Nostalgia Es Krim Viennetta: Anak 90'an Dulu Gak Mampu Beli, Sekarang Susah Dicari

Minggu, 19 April 2020 | 16:24
Jakarta.tribunnews.com

foto vienetta jaman dulu yang berlapis lapis, beda sama sekarang

HAI-Online.com - PadaDulu kala, ciee...anak dulu banget haha. Iklan Es krim Viennetta selalu berhasil bikin anak-anak kecil di era 90'an jadi kepengen mencicipinya sampe bela-belain deket sama layar televisi supaya lebih berasa kayak makan Viennetta, biarpun kesetrum layar tv nggak masalah haha

Sekarang saat udah kerja dan mampu beli, ketersediaan es krim legendaris dari Wall’s itu malah sudah dicari.

Seperti yang kita tahu, Viennetta kembali ke pasaran beberapa minggu lalu setelah sebelumnya nggak lagi dijual selama beberapa 20 tahun lamanya.

Baca Juga: Dikabarkan Ada Oknum Timbun Es Krim Viennetta, Alfamart: Mohon Infokan Lokasinya

Beberapa orang yang udah sempet mencicipi es krim Viennetta di awal kemunculannya di tahun 1990-an dan awal 2000-an.

Jaman dulu sama sekarang juga punya kesamaan, es krim ini masih dianggep mewah, anak kekinian nyebut ini es krim Sultan, padahal siapa aja yang makan ini bisa hanya selalu punya kebanggaan sendiri, karena pertama bukan dijilat pake gagang es krim biasanya tapi dipotong. Potongan es krimnya bisa digigit langsung layak potongan kue cuma lebih dingin di mulut atau diemut pakai sendok sedikit demi sedikit.

Katanya juga, makan Viennetta berasa lagi makan kue ulang tahun gituu...

Baca Juga: Jarang Bersentuhan Karna Corona, Ilmuwan Bikin Jaket untuk Kirim Pelukan Virtual

Ada beberapa fakta soal es krim Viennetta yang HAI rangkum:

1. Nemu di freezer toko paling bawah

Alza Azoza (22) mengaku sangat menyukai es krim Viennetta saat masih kecil dulu. Ia menceritakan kalo kenangannya waktu makan es krim Viennetta adalah saat dirinya masih duduk di sekolah dasar (SD).

Alza menemukan es krim tersebut di dalam freezer di rumahnya. “Kenangannya kalau pulau sekolah pas SD buka freezer ada (Viennetta). Ingat banget bungkusnya kuning,” ujar Alza pada Kompas.com, Selasa (14/3/2020).

Menurut Alza, rasa es krim Viennetta yang dulu dia suka adalah rasa brownie tiramisu. Bentuknya mirip kue, dengan sedikit sentuhan brownie di atasnya dan lapisan kue brownie di bawah. Kalo dulu, es krim Viennetta emang punya banyak varian rasa.

Baca Juga: Trik Jitu Berburu Es Krim Legendaris Viennetta adalah Jangan Malu Buka Lemari Es Minimarket Sampe ke Dalemnya

2.Dimakan bareng keluarga

Kenangan istimewa soal es krim Viennetta juga dialami sama Reza Pahlevi (22). Reza menceritakan kalo sekitar satu bulan sekali dia berkesempatan untuk makan es krim Viennetta bareng keluarganya.

“Dulu tiap belanja bulanan pasti ada beli sekotak aja. Makannya bareng-bareng keluarga, berlima. Langsung dipotong-potong dapat sepotong tiap orang,” jelas Reza pada Kompas.com, Selasa (14/4/2020).3.Harganya Mahal, Nggak Mampu Beli

Anak 90an yang cuman punya uang jajan pas-pasan, beli es krim Vienetta adalah hal yang susah di wudjudkan haha, paling bisa es krim walls merk lainnya yang dijual keliling sama abang-abang walls.

Kalo dulu harganya melejit mahal, perbandingannya jauh sama es krim lainnya yang masih seribuan. Tapi sekalinya bisa beli, bisa di pamerin ke tetangga haha. yapp makan Vienetta adalah kebanggaan.

4.Makan Viennetta untuk rayakan nilai bagus

Rismania Veradiza (35) juga nyeritain kenangan masa kecilnya yang istimewa waktu makan es krim Viennetta. Waktu itu dia kelas 5 SD, sekitar tahun 1995 karena nilai rapornya dan kakak-kakaknya dirasa bagus, orangtuanya pun ngerayain hal itu dengan beli es krim Viennetta.

“Viennetta itu es krim paling mahal di zaman 90-an. Sulit banget dapat persetujuan beli es krim Viennetta. Akhirnya orang tua kami membelikan dalam rangka perayaan rapor saya dan kakak-kakak bagus,” tutur Rismania pada Kompas.com, Selasa (14/4/2020).

Baca Juga: Anti APD, APD Club, Cowok Ini Belanja Pakai Kostum Power Ranger Hitam, Ya Viral!

“Sekali itu aja dibelikan. Saking itu Viennetta mahal banget buat keluarga kami. Makannya dijatah, terus dinikmati banget sesendok-sesendok,” sambung dia.

Menurut Rismania, saat itu harga es krim Viennetta mencapai sekitar Rp 35 ribu per kotaknya. Harga tersebut sangat mahal jika dibandingkan es krim keluaran Wall’s lainnya seperti Paddle Pop yang hanya seharga Rp 500.

Baca Juga: Trik Jitu Berburu Es Krim Legendaris Viennetta adalah Jangan Malu Buka Lemari Es Minimarket Sampe ke Dalemnya

5. Viennetta sekarang beda dengan versi 90-an

Membandingkan es krim Viennetta yang kita makan dulu sama es krim Viennetta Sekarang. Cewek bernama Dwi ngerasa kalo versi baru ini cukup mengecewakan. Pasalnya, dari segi bentuk dan rasa sangat jauh beda.

Selain itu, dia juga ngungkapin kalo dengan harga Rp 50 ribu per kotak, es krim Viennetta yang sekarang agak kurang memuaskan. Ia bahkan membandingkannya dengan lebih baik membeli es krim Magnum, salah satu varian lain dari Wall’s dibandingkan es krim Viennetta ini.

“Aku merasa kena prank saja. Masih harap-harap cemas berdoa semoga Viennetta yang comeback itu tetap punya beberapa tingkat enggak kayak yang beredar di media sosial. Dulu bisa sepuas itu makan sepotong saja karena tebal dan lapisannya banyak. Kayak makan cake ulang tahun. Rasanya jauh dari bayangan yang dulu. Kalau dibandingkan sekarang ya semacam es krim Feast Wall’s tanpa kacang dan dibikin model cake,” jelas Dwi.

Kekecewaan yang sama juga diungkapkan sama Fitra. Fitra berbagi cerita juga, kalo es krim Viennetta versi baru ini jauh lebih tipis dari es krim Viennetta yang dulu.

“Jauh tipisnya, dikira bagian dasar es krim itu cookies enggak tahunya alas doang. Hanya selapis doang. Dulunya berlapis dan tinggi,” ujar Fitra.

Padahal dia dulu suka banget es krim Viennetta versi 90-an. Akhirnya bisa di dapetin di minimarket dekat rumah, dan pas dicoba kok ya rasanya biasa saja dan bentuknya beda sama yang dulu. Lebih tipis dan enggak sepadat dulu,” jelas Fitra. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.comdengan judul"Nostalgia Es Krim Viennetta Generasi 90-an, Jadi Hadiah Jika Nilai Pelajaran Bagus",

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya