Sudah Bisa Diakses Masyarakat, Begini Cara Akses Chatbot WhatsApp Covid-19 dari Pemerintah

Jumat, 20 Maret 2020 | 12:41
PIXABAY/RIOMARBRUNO

Ilustrasi WhatsApp

HAI-Online.com -Guna memberikan perkembangan soal pandemi virus corona di Indonesia kepada masyarakat, pemerintah resmi meluncurkan akun chatbotCovid-19 pada Jumat (20/3) ini.

Kepastian ini sendiri didapatkan melalui pernyataan yang disampaikan oleh Dirjen PPI Kementerian Kominfo, Ahmad M. Ramli ketika dihubungi melalui sambungan telepon.

"Sudah (bisa diakses masyarakat)," ujar Ramli seperti dikutip HAI dari Kompas Tekno.

Masyarakat bisa mengakses chatbot dengan menyimpan nomor +62811-3339-9000 atau cukup dengan meng-klik tautan berikut ini.

Baca Juga: Kosong Melompong Bagai Kota Hantu, Begini Penampakan Budapest selama Karantina Virus Corona

Di bawah nama kontak akan tertera "COVID19.GO.ID" dengan lencana hijau di samping, menandakan bahwa akun tersebut terverfikasi.

Setelah ruang obrolan terbuka, kirim pesan sapaan seperti "halo" atau "hai", untuk mendapatkan responssebelum kemudian mengikuti pentunjuk untuk mengetahui informasi apa yang diinginkan.

Ketersediaan chatbot Covid-19 ini lebih cepat dari waktu yang disebutkan Menkominfo ,yang rencananya baru bisa diakses publik secara resmi pada Jumat sore atau malam hari.

"Semalam itu kita trial (uji coba), kemudian stress test. Masih ada masalah minor-minor, kami betulkan, tapi sekarang sudah oke," jelas Ramli.

Baca Juga: Kembali dari Wuhan, Kota di China Tampilkan Sosok Para Pahlawan Medis di Gedung-gedung Bertingkat

Ramli mengatakan pembukaan akses chatbot ini dipercepat karena kebutuhan akan informasi resmi soal COVID-19 kian masif di masyarakat.

"Lebih cepat memang, karena COVID-19 ini luar biasa, staff saya minta kerja all out supaya lebih cepat karena informasinya penting," imbuh Ramli.

Begitu dibuka aksesnya, jumlah pengakses chatbot WhatsApp COVID-19, langsung membeludak, di mana hanya dalam waktu satu jam saja, antara pukul 07.30-08.30 WIB hari ini, tercatat 2,6 juta pesan terkirim.

Baca Juga: Jepang Pasarkan Alat yang Diklaim Bisa Deteksi Virus Corona dalam 15 Menit

Selain chatbot WhatsApp, masyarakat juga bisa menghubungi call centre resmi di nomor 119 yang berada di naungan Kementerian Kesehatan atau 112 yang berada di bawah pemerintah daerah.

Semoga dengan adanyachatbotini, masyarakat dapat menerima update informasi terbaru terkait Covid-19 di Indonesia dan terhindar dari hoaks-hoaks yang bermunculan di media sosial. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Chatbot WhatsApp Covid-19 dari Pemerintah Sudah Bisa Diakses".

Editor : Alvin Bahar

Sumber : Kompas.com

Baca Lainnya