Peneliti Hong Kong Mengklaim Telah Berhasil Ciptakan Vaksin untuk Atasi Virus Corona

Kamis, 30 Januari 2020 | 10:36
South China Morning Post/David Wong

Ketua Departemen Penyakit Menular di Universitas Hong Kong, Profesor Yuen Kwok-yung

HAI-Online.com -Menghantui seluruh masyarakat dunia dalam beberapa waktu terakhir, peneliti Hong Kong mengklaim bahwa pihaknya telah berhasil menciptakan vaksin untuk mengatasi virus yang pertama kali muncul di kota Wuhan, corona.

Pernyataan tersebut disampaikan Ketua Departemen Penyakit Menular di Universitas Hong Kong, Profesor Yuen Kwok-yung.

“Kami telah berhasil membuat vaksin untuk virus tersebut," ujar Profesor Yuen Kwok-yung seperti dikutip HAI dari World of Buzz.

Meskipun begitu, Yuen menjelaskan bahwa pihaknya belum dapatmemakainya untuk keperluan pengobatan dalam waktu dekat karena harus terlebih dahulu mencobanya pada hewan yang terjangkit virus corona.

Baca Juga: Cerita Mahasiswa Indonesia yang Berhasil Pulang ke Indonesia Sebelum Akses Kota Wuhan Ditutup karena Virus Corona

Setelah percobaan terhadap hewan dinyatakan berhasil, pihaknya baru akan mencoba untuk menerapkan vaksin tersebut ke manusia.

"Akan menghabiskan waktu lama untuk pengujian vaksin tersebut," terangnya menambahkan.

Yuen menerangkan, vaksin itu merupakan hasil pengembangan vaksin semprot hidung untuk influenza yang sudah ditemukan sebelumnya.

Para peneliti kemudian memodifikasi vaksin tersebut dengan mencampurkan antigen virus, di mana nantinya obat itu tak hanya ampuh menangkal flu, tapi juga corona.

Baca Juga: Gara-Gara Wabah Virus Corona, Game Ini Jadi Laris Dimainkan Gamers!

"Apabila vaksin itu ternyata ampuh di sejumlah spesies, maka akan dilakukan uji coba klinis ke manusia, yang butuh waktu seenggaknya mencapai setahun," tutup Yuen.

Semogapara peneliti dapat terus mengembangkan vaksin ini ya sob, sehingga nantinya dapat digunakan dan ampuh untuk membunuh virus corona. (*)

Editor : Alvin Bahar

Sumber : World of Buzz

Baca Lainnya