Twitter Nggak Akan Tambahkan Fitur untuk Edit Tweet, Sang CEO Jelaskan Alasannya

Kamis, 16 Januari 2020 | 11:30

Ilustrasi Twitter

HAI-online.com -Kalau kalian termasuk pengguna Twitter yang berharap supaya diberikan fitur untuk edit tweet, tampaknya kalian harus kecewa dengan pernyataan yang disampaikan langsung oleh sang CEO, Jack Dorsey.

Pengguna platform media sosia ini telah menginginkantombol editselama bertahun-tahun. Lalu pada tahun 2018, para pengguna sepertinyamendapatangin segar terkait fitur tersebut.

Pada 21 Oktober 2018 lalu, selebriti makeup Jeffree Star pernah memposting tweet yang bertuliskan, "Dear Twitter, kami butuh sebuah tombol edit pada tweet kami. Dengan tulus hati, kami semua."

Akun resmi Twitter pun membalasnya dengan, "Untuk semuanya, Dicatat."

Baca Juga: WhatsApp Akan Berbayar, 3 Aplikasi Chatting Ini Bisa Jadi Penggantinya

Tahun lalu pun, Jack Dorsey sempat mengungkapkan kemungkinan ditambahkannya fitur bagi pengguna Twitter untuk mengedit tweet.

"Kami mungkin bisa memperkenalkanftur untuk menunda postingan tweet dalam kurun waktu 5-detiksampai 30 detik,"ujarJack saat jadi bintang tamu di podcast Joe Rogan.“Dan di dalamkurun waktuitu, kau bisa mengedit (tweet)."

Dia juga menambahkan bahwa mereka mencari fungsi yang memungkinkan orang untuk mengedit, tapi juga masih bisa melihat tweet aslinya.Namun, Dorsey masih tampak ragu bahwa fitur edit akan segera hadir.

“Ketikakau mengirim pesan teks,kau tidak dapat menariknya kembali.Jadi, ketikakau mengirim tweet, itu secara instan terkirim ke dunia.Kautakbisa menariknya kembali,” kata Jack.

Baca Juga: Makin Seru Aja Nih, Instagram Tambahkan Tiga Filter Untuk Boomerang

Kini,Jack Dorsey menyampaikan pernyataan yang menyebutkanbahwa fitur itu nggak akan pernah ada.Bagi sebagian orang mungkinadalahkabar yang mengecewakan, tapi ia memberikan penjelasan.

Dalam sebuah segmen denganWired, ketika ditanya mengapaTwitter memiliki karakter yang terbatas, Dorsey mengingatkan bahwa platform tersebut awalnya dirancang sebagai platform SMS.

"Kami awalnya mulai dengan 140 karakter sehingga bisapas dalam satu pesan teks," katanya."Yang menjadi dasar seluruh layanan (Twitter) pada masa-masa awal."

Kalau kalianudah mainTwitter saat awal-awal tercipta,kalian mungkiningat bahwa dengan mengirim sms nomor ke 40404, kalian bisa memposting tweet.

Baca Juga: Ingin Cegah Bullying, Twitter Akan Batasi Jumlah Reply Tiap Tweet

Lalu ketika ditanya apakah platform buatannya itu akan memiliki fitur edit, Jack Dorsey memberikan respons yang sangat simple.

"Jawabannya adalah tidak."

Dalam video, Dorsey menjelaskan bahwa mereka ingin menjaga energisaat platform itu dibuat.Dia kembali mengingatkan pengguna bahwaTwitter itu seperti pesan teks yang sekali kirim nggak bisa ditarik lagi.

"Alasan mengapa tidak ada tombol edit adalah karena kami memulai sebagai layanan pesan teks SMS," katanya.

Baca Juga: Tinggal Satu Hari Lagi Untuk Ucapkan Selamat Tinggal Pada Windows 7

"Seperti yangkalian semua tahu, ketikakau mengirim teks,kau tak bisa benar-benar menariknya kembali."

Dia melanjutkan dengan membuat daftar beberapa alasan mengapa orang meminta fitur tersebut, tapi ia kembali mengatakan bahwa kemungkinan mereka nggak akan mendapatkannya.

Editor : Alvin Bahar

Sumber : Wired

Baca Lainnya