproses menyesuaikan diri dengan keadaan, karena orang yang smart akan belajar dari beradaptasi dengan keadaan," tulis Asteria saat dihubungi team Hai.

Baca Juga: 10 Nama Pesepakbola Ini Malah Jadi Kocak Kalo di Indonesia! Ada Duda Bahkan Janda

Adapun yang bisa dipelajari dari momen ini, bukan cuman adaptasi sama keadaan pandemi ini, tapi kesempatan untuk beradaptasi sama orang tua dan keluarga, adaptasi dengan tugas sekolah, me-manage atau bisa ngatur diri sendiri untuk lebih disiplin waktu dengan bangun pagi dan lebih tepat waktu untuk nyelesaiin tugas-tugas sekolah biar nggak makin numpuk. Dengan cara:

1. Bikin Schedule Sendiri

Ini bisa dimulai dari ponsel yang kamu pake sekarang, daripada dipake untuk mabar dari pagi sampe pagi lagi, mending bikin schedule di note ponselmu beberapa jadwal mulai bangun pagi untuk mandi dan sarapan lalu ngerjain tugas-tugas sekolahan dan menyisihkan waktu untuk nonton program belajar dari rumah di TVRI. Setelah kewajiban sekolah udah kamu selesaikan dengan baik, boleh banget untuk ngasih reward ke diri sendiri dengan lanjut mabar lagi hehe

2. Bikin Prioritas

Dari semua kegiatan yang dilakuin sehari-hari di rumah aja, pastinya kamu nemuin kegiatan yang bikin jenuh, nah coba aja list kegiatan yang wajid dan sangat di prioritaskan, supaya lebih tertata lagi.

3. Belajar Menahan Keinginan yang Nggak Perlu

Setelah udah bikin schedule dan disusul sama list prioritas, dari kejadian ini, banyak yang bisa kita petik manfaatnya, selain adaptasi, kita juga akhirnya bisa nahan untuk nggak ngelakuin hal-hal yang nggak perlu kita lakuin terutamanya keluar rumah. Tapi masih aja kita habisin waktu sia-sia di rumah aja dengan kegiatan diluar prioritas. Dengan kamu menahan yang nggak perlu dilakuin dan bisa atur schedule lalu prioritas, kamu berhasil mengendalikan dirimu me-manage waktumu.

Asteria juga menegaskan lagi, kalo di kesempatan belajar dari rumah ini, semua siswa boleh banget untuk woles tapi bukan untuk males, karena kalo terlalu woles juga, tugas nggak bakal kelar sob!

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya