10 Foto Ini Sering Dipercaya Foto Asli, Padahal Sebenernya Hoaks

Selasa, 04 Februari 2020 | 17:45
EunByuL , Juha Soininen

Fotografer NatGeo yang dikejar beruang

HAI-online.com -Foto-foto hoaks sampai saat ini memang masih banyak beredar di internet. Foto tersebut sering membuat orang tertipu akan cerita atau gambar yang ditunjukkan, padahal aslinya belum tentu seperti itu.

Banyakfoto hoaks memang sengaja dibuat untuk hiburan. Namun, ada juga yang sengaja mengeditnya untuk membelokkan fakta yang sesungguhnya.

MelansirdariBored Panda, berikut adalah foto-foto yang sempat viral dan jadi perbincangan di internet, tapi ternyata kenyataan aslinyanggak seperti yang ditunjukkan.

Foto apa aja itu? Simak langsung 10 di antaranya di bawah ini:

Baca Juga:Kentang Ini Jadi Karya Seni yang Harganya Jadi Super Mahal Rp 14 Miliar

1. Foto behind the scene intro MGM

Hai-Kef zoo
Hai-Kef zoo

Foto behind the scene intro MGM

Foto seekor singa yang diikat untuk membuat intro singa mengaum MGM yang ikonik sebenarnya adalah foto seekor singa yang tengaj didiagnosis di kantor dokter hewan.

2. Cowok yang bikin "ombak" nasi goreng

GeneReddit123

Foto ini sempat viral beberapa waktu lalu dan menjadi bahan sejumlah meme. Tapi kalian pasti udah tahu kan kalau foto ini palsu? Bahkan ombak nasi goreng tersebut ternyata juga dijual sebuah toko tiruan makanandi Tokyo.

3. Bocah yang tidur di antara makam kedua orang tuanya di Suriah

Bocah yang tidur di antara makam kedua orang tuanya di Suriah

Foto seorang anak yang tidur di antara makam kedua orang tuanya di Suriah ternyata hanya settingan, karenaanak itumengenali si fotografer dan kuburan itu bukan milik orang tuanya.

Meskipun fotografi jenis ini memilukan,hal tersebut membuktikan bahwakita nggakbisa mempercayai semua yangdilihat di internet.

Baca Juga:Manga Death Note Kembali dengan Cerita Spesial, Udah Bisa Dibaca Gratis!

4. Nama kampus arsitektur yang nggak pas

Nama kampus arsitektur yang nggak pas

Foto ini sempat viral di internet karena menggambarkan sebuah ironi yang dilakukan oleh kampus desain dan arsitektur. Tapi kenyataannya, itu cuma photoshop belaka.

5. Cewek yang jongkok kayak kodok

Cewek yang jongkok kayak kodok

Salah satu sensasi yang sempat viral. Wanita yang terlihat jongkok seperti kodok ini ternyata aslinya hanya mengangkat satu kakinya saja. Wah, iseng banget nih yang ngedit.

6. Pilot selfie

Pilot selfie

Selfie ikonik pilot yang berada di dalam pesawat sebenarnya di ambil ketika dirinya sudah mendarat. Meski begitu, foto selfie tersebut tetap saja terlihat keren.

Baca Juga:Ada Indonesia! Seniman Jepang Buat Karakter Anime dari Bendera Peserta Olimpiade Tokyo 2020

7. Fotografer NatGeo yang dikejar beruang

EunByuL , Juha Soininen
EunByuL , Juha Soininen

Fotografer NatGeo yang dikejar beruang

Foto ini adalah salah satu yang paling banyak dibagikan dan dipercaya oleh orang-orang di internet. Namun ternyata, peristiwa menegangkan tersebut hanya editan. Karena foto beruang tersebut ternyata berasal dari foto stock yang bisa ditemukan dengan mudah secara online.

8. Albert Einstein naik sepeda saat sebuah bom meledak

snopes
snopes

Albert Einstein naik sepeda saat sebuah bom meledak

Foto ledakan tersebut sebenarnya diambil 7 tahun setelah kematian Albert Einstein. Jadi kalau mengira Einstein terlihat keren karena nggak ikut liat ledakan, ternyata itu cuma editan.

9. Dab pertama dalam sejarah

Warner Bros.
Warner Bros.

Dab pertama dalam sejarah

Banyak yang mengira kalau ini adalah foto pose dab pertama dalam sejarah yang diambil pada abad ke-20. Ternyata, ini adalah versi hitam putih dari fotobehind the sceneproses syuting filmDunkirkdi tahun 2017.

Baca Juga:Begini Jadinya Kalau Tokoh-tokoh Sejarah Hidup di Zaman Sekarang

10. Singa hitam

pavoldvorsky , Dennis Painting
pavoldvorsky , Dennis Painting

Singa hitam

Hewan-hewan unik adalah salah topik yang disukai di internet. Namun, nggak semua foto hewan unik yang beredar di internet bisa dipercaya, salah satunya adalah singa hitam ini.

Editor : Al Sobry

Sumber : Bored Panda

Baca Lainnya