Asal Usul April Mop Masih Misteri, Namun 4 Teori Ini Dipercaya Jadi Awal Kemunculannya

Rabu, 01 April 2020 | 12:25
PIXABAY/MOHAMED_HASSAN

Ilustrasi April Mop

HAI-Online.com -Wah udah tanggal 1 April aja sob, itu artinya kalian harus waspada karena hari ini orang-orang akan banyak membuat lelucon maupun kebohongan untuk merayakan April Fool's Day atau lebih kita kenal dengan sebutan April Mop.

Meskipun berlangsung setiap tahun dan diikuti oleh banyak orang, hingga kini ternyata belum dapat dipastikan secara pasti siapa dan dari mana budaya satu ini muncul.

Seperti dilansir HAI dari Kompas.com, ada beberapa teori yang diduga menjadi asal-usul kemunculan budaya April Mop, antara lain:

Baca Juga: Malaysia Terapkan Lockdown, Emak-Emak Ini Terpaksa Jalan Kaki Pulang ke Singapura

Puisi Lawas Inggris

Dikutip dari BBC, teori pertama menyebabkan munculnya April Mop adalah seorang pembuat puisi asal Inggris bernama Goeffrey Chaucer pada abad ke-14.

Dalam puisinya, Chaucer menulis lelucon yang dilakukan oleh seekor rubah kepada seekor ayam jantan di hutan.

Rubah pura-pura hampir menggigit dan menelan si ayam, namun itu hanya sebuah permainan, ia nggak benar-benar memakannya.

Dalam puisi itu memang nggak ada keterangan spesifik yang menyebut tanggal 1 April, namun ia menulis keterangan 32 hari setelah Maret dimulai "syn March began".

Di sisi lain, bagi mereka yang nggak mempercayai puisi itu, mereka hanya menyebut Chaucer menggunakan kata-kata kiasan agar orang-orang menyukai puisinya.

Baca Juga: Mimpi Terwujud, Bocah Pengidap Kanker Meninggal usai Video Call dengan 3 Penyanyi Idolanya

Musim Ikan di Eropa

Menurut sejarawan dari University of Bristol, Andrea Livesey, April Mop mengacu pada banyaknya ikan di saluran dan sungai-sungai di Perancis sekitar 1 April.

Saking banyaknya, ikan ini begitu mudah ditangkap atau terkelabui oleh umpan yang mereka beri.

Ikan-ikan yang mudah ditangkap inilah yang mengawali sejarah April Mop di daratan Eropa, sehingga budaya ini di daratan Eropa juga dikenal sebagai "April Fish Day".

Untuk menyemarakkannya, masyarakat setempat banyak yang menempelkan kertas berbentuk ikan ke punggung teman atau memberikan coklat berbentuk ikan kepada orang-orang terdekat di tanggal ini.

Peralihan Kalender

Mengutip USA Today, terdapat teori lain yang menjadi titik mula budaya April Mop, yakni peralihan kalender Julian ke kalender Gregorian pada abad ke-16.

Pada kalender Julian, pergantian tahun diperingati setiap 25 Maret dan dirayakan pada hari pertama di bulan selanjutnya, 1 April.

Namun, dalam penanggalan baru berdasarkan kalender Gregorian, tahun baru diperingati setiap tanggal 1 Januari.

Meskipun sistem berubah, masih banyak orang yang merayakan tahun baru ala kalender Julian.

Baca Juga: Apa yang Ada di Benak Superman Is Dead Saat Menggarap Sunset di Tanah Anarki?

Tanggal 1 April masih mereka anggap sebagai waktu perayaan tahun baru, meskipun mereka tahu itu bukan pergantian tahun yang sesungguhnya.

Alasan itulah yang kemudian paling banyak banyak diyakini menjadi sejarah April Mop yang saat ini menyebar di berbagai belahan dunia.

Peralihan Musim

Teori lainnya mengatakan waktu pelaksanaan April Mop pada tanggal 1 terkait dengan kedatangan musim semi setelah musim dingin berakhir.

Saat pergantian musim, cuaca biasanya nggak menentu dan sulit diprediksi sehingga alam disebut melakukan tipuan kepada manusia lewat caranya.

Baca Juga: Caranya Kurang Tepat, Ini 5 Kesalahan Orang Berjemur yang Bikin Gagal Sehat

Satu hari, salju masih terlihat turun, di hari yang lain matahari mulai bersinar terang, kemarin suhu masih cukup rendah, esok lusa udara sudah terasa hangat, dan sebagainya.

Tipuan alam ini kemudian diduplikat oleh manusia untuk juga melakukan tipuan yang sama setiap awal April tiba.

Budaya Romawi Kuno

Sejarawan juga menghubungkan April Mop pada satu festival keagamaaan masyarakat Romawi Kuno yang diketahui bernama Hilaria.

Dalam festival itu, orang-orang yang datang merayakan dengan cara yang unik, di mana mereka akan memakai kostum-kostum samara yang nggak menunjukkan diri mereka yang sebenarnya.

Wah, banyak juga ya ternyata versinya! Kalau menurut kalian sendiri gimana, mana nih yang jadi asal-usul asli dari kemunculan April Mop? (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.comdengan judul "Asal-usulnya Tak Jelas, Ini Sejumlah Teori soal Kehadiran April Mop".

Editor : Al Sobry

Sumber : Kompas.com

Baca Lainnya