Resmi Gantikan Ernesto Valverde, Ini 10 Fakta Pelatih Baru Barcelona Quique Setien yang Jarang Diketahui

Selasa, 14 Januari 2020 | 10:45
TWITTER/FCBARCELONA

Pelatih anyar Barcelona, Quique Setién

HAI-Online.com -Setelah mendapat banyak desakan dari para suporter, klub raksasa Spanyol, Barcelona resmi mengakhiri kontrak kerjasamanya dengan pelatih mereka, Ernesto Valverde pada Selasa (14/1) ini.

Kepastian mengenai berakhirnya kontrak kerja sama antara El Barcadan Ernesto Valverde sendiri didapat melalui pernyataan yang dirilis melalui laman resmi klub.

"FC Barcelona dan Ernesto Valverde telah mencapai kesepakatan untuk mengakhiri kontrak yang menyatukan kedua belah pihak," tulisBlaugrana dalam pernyataan resminya.

Sebagai gantinya, klub asal Catalan ini menunjuk Quique Setién untuk menjadi manajer baru tim utama, dengan durasi kontrak hingga 30 Juni 2022 mendatang.

Baca Juga: Gara-gara Kecanduan Game Online, Bocah Ini Diborgol dan Disekap Ayahnya dalam Kandang Ayam

Dilansir dari website resmi FC Barcelona, berikut 10 fakta menarik mengenai pelatih baru mereka, Quique Setien:

1. Awal karir profesional Quique Setién di sepak bola malah bermula dari pemain sepak bola pantai, namun darisitu dia kemudian bisa bermain dengan tim nasional Spanyol.

2. Setién kemudian gabung Racing Santander hingga dikenal sebagai "El Maestro,", dan menjadi salah satu pemain idola. Quique Setién bersama Stander selama 12 musim di sana dalam dua tahap, dia juga melatih tim Cantabria di musim 2001/02, mencapai promosi ke LaLiga.

3. Setién adalah pelatih Cantabria ketiga dalam sejarah Barca, setelah Enrique Orizaola (1961) dan Laureano Ruiz (1976).

4. Setién menghadapi Barca 22 kali sebagai pemain, dengan rekor 5 kemenangan, 5 imbang dan 12 kekalahan dan melawan Barca ia mencetak dua gol. Sekali dalam pertandingan Barça v Logroñés (2-1, musim liga 1990/91) dan juga dalam pertandingan liga Racing v Barça 1994/95 (5-0).

Baca Juga: Udah Berumur, Pesepakbola Tertua di Dunia Ini Kembali Teken Kontrak dengan Klub Jepang

5. Sebagai pelatih, Setién telah bermain melawan Barca tujuh kali, dengan catatan enam kekalahan dan satu kemenangan. Kemenangan ini di Camp Nou, di liga selama musim 2018/19.

6. Sebagai pelatih, Setién telah mengelola tim-tim seperti Racing Santander, Poli Ejido, Logroñés, Lugo, Las Palmas dan Betis. Selain itu, ia juga pernah menjabat sebagai pelatih Guinea Ekuatorial selama pertandingan.

7. Dalam salah satu kunjungannya ke Camp Nou, Sergio Busquets memberinya kemeja yang ia tulis: "Untuk Quique dengan cinta dan kekaguman atas cara Anda memandang sepakbola. Semua yang terbaik."

8. Setién telah melatih beberapa mantan pemain Barca seperti, Bartra, Kaptoum, Tello, Sanabria, Araujo, Halilovic dan Kevin-Prince Boateng, serta pemain Barca saat ini, Junior Firpo.

9. PelatihBarca yang baru satu ini selalu memuji Barca dan Leo Messi, yang ia anggap sebagai "pemain mewah dan pemain terbaik dalam sejarah." Setién terakhir kali melakukannya setelah penampilan Messi di Benito Villamarín.

Baca Juga: Kazuyoshi Miura Perpanjang Kontrak di Usia 52 Tahun, Ini Daftar 5 Pesepakbola Tertua Sepanjang Sejarah

10. Salah satu olahraga Quique Setién yang berbeda adalah catur dan dia bermain melawan mantan Juara Dunia Anatoli Karpov dan Gary Kasparov

Prediksi kalian sendiri gimana sob? Kira-kira mampu nggak nihQuiqueSetién kembali membawa kejayaan untuk Barcelona? (*)

Editor : Alvin Bahar

Sumber : Fcbarcalona.com

Baca Lainnya