Ratusan Monyet Serbu Kota di Thailand Akibat Wabah Virus Corona

Jumat, 13 Maret 2020 | 12:43
Sasaluk Rattanachai via The Sun

Ratusan monyet serbu kota Lopburi di Thailand untuk cari makan

HAI-online.com -Berinteraksi denganhewan liar adalah salah satu daya tarik wisata yang populer di kawasan Asia Tenggara, seperti Indonesia dan Thailand.

Salah satu yang disuka oleh turis lokal maupun mancanegara adalah memberikan makan monyet-monyet liar.

Namun ketika nggak ada wisatawan yang berkunjung akibat wabah virus corona seperti sekarang ini, ternyata hal tersebut bisa menimbulkan masalah, seperti yang terjadi di Thailand baru-baru ini.

Monyet-monyet liar yang biasanya bergantung pada turis, kini menyerbu kota untukmendapatkan makanan demi bertahan hidup.

Baca Juga: Gara-gara Monyet, Penjaga Perbatasan India Harus Berjaga Pakai Kostum Beruang

Seperti yang dilaporkan The Sun, wabah virus corona Covid-19 yang merebak saat ini telah membuat banyak negaramemberlakukan larangan wisata untuk mencegah penyebaran virus tersebut.

Dan seperti yang banyak orang tau, Thailand adalah salah satu destinasi wisata populer yang telah merasakan efek dari melemahnya sektor pariwisata.

Hal ini pun juga dirasakan oleh monyet-monyet liar di sana yang kesusahan untuk mendapatkan makanan. Jadi mau nggak mau, mereka harus mencarinya sendiri dengan menyerbu kota.

Sebuah video yang merekam kondisi didistrik Lopburi di pusat negara itu memperlihatkanmonyet-monyet tersebutsaling berebut dan menyerang satu sama lain.

Baca Juga: Jadi Terlangka, Jerapah Putih Ini Tinggal Satu-satunya di Dunia Setelah 2 Lainnya Dibunuh Pemburu

Sekelompok besarmonyet bisa terlihat berlari melintasi jalan dan menyerangmonyet lain yang berhasil mendapatkan pisang.

Bahkan penduduk setempat yang terbiasa dengan perilaku hewan itu pun tampak terkejut dengan keganasan mereka.

Sasaluk Rattanachai, orang yang merekamkejadian itu dari luar toko tempat dia bekerjamengatakan "mereka lebih mirip anjing liar daripada monyet."

"Mereka menjadi gila karena sepotong makanan. Aku belum pernah melihat mereka seagresif ini.Akupikir monyet-monyet itu sangat-sangat lapar," ujarnya seperti dikutip dari The Sun.

Baca Juga: Demi Vaksin, Kedokteran China Siap Bayar Rp 65 Juta Bagi Relawan yang Mau Disuntikan Anti Virus Corona

"Biasanya ada banyak turis di siniyang memberi makan monyet-monyet itu tapi sekarang tidak banyak, karena coronavirus,'' tambahnya.

Lopburi sendiri adalah rumah bagi ribuan monyet liar yang berkeliaran di jalan-jalan dan bangunan, di mana banyak yang tinggal di halaman kuil-kuil Buddha kuno di distrik itu.

Jadi, kayak film Planet of the Apes. Simak deh video rekamannya di bawah ini.

Editor : Alvin Bahar

Sumber : The Sun

Baca Lainnya