Dikenal Sampai Kancah Internasional, 5 Band Lokal Ini Buktikan Kalo Mereka Nggak Cuma Jago Kandang

Senin, 09 Maret 2020 | 13:20
Instagram / thesigit_

The S.I.G.I.T.

HAI-Online.com -Seperti kita tahu, untuk sukses membangun karir di industri musik Indonesia saja bukan perkara yang mudah bagi musisi-musisi tanah air, apalagi sampai melaju ke kancah internasional.

Menariknya, lima band tanah air ini membuktikan diri bahwa mereka juga bisa sukses di kancah internasional, nggak cuma dalam industri musik Indonesia.

Siapa saja mereka? Untuk membangkitkan semangat Hari Musik Nasional yang jatuh pada Senin (9/3) ini, berikut sejumlah band Indonesia yang udah dikenal di kancah internasional.

Baca Juga: Asal-usul Hari Musik Nasional, Mulai dari Tanggal Sampai Alasan Penetapan

1.Burgerkill

Instagram/burgerkillofficial

Burgerkill

Datang dari Bandung, band ini pernah satu panggung sama band-band metal cadas papan atas seperti Lamb of God, All That Remains hingga In Flames di Soundwave 2009, Perth, Australia.

Baca Juga: Lebih dari 300 Musisi Indonesia Terima Royalti Tepat di Hari Musik Nasional

Mereka juga sudah pernah memenangkan penghargaan Metal Hammer Golden Gods Award pada tahun 2013, di mana Black Sabbath juga turut menjadi pemenang dalam kategori Best Album Award dan Best UK Band Award.

Burgerkill juga pernah tampil di salah satu festival musik metal terbesar, yaitu Wacken Open Air Festival di Jerman tahun 2015.

2. Gugun Blues Shelter

Instagram / gbluesshelter
Instagram / gbluesshelter

Gugun Blues Shelter

Trioblues ini punyaisejumlah prestasi sejak mereka mulai berkarir mulai dari memenangi kompetisi tingkat internasional sampai tampil sebagai band Indonesia dan Asia Tenggara pertama di festival musik terbesar di dunia, Hyde Park, London, Inggris.
Bergabung di bawah naungan sebuah label kumpulan dari gitaris top dunia yang bermarkas di Amerika, Grooveyard Record, album-album GBS bahkanhanya dipasarkan di Amerika dan Eropa.

Baca Juga: Asal-usul Hari Musik Nasional, Mulai dari Tanggal Sampai Alasan Penetapan

Selain itu, GBS juga pernah satu panggung dengan berbagai musisi kelas dunia seperti The Killers, Rod Stewart, hingga Bon Jovi.

3.White Shoes & the Couples Company

Agung Hartamurti
Agung Hartamurti

White Shoes & the Couples Company

Telah berkarir sekitar 18 tahun, albumself titledpernah dirilis ulang oleh label Minty Fresh, di mana hal itu sekaligus membawa mereka dicatat MURI sebagai band Indonesia pertama yang dikontak label rekaman Amerika.

Belum berhenti sampai di situ,WSATCC kemudianmerilis album kedua berjudulSkenario Masa Mudapada 2007 yangdirilis di lima negara antara lain Amerika, Kanada, Mexico, Australia, dan Jepang.

Selain itu, juga beberapa kali tampil di luar negeri,salah satunya tampil pada gelaranModern Sky Festival di Helsinki, Finlandia tahun 2015 lalu.

Baca Juga: Menurut Ahmad Dhani, Nggak Ada Lagu yang Lebih Hebat dari Bohemian Rhapsody

4. Mocca

Mocca

Mocca

Menghadirkan sentuhan musik swing jazz, pop, dannuansa 60-an, lagu-lagu dengan lirik bahasa Inggris dari band asal kota Bandung ini menjadi poin plus yang membuat merekadigemari khalayak luar negeri.

Salah satu perusahaan rekaman di Jepang mengontrak untuk memasukan satu lagu dalam album mereka, bahkan ada juga iklan di Korea yang menggunakan lagu Mocca dan sangat disukai.

Album debut Mocca sempat diriliskembalioleh label asal Singapura, Fruits Records di tahun 2005yang kemudian diikuti label Malaysia, Jepang dan Korea.

5. The S.I.G.I.T.

Instagram / thesigit_
Instagram / thesigit_

The S.I.G.I.T.

TheS.I.G.I.T. yang merupakan singkatan dari The Super Insurgent Group of Intemperance Talent telah aktif bermusik sejak awal tahun 2000-an.

Pada saat itu, mereka memanfaatkaninternet sebagai media penyebaran dan promosi lagu-lagunya, sepertimyspace, friendster, facebook,dan lainnya.

Lewat internet pula, mereka berhasil ditemukan oleh salah satu pemilik label di Australia yang kemudian menawari mereka untuk membuat albumThe S.I.G.I.T.

Selain Australia, The S.I.G.I.T. diketahui juga pernah manggung di beberapa negara seperti Singapura, dan Amerika Serikat.

Widih, keren nih! Semoga ke depannya band-band tanah air lainnya dapat menyusul ya. (*)

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya